Aplikasi Quran Best, Andalan Saat Ramadhan di Rumah


Aplikasi Quran Best, Andalan Saat Ramadhan di Rumah
Sejak mulai Work From Home (WFH) dan anak-anak belajar di rumah, aktivitas tilawah Alquran saya sehari-hari menjadi sedikit terganggu. Tiap saya membaca Alquran, anak-anak selalu mencoba ikut memegang Alquran di tangan saya, dan akhirnya halamannya rusak. Tak ingin Alquran yang belum lama saya beli rusak lagi, saya pun melirik aplikasi QURAN BEST INDONESIA yang telah lama saya download tapi hanya saya gunakan sesekali.
Awalnya saya tertarik dengan aplikasi alquran digital ini karena beberapa teman blogger yang pernah mengulasnya. Jadilah ketika ponsel saya memungkinkan untuk diisi aplikasi baru, saya mengunduhnya. Sebelumnya, hanya saya gunakan untuk cek jadwal shalat, arah kiblat dan tilawah saat saya keluar tak membawa Alquran.

Kondisi #DiRumahSaja sementara saya ingin mulai menyiapkan diri dengan amalan ibadah Ramadan, saya pun mencoba membaca alquran melalui ponsel. Ternyata cara ini berhasil. Anak-anak tetap entusias ketika saya membaca Alquran namun tak bisa lagi memainkan lembaran-lembarannya.
Sekarang anak-anak pun paham jika saya memegang HP, bukan hanya untuk ‘bekerja’ (baca: ngeblog), nonton youtube, lihat foto (baca: IG), foto-foto, dll tetapi juga membaca Alquran dan mendengarkan murotal Alquran. 

Kelebihan Aplikasi Quran Best Indonesia

Setelah sebulan lebih menggunakan aplikasi Quran Best Indonesia, saya merasa puas dan nyaman dengan berbagai fasilitas yang disediakan di aplikasi ini. berikut kelebihan-kelebihannya:
1. Aplikasi ini digunakan di ponsel, sehingga kapan saja kita bisa menggunakannya dan dengan mudah dibawa ke mana-mana. Sebelumnya, saya cukup kesulitan harus menyembunyikan Alquran supaya tidak terjamah anak-anak. sekarang saya bisa lebih tenang karena di dalam rumah, di manapun bisa dengan mudah mengakses Alquran digital melalui aplikasi ini.
2. Dilengkapi dengan 7 jenis mushaf, yaitu Alquran per ayat, Alquran Indonesia, Alquran Indonesia Tajwid, Alquran per kata, AlQuran Per kata tajwid, Alquran Madinah, dan Alquran Madinah Tajwid. Banyak pilihan Alquran ini menjadikan kita bebas memilih model khat mana yang disukai tanpa harus mengunduh aplikasi lain. Saya sendiri baru menggunakan Alquran Madinah, sesekali menggunakan Alquran per ayat untuk mendengarkan murattal, dan Alquran per kata untuk memahami terjemahannya.

