5 Akun Instagram Favorit Selama Puasa

5 Akun Instagram favorit Saat Puasa


Bismillahirrahmanirrahim, apa kabar, Temans?

Gimana puasanya? Saya sudah bolong 1 gara-gara jadwal menstruasi yang nggak teratur. Setelah ditelusuri dan mencoba curhat dengan seseorang yang paham psikologi, penyebabnya bisa jadi karena stres yang menumpuk. Memang benar, beberapa pekan terakhir rasanya beruntun ada saja sesuatu yang membuat kepala pening, malam hari jadi sering insomnia sementara di siang hari mengantuk luar biasa.

Saya melakukan beberapa cara supaya beban pikiran bisa berkurang mulai dari menulis, tilawah, banyak-banyak istighfar, istirahat, menghindari trigger stres, dll. Hasilnya masih belum sepenuhnya ‘bersih’, tapi perlahan mulai terasa lebih ringan lagi. Apalagi setelah pillow talk dengan suami, yang kurang lebih merasakan hal yang sama, dan mengambil kesimpulan bahwa ini adalah teguran dari Allah agar lebih mendekat pada-Nya. Barangkali selama ini kami lalai dan mulai meninggalkan ‘track’ yang seharusnya.

Salah satu aktivitas yang cukup manjur untuk stress healing selain menulis adalah memasak. Iya sih, saat masak biasanya juga riweuh-nya subhanallah. Namun ketika menikmati hasilnya, rasanya hati bahagia tak terkira.

Berhubung kemampuan memasak saya masih B aja, saya pun rajin ngubek-ngubek resep di cookpad dan mantengin akun-akun foodies dengan foto masakannya yang menggiurkan dan resepnya yang sering saya simpan tapi entah eksekusinya kapan. Ups. Selain itu, saya juga suka mantengin akun urban farmer, nyegerin mata lihat yang ijo-ijo

Jadi, saya share di sini ya, 5 akun foodies dan akun lainnya yang  paling sering saya kunjungi. Ada Dhilasina, Masak Darurat, Bu Ida Amal, Mama Raung, dan Petani kota. Cekidot!

 

1. Home Cooking Influencer @dhilasina

Mbak Dhila Sina, setiap hari membagi foto hasil kreasinya di dapur. Menu rumahan, tapi selalu membuat air liur menetes-netes saat melihat fotonya. Sebenarnya, menu-menu yang ditampilkan di instagram beliau juga sudah dibukukan, bahkan sudah 3 buku yang terbit. Namun saya belum merasa perlu untuk membeli bukunya *uhuk! Wong masak aja yang penting jadi dulu, urusan rasa dan macam-macamnya ntar deh kalau sudah nggak serepot sekarang.

Apalagi Mbak Dhila yang baik hati juga tetap nggak pelit membagi resepnya di instagram. Ya Allah... senangnya hatiku, hehe. Jadi, kalau ada yang bilang ‘jangan share foto makanan di akun medsos’ nggak usah didengerin deh, karena banyak orang yang niatnya untuk berbagi, bukan pamer menu makanan.

Kadang saya juga pede untuk berbagi resep, bukan karena merasa sudah pinter masak, tapi supaya yang lain yang belum jago masak juga tetep memasak dan pede J

Selain itu, Mbak Dhila juga rajin membagi tips food preparation-nya setiap pekan. Mulai dari rencana menu harian, bahan-bahan yang dibeli, teknik menyimpannya, sampai harganya pun dijembrengin. Aih! Saya suka! Saya suka!

Semoga sehat selalu dan terus menginspirasi, ya Mbak Dhila.

 

2. Chef ‘seenak jidat’ @masakdarurat

Saya menemukan akun @masakdarurat ini menjelang ramadhan dari seorang teman blogger. Waktu itu memang sedang hits #diRumahAja dan ibu-ibu membuat pie susu teflon. Saya pun ingin mencobanya karena kehabisan ide masak camilan untuk anak-anak.

Kepo-lah saya dengan akun kepunyaan chef Bahtiar yang kocak tersebut. Alhamdulillah, saya berhasil membuat pie susu teflon meskipun gosong karena kelamaan dipanggang. Muehehe. Next insyaAllah akan mencoba lagi dan semoga tak perlu masuk gosong-gosong club lagi.

Sebagai ibu rumah tangga dengan peralatan masak yang masih minimalis, cooking hack yang diunggah chef Bahtiar sangat membantu. Jadi makin percaya diri juga, bahwa dengan peralatan masak yang seadanya pun bisa masak macam-macam. Asyik kan?!

