Gabung GoPay Arena Championship dan Dapatkan 5 Manfaat Esports

gopay arena champioonship (GAC) Festival games online terbesar di Indonesia tahun 2020

Sudah tahu tentang GoPay Arena Championship (GAC)? event esports ini akan menjadi festival esports terbesar di Indonesia tahun 2020. 

Ngomong-ngomong, apa yang terlintas di pikiran ketika medengar kata ‘game online?’ dan bagaimana dengan kata ‘esports’?

Umumnya, orang memahami ‘game online’ dengan persepsi negatif karena banyaknya kasus dampak buruk game online yang sering diangkat media. Sebaliknya, kata ‘esports’ lebih berkonotasi positif terutama sejak masyarakat umum mengenal kompetisi esports dalam ASIAN Games yang digelar di Indonesia tahun 2018 lalu.

Sebenarnya, banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari esports terutama jika kita bisa bijak dengan waktu yang kita miliki. Kapan waktunya kita melakukan hobi atau berlatih esports dan kapan waktu untuk melakukan kegiatan lainnya. 

Berikut manfaat esports yang bisa kita dapatkan:

1. Esport sebagai Hiburan yang Menyenangkan

Setiap orang pasti butuh hiburan untuk relaksasi setelah menjalani rutinitas seperti bekerja. memilih game online sebagai hiburan yang menyenangkan juga bisa menjadi pilihan yang tepat. Laki-laki atau perempuan pun bebas untuk bisa bermain esports dan memilihnya sebagai hobi. Meskipun pada umumnya, lebih banyak kaum adam yang tertarik di dunia esports.

Saya sendiri kurang tertarik, tetapi hampir setiap hari saya melihat suami saya bermain games online baik PUBG Mobile, Mobile Legend dan Free Fire. Lama kelamaan saya terbiasa dan merasa nyaman melihatnya berkutat di depan layar smartphone.

2. Ajang Bersosialisasi dan Kolaborasi dengan Banyak Orang

Saat bermain esports, seorang pemain bisa mencari teman untuk bergabung dalam tim atau sekadar bermain online perorangan. Di sinilah kita bisa mulai bersosialisasi dengan banyak orang di manapun tanpa terbatas geografis.

Jika mau, kita juga bisa tergabung dalam komunitas esports yang ada. Di dalam komunitas, biasanya ada pertemuan rutin atau sekadar mabar (main bareng). Jika tergabung dalam komunitas seperti ini, otomatis lingkaran pertemanan akan semakin lebar dan berpeluang mendapat keuntungan-keuntungan lain misalnya saling bertikar strategi, jual/beli aksesoris, dll.

3. Berpikir Kritis untuk Menyelesaikan Masalah

Bermain esports adalah berbicara tentang strategi dalam menyelesaikan masalah. Di dalam permainan esports, kita dipaksa berpikir kritis untuk menyelesaikan misi-misi yang ada di setiap level. Bagaimana caranya menjadi pemenang dengan poin yang tinggi, bagaimana strategi menyelesaikan setiap stage, dll.

Dengan cara ini, pemain atau atlet esports diharapkan juga bisa mengambil tindakan dengan cepat dalam menyelesaikan masalah di kehidupan nyata sebagaimana dia terbiasa melakukan hal tersebut saat bermain di arena.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Sebagaimana dikutip dari cyberathletiks dilansir dari popmama, peneliti menemukan hasil penelitian yang mengejutkan. Yakni terjadi peningkatan signifikan tiga area otak (prefrontal cortex, hippocampus kanan, dan otak kecil) akibat rutin bermain game online.

Menurut data tersebut, penelitian dilakukan terhadap orang dewasa yang bermain Super Mario 64 selama 30 menit sehari, lima kali dalam sepekan, dan rutin selama 6 bulan.

Ketiga bagian otak tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Misalnya prefrontal cortex yang merupakan bagian otak yang bertanggung jawab dalam pengambilan keputusan, kepribadian, perencanaan kognitif, dan perilaku sosial.

Sedangkan hippocampus memproses informasi dan konsolidasi memori jangka pendek dan panjang. Terakhir bagian otak kecil yang mengendalikan keterampilan motorik halus dan aktivitas otot.

Menilik dari berbagai fungsinya, ketiga bagian otak tersebut sangat dalam kehidupan kita. Jika bermain esport sesuai dengan porsinya bisa meningkatkan kinerja otak, kenapa tidak kita lakukan? Asal kita bijak menggunakan waktu yang dipunya.

