Belajar Bahasa Arab Alquran dan Quran Journaling via Zoom


Belajar Bahasa Arab Alquran dan Quran Journaling

Masa pandemi covid -19 ini tak boleh membuat kita terhenti di satu titik tanpa progres. Banyak media yang bisa kita jadikan untuk upgrade ilmu dan keterampilan. Cukup banyak keterampilan yang bisa kita pelajari saat di rumah melalui media online.

Alhamdulillah, saya berkesempatan untuk mengikuti kelas Bahasa Arab Alquran via aplikasi zoom meeting. Saya tertarik mengikuti kelas tersebut karena kelas Bahasa Arab dan tahfidz yang saya ikuti sedang libur mengikuti arahan pemerintah. Saat Mbak Dece ‘Ibu Jerapah’ membagi informasi kelas online tersebut, saya pun gercep segera mendaftar.

Kelas Online Via Aplikasi Zoom

Sebelumnya, saya belum pernah menggunakan aplikasi zoom. Beruntung adminnya memberikan video tutorial dari channel youtube-nya sehingga peserta bisa mempelajari terlebih dahulu sebelum kelas dimulai.
Caranya juga cukup mudah. Pertama, kita harus menginstal aplikasi zoom di ponsel. Lalu mendaftar dengan menggunakan email. Setelah mendapat kode link kelas dari moderator, kita bisa bergabung di grup meeting. Waktu itu kami tidak menggunakan video karena kelas berisi laki-laki dan perempuan, narasumbernya pun ustadz dan ustadzah. Menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kamera dan suara dimatikan sehingga kita hanya bisa mendengarkan suara moderator dan narasumber.  

Kelas Bahasa Arab Alquran Bersama QAC

Kelas Bahasa Arab Alquran ini diadakan supaya memudahkan kita untuk mentadabburi Alquran, naik level dari ‘hanya’ membacanya. Memang benar, Alquran yang kita baca akan lebih mudah sampai ke hati jika kita memahami makna dan asbabun nuzulnya.
Bahasa Arab itu unik, sophisticated, kalimat ini disampaikan oleh narasumber, ustadz Fikri Ibrahim. Kalimat yang sangat mengena dan membuat saya makin penasaran untuk terus belajar Bahasa Arab. Ustadz Fikri Ibrahim adalah founder Quran Arabic Center (QAC), yang memberikan kursus bagaimana seseorang yang pengetahuan Bahasa Arab-nya nol bisa memahami Alquran dengan baik.

Manfaat Belajar Bahasa Arab

  • Dengan mempelajari Bahasa Arab, kita mendapatkan banyak manfaat, yaitu:
  • Bisa membaca Alquran dan memahaminya, tidak sekadar membaca saja
  • Dengan belajar Bahasa Arab, kita sudah selangkah lebih dekat dengan Alquran
  • Alquran adalah buku panduan/manual book bagi manusia, sehingga harus mempelajari dengan bahasanya
  • Bahasa Arab itu unik. Jika mengamati terjemahan Alquran Depag Indonesia, ternyata mengalami perubahan periodik. Sedangkan Bahasa Asli Alquran tak pernah berubah sejak 14 abad yang lalu. masyaAllah.

Lebih lanjut beliau menjelaskan tentang tahapan belajar Bahasa Arab, mulai dari bisa membaca abjad arab, bisa membaca Alquran dengan tajwid yang benar, lalu memahami makna dan isi di dalamnya.
Sayangnya, saya kehilangan beberapa saat ketika harus menidurkan si Kecil. Maklum, waktu saya 1 jam lebih awal dibanding waktu berlangsungnya kelas. Kelas dimulai jam 8 malam, di sini sudah pukul 9 dan waktunya anak-anak tidur.
Well, meskipun kelas Bahasa Arab Quran ini masih tahap perkenalan dan motivasi untuk belajar Bahasa Arab, saya sangat senang karena bisa bersemangat lagi untuk belajar. Waktunya pun terbatas jika membahas Bahasa Arab Alquran secara keseluruhan. Semoga ada kelas QAC online yang bisa saya ikuti dan waktunya cocok. Aamiin.

Quran Journaling

Quran journaling, sama halnya dengan jurnal lainnya misalnya bullet journal, Jurnal syukur, morning jurnal, dll. Kurang lebih seperti ini, saya ambil dari blog Mbak Ewafebri:
"There are moments in life when you read some Ayahs (verses) in the Quran, and they seem to have been revealed precisely for your needs at those moments. You have read them a hundred times before, but only now have your life experiences prepared you to understand them....Keep a Quran journal of these moments when certain verses click and become real in your life."
Ternyata, banyak alumni QAC yang berlanjut membuat jurnal Alquran. Saya pun tertarik dan mulai mempelajarinya. Namun jujur, saya belum mencoba sampai sedetail jurnal teman-teman di sana. Tipa melihat jurnal mereka yang menarik rasanya sudah keder duluan. Ups. Harus tetap semangat dan terus belajar ya!
Jadi, membuat jurnal Alquran ini salah satu keterampilan yang ingin saya pelajari saat di rumah. Nah, kebetulan saat saya searching, ketemu blog Mbak Ewafebri yang pernah menulis tentang cara membuat jurnal Quran. Monggo, silakan bisa mampir ke sana untuk lebih jelasnya, karena saya sendiri belum mahir, baru sebatas berani mencoba sedikiiit *tutupmuka.
Well, semoga jika terus belajar akan semakin mahir dan bermanfaat untuk kesehatan mental. Aamiin.
Semoga bermanfaat,
Salam,

No comments for "Belajar Bahasa Arab Alquran dan Quran Journaling via Zoom"