Belum lagi, caption dan gaya chef-nya yang gokil, bikin pemirsanya jadi makin bahagia. Iya dong, sudah dikasih resep dan cara masak yang praktis memanfaatkan peralatan masak yang ada di rumah, ditambah hiburan dari chef-nya. Cocok sih, nama di bio-nya aja ‘memasak seenak jidat bersama @tiarbah’

 

Teh bunga telang produksi DIC Farm Gumilang Pramesti
Teh bunga telang produksi Mama Raung

3. Mama Raung @gumilangpramesti

Nah, sekarang akun nomor 3-5 bukan akun resep. Kalau mantengin akun resep terus, masaknya kapan? Hehe. lagian selain akun yang paling sering diintip itu, ada juga cookpad yang menyediakan resep dari pengguna se Indonesia.

Saya follow akun Mama Raung ini sejak pertama kali menemukannya di feed. Saya memang sejak 2-3 tahun terakhir sering kepo akun urban farmer. Rasanya senang sekali melihat aktivitas mereka yang dibagikan di akun IG.

Apalagi Mbak Gumi dan suaminya ini adalah pasangan muda yang mendedikasikan diri menjadi petani di kampung halaman. Duh.. bikin meleleh, karena ini sesuatu yang nggak bisa saya lakukan, meskipun dulunya ada harapan menjadi petani. Kadang merasa malu sih, saya anak petani, dibesarkan dari hasil bertani tapi nggak bisa melanjutkan perjuangan bapak menjadi petani modern.

Senang sekali melihat aktivitas mereka menanam, mencoba teknik ini-itu, sharing perkembangan tanamannya, sampai panen dan menjual hasil panennya di IG. Beberapa kali saya ingin mencoba membeli hasil panennya, sayang masih berat di ongkir untuk pengiriman sampai Bali. Baru sempat mencoba beli teh bunga telangnya. Buat Temans yang mau beli, bisa tuh langsung ke IG beliau.  

 

4. Urban Gardener Indonesia @Idaamal12

Bu Ida Amal ini inspiratif banget! Btw konsep kebun di rumah beliau itu adalah kebun impianku sejak dulu, masyaAllah. Ada kebun di halaman dengan aneka tanaman mulai toga, sayuran, sampai buah-buahan. Juga memanfaatkan lahan di teras bahkan sampai rooftop. MasyaAllah... menyenangkan sekali membayangkan setiap hari  bergumul dengan aneka tanaman, mendengar cicit burung, melihat kupu-kupu beterbangan, bunga-bunga bermekaran...

Saking berdedikasinya, beliau mencoba menanam bunga tulip loh! dan hebatnya lagi bisa tumbuh dan berbunga dengan teknik tertentu. MasyaAllah...

Selain itu, beliau juga jago motret, jadi lihat hasil jepretannya di IG tuh nyenengin banget!

Oh ya, beliau juga sangat memerhatikan ekosistem di kebunnya, bahkan sampai ‘mengadopsi’ ulat yang biasa ada di tanaman balon supaya spesies kupu-kupunya tidak punah. Aih! Ibu Ida memang keren! Tak ketinggalan pula kita akan ‘disuguhi’ aneka makanan rumahan dengan bahan-bahan dari kebun. Yummy!

 

5. Petani Kota @urbangarden_with_yeni

Hampir sama dengan waktu menemukan akun Mama Raung, saya pertama kali melihat akun Mbak Yeni juga karena keseringan kepo segala hal tentang urban farming. Beliau sering sharing video tabulampot di kebunnya, mulai dari cara perawatan, pindah media tanam yang lebih besar, panen, dll.

Yang bikin gereget tuh saat beliau mencoba makan buah hasil panen-nya. Untuk buah-buahan yang tak perlu dikupas, biasanya beliau ‘usek-usek’ di lengan baju untuk ‘membersihkan’. Pertama kali saya melihat, saya tertawa terbahak-bahak karena hal itu mengingatkan saya pada masa kecil di kampung. Metik jambu, tak sempat nyuci, usap-usap aja ke baju lalu ‘hap!’ hehehe.  

Pokoknya gaya Mbak Yeni tuh asyik, dan bikin saya pengen ngadopsi tabulampot-nya. Sayang saat ini belum memungkinkan untuk merealisasikan mimpi punya urban garden juga. Tak apa, mengunjungi akun-akun mereka membuat hati terhibur dan semoga jadi afirmasi positif buat saya. Aamiin.

Itu dia 5 akun IG yang paling sering saya kunjungi khususnya selama bulan ramadhan ini. ssst! Sebenarnya puasa ini ngurangin ‘konsumsi’ medsos sih...  

Selain itu, ada beberapa akun ceramah dan kemarin sempat kepo akun @xolovelyayana gara-gara lihat fotonya bersama adik kandungnya yang baru masuk islam. Sweet banget sih melihat mereka saling mendukung dan kompak. Sibling goals banget kan? Semoga istiqomah, Ayana dan Aydin. Aamiin.

Kalau temans, akun apa nih yang selalu dikepoin?

Semoga bermanfaat,

Salam,

No comments for "5 Akun Instagram Favorit Selama Puasa"