5. Hobi yang Menghasilkan

Hobi yang paling menyenangkan adalah hobi yang dibayar. Tentu, karena seseorang yang melakukan hobinya, biasanya bekerja seoptimal mungkin dengan hati yang bahagia. Hasilnya biasanya juga sesuai dengan effort yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Saat ini, banyak sekali hobi yang bisa dijadikan sebagai profesi dan menghasilkan pundi-pundi rupiah. Misalnya dalam bidang fotografi, menulis, broadcast, video maker, bahkan esports.

Dulu, saya pernah mamandang sebelah mata seorang keponakan yang hobinya bermain game online. Setiap saya datang ke rumahnya, tak pernah tidak menjumpainya tengah asyik memegang stik dan matanya fokus di depan layar komputer. Waktu itu saya pikir anak ini apa tidak punya kegiatan lain selain main game?

Rupanya dia sudah cukup lama berkutat dengan game online dan sudah sering mendapatkan hasil dari kegiatannya tersebut. Karakter-karakter yang dimainkannya sudah termasuk level tinggi dan sering mendapat tawaran tinggi juga. Sayangnya, memang entah karena kurangnya pengawasan dari orang tua atau faktor lain, kegilaannya pada game online yang sudah sampai tahap earning ini kurang bisa dikelola dengan baik. Saya berharap saat ini kegiatannya sudah jauh lebih baik daripada saat dulu saya sering menyambangi rumahnya.

Saatnya Bergabung dengan GoPay Arena Championship

Oh ya, temans yang suka main dan #SeriusMain, sudah tahu belum nih kalau GoPay juga punya arena championship esports?

Belum tahu?! Ish! Sini ya, saya bagi tahu. Jadi, GoPay Arena Championship (GAC) adalah Festival Esports Online terbesar di Indonesia. Di turnamen ini, akan dipertandingkan game Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Free Fire. Buat Temans yang sudah pro player, ada kategori khusus pro yang bisa dipilih.

Nah, kenapa Kamu dan squad kamu harus mendaftar GAC, adalah karena hadiahnya yang amazing! Total hadiah senilai Rp. 1 Miliar dan puluhan juta saldo GoPay! So, jangan sampai ketinggalan daftarkan squad mabarmu di OPEN QUALIFIER, dan jadilah juara yang akan menyabet hadiah tersebut.

Registrasi GoPay Arena Championship dapat manfaat esports

Periode pendaftaran mulai tanggal 16 – 29 Juni 2020. Catat baik-baik, ya! info lebih lanjut Temans bisa cek di website GoPay Arena di sini.

Pendaftarannya cukup mudah. Pertama, kamu harus memenuhi kriteria dulu, ya! dan pastikan no HP sudah terdaftar di aplikasi Gojek pada saat registrasi. kamu juga harus memiliki tim dengan syarat:
  1. Pemain/anggota harus berusia 16 tahun ke atas.
  2. Pemain/anggota hanya dapat berpartisipasi dalam 1 tim.
  3. Pemain/anggota hanya dapat berpartisipasi dalam 1 game.
  4. Setiap pemain harus menggunakan akun (game) yang sudah didaftarkan.
Jika kamu dan tim sudah memenuhi kriteria, buruan daftar! eits! tunggu dulu. Sebelum daftar, kamu harus top up Diamond mobile legends/UC PUBG/Diamond Free Fire pakai GoPay di Google Play dan langsung dari game yang sedang kamu mainkan. Jangan lupa simpan bukti transaksinya karena ini yang akan digunakan untuk mendaftar. bukti transaksi dengan periode 1 Mei - 29 Juni 2020 dilampirkan dalam kolom pendaftaran. Tenang, tidak ada minimun transaksi ko.

Daftar via web GAC sesuai instruksi yang tersedia, dan kamu akan mendapatkan notifikasi berupa pop up setelah submit jika berhasil registrasi. Selain itu, penyelenggara juga akan menghubungi mereka yang berhasil masuk kualifkasi atau tidak di akhir periode pendaftaran.

Buat Temans yang suka nonton esports juga bisa berpartisipasi loh. caranya dengan berpartisipasi di Fun Activities dengan hadiah yang beragam mulai dari puluhan juta saldo GoPay, smartphone, hingga voucher cashback top up game di GAC. Ini cuma buat kamu yang #SeriusMain.

Cara mengikuti Fun Activities juga mudah banget! Saat GoPay Arena Championship dimulai, jangan lupa pantengin terus webnya ya. Di halaman utama web kalian bisa melihat semua kegiatan (activity) yang sedang berlangsung atau untuk lebih lengkapnya bisa langsung klik tab Fun Activities. Di sana terdapat beragam activity yang bisa diikuti. Hadiah menarik menanti untuk penonton setia GoPay Arena Championship.

Semoga bermanfaat,

Salam,

No comments for "Gabung GoPay Arena Championship dan Dapatkan 5 Manfaat Esports"