Inspirasi Fun Cooking Simpel Bersama Keluarga


Fun cooking, kegiatan seru bersama keluarga
Inspirasi Fun Cooking Simpel Bersama Anak
Banyak pilihan kegiatan seru bersama keluarga di rumah, hanya saja kadang kita tak sempat mengagendakan karena sudah disibukkan dengan sederet agenda.
Bagi ibu yang berkarya di rumah seperti saya, selama #DiRumahSaja memang lebih banyak waktu luang. Pun anak saya yang masih TK sehingga kegiatan belajarnya masih menyesuaikan mood-nya dan hanya dalam waktu singkat. Selainnya, saya harus berpikir keras untuk membuatnya betah di rumah.

Di bulan Ramadhan ini, si Kakak mendapat tugas khusus dari bundanya di sekolah. Lagi-lagi setelah tugas selesai, dia pun uring-uringan ingin keluar atau merengek minta nonton youtube. Fyuuh! berat, jika membiarkan hanya ada 2 pilihan itu. Sesekali nonton youtube dengan pembatasan waktu tak masalah, tapi jika keterusan dan dalam waktu yang lama, saya takut berakibat buruk.  Saya coba mencari kegiatan yang menyenangkan buat dilakukan bersama.
Ternyata anak saya selalu antusias ketika diajak memasak. Kebetulan dia pernah mendapat hadiah istimewa berupa apron ukuran anak-anak dari sahabat saya yang kuliah di Jepang. Jadilah apron itu menjadi salah satu barang kesayangan dan selalu disebutnya ‘baju master chef’.

1. Donat Simpel

Membuat donat bersama anak-anak akan menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Saat ‘bermain’ dengan adonan juga akan melatih motorik halus mereka, seperti halnya bermain dengan plastisin atau slime.
Saat membuat donat juga bisa kita jadikan untuk menyelipkan pengetahuan, semacam percobaan sains sederhana bagaimana adonan yang diberi tambahan ragi akan mengembang menjadi besar.
Setelah donat matang, ajak juga mereka untuk menghias dengan coklat warna-warni atau sprinkle yang menarik. Banyak resep donat simpel yang bisa kita sontek atau modifikasi.

2. Bolu Kukus Warna-warni

Beberapa hari menjelang ramadhan, kami mencoba resep bolu kukus mekar. Resepnya kami ambil dari resep di cookpad. Meskipun hasilnya belum seperti yang diinginkan bundanya, ternyata anak-anak amazed melihat adonan yang tadinya kecil menjadi besar dan mekar.
Kalau sudah begini, mau hasilnya cantik atau tidak, tak jadi soal. Lebih penting anak-anak senang dan suka dengan makanan yang dibuat.
 
Fun cooking seru, memasak bolu kukus
Bolu kukus kami yang masih malu-malu :D

3. Pisang Karamel

Membuat pisang karamel dari kulit lumpia hampir sama dengan aktivitas anak menggulung dan menempel. Bahan dan caranya juga simpel sekali, hanya butuh pisang yang dipotong memanjang, cokat meses, gula pasir, kulit lunpia, tepung terigu yang dilarutkan dengan sedikit air untuk merekatkan, dan minyak untuk menggoreng.
Bagi anak-anak, kegiatan seperti ini juga menyenangkan. Apalagi jika mereka dilibatkan mulai dari menata kulit lumpia dan potongan pisang, menaburkan meses dan gula pasir, lalu menggulung dan merekatkannya dengan ‘lem’ dari tepung terigu. Setelah digoreng, dijamin akan cepat ludes.

4. Roti Bakar

Bagi kita orang dewasa, membuat roti bakar adalah hal yang mungkin nggak seru sama sekali. Namun tidak bagi anak-anak. Kegiatan yang sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama justru yang lebih mereka sukai.
Saat membuat roti bakar, bisa diselingi dengan menghitung jumlah roti yang akan dipakai, lalu meminta anak-anak mengoleskan margarin. Sedangkan untuk urusan membakarnya, sebaiknya sesuaikan dengan usia anak, jika masih terlalu kecil, cukup mengamati.

5. Jamu Empon-empon

Jamu empon-empon atau umbi-umbian seperti jahe, kunyit, kencur, dll sedang menjadi primadona sejak masuknya virus corona ke Indonesia. Ramuan tradisional tersebut dipercaya mampu meningkatkan imunitas tubuh sehingga bisa menangkal infeksi virus corona.
Si Kakak pun pernah mendapat tugas dari sekolah untuk belajar mengenal empon-empon yang ada di rumah. Kebetulan di rumah hanya ada jahe, kunyit dan kencur. Saya pun mengajak si Kakak untuk membuat jamu yang memang sudah sering saya konsumsi.
Kami menyiapkan bahan-bahannya, ada jahe, kunyit, sereh, jeruk nipis, dan madu. Si Kakak yang bertugas menakar air, dan memasukkan potongan bahan ke dalam air yang sudah mendidih sambil menghitungnya.
Setelah minumannya hangat, si Kakak juga yang memeras potongan jeruk nipis dan menambahkan madu ke dalam minuman. Sayang, menurutnya rasanya pahit sehingga dia tidak mau meminum.
Kegiatan fun cooking juga melatih anak menguasai basic life skill memasak. Sembari melakukan kegiatan seperti ini anak juga belajar berbagai hal, misalnya berhitung, membaca, menakar, sampai hal-hal seperti memecah telur yang juga melatih motorik halus dan konsentrasi mereka.
Nah, kegiatan yang sepele tapi menarik untuk dilakukan bersama keluarga, bukan? Temans punya kegiatan favorit apa nih untuk dilakukan bersama keluarga di rumah? Sharing yuk!
Semoga bermanfaat,
Salam,

No comments for "Inspirasi Fun Cooking Simpel Bersama Keluarga"