Tips Berwisata Kuliner di Destinasi Wisata Impian




Assalamu’alaikum, Temans!
Punya harapan untuk menjelajah tempat wisata impian di tahun 2020 ini? saya ikut mendokaan semoga impiannya tercapai, ya!
Mencicipi menu autentik suatu daerah yang menjadi tujuan wisata kita adalah hal yang saat ini bisa dikatakan wajib. Perkembangan dunia wisata pun makin berkibar di bidang wisata kuliner. Maka sangat disayangkan ketika berada di suatu daerah, kita tidak mencoba makanan khas daerah tersebut.

Seperti saat terakhir kali ke Surabaya, saya bahagia mendapat kesempatan untuk mencicipi lontong balap, salah satu kuliner khas Surabaya yang melegenda. Lontong Balap Garuda, konon adalah salah satu warung tertua dan terkenal. Perut lapar, seporsi lontong balap dengan tauge yang segar nan melimpah, potongan lontong, juga tahu goreng dan mendo (salah satu gorengan terbuat dari tempe), kuah kaldu yang gurih, kuah kacang kental yang manis dan pedas, ditambah kecap dan bawang goreng yang renyah menjadi kombinasi sempurna. Makan lontong balap pun makin lengkap dengan tambahan sate kerang dan segelas es kelapa muda. What a perfect delicious lunch!
Demikian juga saat pindah tinggal di Bali, saya berburu ayam betutu dan makanan khas Bali lainnya, meskipun sebenarnya rasa pedasnya kurang cocok buat saya. well, perut saya nggak bisa menerima makanan pedas. Pasti akan ‘protes’ dan bermasalah ketika saya memaksakan diri makan pedas. Tetep aja saya suka ayam betutu dengan rempah-rempahnya yang khas dan kaya banget.
Temans yang akan ke Surabaya atau ke Bali, atau ke daerah lainnya wajib banget mencoba autentic dish maupun makanan kekinian dan menu internasional yang direkomendasikan di daerah tersebut.  
Saya mencoba sharing beberapa tips supaya kita bisa menikmati wisata kuliner di tujuan wisata kita dengan puas dan tanpa berujung penyesalan.

Lontong Balap Garuda, Surabaya


Pertama, Kumpulkan Informasi Lengkap Seputar Wisata Kuliner

Mencari informasi sedetail mungkin mengenai tempat wisata termasuk hasanah kulinernya, adalah hal wajib yang harus dilakukan sebelum mengunjungi tempat wisata impian kita. Berbagai informasi bertebaran di dunia maya, dan kemudahan akses informasi saat ini juga memudahkan kita untuk mengulik informasi sedalam-dalamnya.  
Review kuliner yang ditulis oleh blogger, food enthusiast, ataupun traveler sangat patut kita pertimbangkan sebelum memutuskan pilihan wisata kuliner. Kita pun bisa meminta rekomendasi dari penduduk lokal terutama jika memiliki kenalan di tempat tujuan. Meskipun urusan selera kembali ke masing-masing orang, setidaknya ada gambaran mengenai varian menu makanan yang ada, rata-rata rasa menu yang disediakan, harganya, jam buka/tutupnya, dll.
Kalau sudah tahu harganya, jam operasionalnya, dan informasi lainnya, kita tak perlu ragu lagi untuk memilih dan menyesuaikan dengan jadwal ataupun kondisi ‘kantong’. Jangan lupakan juga informasi seputar halal/tidaknya menu makanan yang ditawarkan karena bagi muslim khususnya, sangat utama memerhatikan hal ini.

Kedua, Cari Promo Diskon Wisata Kuliner

Memangnya ada, diskon untuk wisata kuliner? Hm.... ada dong!
Sekarang ini, yang umum dipromokan tidak hanya tiket pesawat atau urusan traveling dan hiburan lainnya. urusan ‘goyang lidah’ juga mendapat perhatian khusus karena maraknya tren jalan-jalan sepaket dengan makan-makan alias wisata kuliner.
Salah satu online travel agent (OTA) kesayangan saya adalah Traveloka. Ya, biasanya suami saya berburu tiket pesawat murah untuk mudik dan kembali ke rantau melalui aplikasi ini. sedangkan saya lebih sering menggunakannya untuk berburu potongan harga tiket masuk tempat wisata dan kuliner.

Dapatkan Diskon Menarik dengan Traveloka Eats

Kabar baiknya, setelah sebelumnya mengeluarkan fitur Traveloka Xperience dengan segenap promo yang menggiurkan, sekarang Traveloka mengeluarkan fitur baru yakni Traveloka Eats. Fitur ini akan sangat cocok bagi pemburu wisata kuliner baik di tempat wisata maupun di sekitar kita. Sesekali kita juga butuh makan di luar, untuk refreshing sekaligus mengeratkan bonding antar anggota keluarga, yekan....
Di Traveloka Eats, kita bisa mendapatkan berbagai promo menarik berupa potongan harga dengan prosentase beragam. Jika beruntung, kita bisa mendapatkan potongan sampai 50% wah! Menarik sekali, bukan?    
Traveloka Eats sudah tersedia di berbagai kota di seluruh Indonesia. Nah, coba dicek aplikasi Traveloka di smartphone Kamu sudah update atau belum? Jika belum, update dulu ya, untuk mendapatkan berbagai promo menarik terutama urusan makan-makan.
Saya tinggal di Bali, dan makanan khas yang paling terkenal adalah ayam betutu. Iseng mencoba search resto di aplikasi Traveloka eats, saya menemukan resto yang tak jauh dari tempat tinggal.