Kelebihan Aplikasi Quran Best Indonesia


3. Dilengkapi dengan terjemah Alquran yang bisa diakses dengan mencari melalui kata kunci. Misalnya kita akan mencari terjemah ayah Alquran yang berbicara tentang puasa, maka kita bisa memasukkan kata kunci ‘puasa’ ke kolom pencarian terjemah.
4. Dilengkapi dengan jadwal shalat sesuai lokasi, hitung mundur waktu shalat dan alarm shalat yang bisa disetel tanpa suara, dengan suara, dan adzan.
5. Di bagian kanan atas juga terdapat informasi kalender hijriyah dan masehi.
6. Terdapat kompas untuk menentukan arah kiblat.
7. Bagi yang membutuhkan referensi, terdapat ringkasan ayat pilihan dalam 6 kategori, yaitu Rezeki dari Allah, Larangan Riba, Tentang Cinta, Jodoh, Solusi Hidup, dan Bidadari Surga.
8. Fitur ‘Tahukan Kamu’ membahas seputar Alquran dan informasi dari aplikasi. Di sini, sering mengadakan challenge baik melalui instagram maupun aplikasi. Sayangnya saya belum pernah mencoba mengikuti challenge tersebut.
9. Jika kita sudah log in dengan email dan melengkapi profil, kita bisa mengakses profil pengguna lainnya dan aktivitas terakhirnya di aplikasi. Hal ini cukup efektif menjadi penyemangat untuk terus menambah tilawah. Saat membuka aplikasi, muncul keterangan si Fulan baru selesai tilawah sekian halaman, si Fulanan sekian halaman, dan seterusnya. Di masa kita beribadah lebih banyak dilakukan sendiri ini, bagi saya cukup memberikan motivasi. Namun jika tidak ingin profil dilihat, kita bisa menggunakan opsi ‘gunakan nama samaran’.
10. Setelah log in, kita juga bisa membuat grup ngaji dengan teman-teman kita sesama pengguna aplikasi. Tentunya grup ngaji ini juga bisa jadi sarana untuk terus berinteraksi dengan Alquran kapan saja terutama saat pandemi corona.
11. Kita bisa melihat statistik tilawah harian dan mingguan. Setiap selesai membaca Alquran dan menutup aplikasi, aktvitas kita akan direkam dan bisa terlihat dalam statistik tilawah. Cocok digunakan bagi yang mengikuti komunitas One Day One Juz (ODOJ), atau sedang mengejar target khatam Alquran di bulan Ramadhan dan menambah amalan di bulan mulia ini.
12. Setiap kita membuka Alquran tanpa menyelipkan ‘pembatas buku’, akan otomatis terekam halaman terakhir yang kita buka masuk dalam daftar ‘tilawahku’. ‘Jatah’ pembatas yang disediakan maksimal 5 halaman. Jadi sangat memungkinkan kita menggunakan jenis Alquran yang berbeda dan menyelipkan pembatas di sana.

Quran Best Indonesia
Rangking ngaji dan aktivitas pengguna aplikasi

13. Di sini juga bisa terlihat rangking ngaji, mulai dari rangking 1 dst tergantung jumlah halaman Alquran yang dibaca setiap pekan. Bagi yang tidak ingin aktivitasnya terbaca orang lain, bisa menggunakan mode ‘nama samaran’ yang tersedia di setting profil.
14. Dilengkapi dengan 8 qari’, yaitu Abdul Baasit, Abdullah Matroud, Abdurrahman Ali Al-Khudaifi, Abdurrahman As-Sudais, Hani AR-rifai, Mahmoud Khalil AL-Hussary, Mishari Rasyid, Saad Al-Ghamidi. Cukup lengkap bukan? Silakan sesuaikan dengan selera masing-masing
15. Saat mendengarkan murattal, kita bisa menyetingnya sampai 3 kali pengulangan. Terutama bagi yang sedang menghafal Alquran, cara ini bisa membantu.
Wow! Ternyata setelah dikumpulkan ada 15 kelebihan Aplikasi Quran Best Indonesia. oh ya, saya mengaksesnya dengan Hp android, saya belum tahu bisa diakses di i-phone atau tidak.
Bagaimanapun canggihnya Alquran digital, sebenarnya saya lebih nyaman membaca Alquran cetak. Namun dalam kondisi seperti ini dan harus menyesuaikan kondisi, Alquran digital benar-benar sangat membantu.
Semoga orang-orang di balik aplikasi Best Quran Indonesia dan para penggunanya mendapat keberkahan, dan mengalir padanya pahala amal jariyah. Semoga kita juga bisa menjadi sahabat Alquran yang kelak akan mendapat syafa’atnya. Aamiin.
Semoga bermanfaat,
Salam,   

No comments for "Aplikasi Quran Best, Andalan Saat Ramadhan di Rumah"