The Night Market Cafe and Co Working Space

The Night Market Cafe and Co Working Space, sebuah resto cukup menarik yang hanya berjarak kurang lebih 2 KM dari tempat tinggal saya. Lokasinya bukan di pinggiran jalan raya, melainkan di lingkungan perumahan. Namun tempatnya sangat menarik.
Sebuah bangunan bergaya industrial akan menyambut kedatangan kita ke sana. Tempat inilah yang difungsikan sebagai resto dan co working space. Terdiri dari 2 laintai, dan dilengkapi dengan AC dan wifi. Tenang, kita bisa duduk di sofa empuk di sana.
Sedangkan di bagian luar ada area outdoor beralas rumput hijau, tembok pembatasnya dipenuhi tenaman merambat. Di sini, kita bisa duduk lesehan di sofa bean yang empuk. Menikmati makanan sembari mendengarkan musik ditemani embusan angin sepoi-sepoi, duh nikmatnya. Jika ingin suasana yang lebih romantis, datanglah saat malam hari. Lampu-lampu temaramnya membuat suasana syahdu mendayu.
Diskon 30% di The Night Market

Yang lebih penting dari suasana di The Night Market, adalah menu-menu yang ditawarkan. Yes! Salah satunya adalah paket nasi ayam betutu. Ya ampun! Langsung deh pengen makan, meskipun nggak begitu suka pedas tapi saya tetap suka ayam betutu. Saat makan saya bisa skip sambal matah yang biasanya menjadi pelengkapnya.                
Selain ayam betutu, di sini juga tersedia aneka menu kekinian, western, juga asia. Hm... kalau ada diskon sih nggak ragu lagi buat pilih aneka makanan. Dasar emak-emak modis ((modal diskon))!.

Hunting ‘Hidden Gems’ di Resto Partner Treats by Traveloka Eats di Jakarta

Ssst! Kalau Temans berencana melakukan perjalanan ke Ibu kota, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba fitur terbaru ‘Treats’ di Traveloka Eats. Di resto yang bertanda ‘Treats’, kita bisa mendapatkan diskon dan promo sekaligus. Wow! Mantul sekali, ya! Sudah dapat diskon dari Traveloka eats, masih dapat promo dari restonya juga. Hm... makan pun jadi makin tenang karena tak perlu risau lagi urusan isi dompet. Pastinya ini akan jadi #PengalamanMengenyangkan nan menyenangkan. Lebih-lebih jika bersama keluarga atau orang-orang tercinta.

Source: C2Live
Source: C2Live

Cara Menggunakan Fitur Treats:

1.Buka aplikasi Traveloka, dan temukan tanda fitur ‘Traveloka eats’. Pastikan aplikasi sudah ter-update
2. Klik ikon ‘Treats’ yang ada di tengah
3. Cari Treats deals di restoran favorit kamu
4. Setelah memilih, klik ‘save restaurant’, tombol yang berada di sebelah kanan
5. Setelah sampai di resto, tunjukkan halaman tersebut kepada stafnya. Klik ‘Scan QR Code’  sebagai tanda konfirmasi kamu akan melakukan transaksi.
6. Setelah itu, klik ‘pakai deals’ atau ‘spend with deals’ untuk melakukan pembayaran.
7. Pilih metode pembayaran yang bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu: uangku, transfer bank, kartu kredit, bahkan bisa dengan Pay later dan metode pembayaran lainnya.
Mudah banget, kan? Seperti menemukan ‘hidden gems’ alias ‘permata tersembunyi’ berupa promo dari restoran. Kapan lagi, jalan-jalan ke ibukota bisa semenyenangkan ini?! hati riang, pikiran tenang, perut kenyang, dompet pun aman.  
Sementara ini, fitur ‘Treats’ memang baru ada di Jakarta. Semoga tak lama lagi kita penduduk luar Jakarta bahkan luar Pulau Jawa juga bisa menikmati ‘hidden gems’ tersebut. Aamiin.

Ketiga, Berani Like Local Cullinary Hunting

Wisata paling menyenangkan itu, berbaur dengan penduduk lokal. Biasanya kita akan mencari aman dengan menuntaskan ‘hajat perut’ pada gerai-gerai makanan ternama. Cobalah sesekali membaur dan mencari ‘hidden gems’ di sudut-sudut gang untuk menemukan makanan lezat autentik daerah tersebut.
Sayangnya, cara ini memang tidak bisa diterapkan di semua tempat. Kita sendiri yang bisa mempertimbangkan apakah di destinasi wisata impian kita nanti  kita bisa atau tidak mencari kuliner khas sebagaimana penduduk asli.
Semoga tips sederhana ini bermanfaat, ya! Mari lanjutkan wisata kuliner!
Salam,

No comments for "Tips Berwisata Kuliner di Destinasi Wisata Impian"