Sunday, 22 March 2020

Review Maxim Non Stick Grill Pan


Assalamu'alaikum, Temans!
Gimana kabarnya nih, setelah sepekan melakukan anjuran pemerintah untuk #stayathome alias #dirumahsaja ?

Saya sendiri merasa hari-hari menjadi lebih berat dan penuh tantangan. Setiap bangun tidur saya perlu untuk inhale-exhale dulu menyiapkan stok sabar sepenuh-penuhnya. Yeah! Satu hal yang perlu diperhatikan, jangan lupa 'unduh' dan atau 'check out' 'kapsul sabar' sebanyak kemampuan supaya kondisi aman terkendali sampai imbauan #dirumahsaja dicabut dan aktivitas kembali normal.

Beberapa aktivitas menarik memang bisa menjadi alternatif kegiatan di rumah. Berkebun hidroponik, memasak, crafting, dll bisa jadi sarana pengalihan dari rutinitas mengerjakan tugas dari sekolah.

Anak saya juga dapat 'tugas main' tapi entahlah kenapa dia sejak bangun tidur malah nongkrongin TV berlama-lama. Jika TV saya matikan, dia akan mencari cara lalu kabur keluar jika tetap tak bisa. Fyuuh! #ElapKeringatTenggakKapsulSabar

Nah, salah satu kegiatan yang bisa bikin anak riang ibu pun senang adalah: Memasak! Apalagi jika anaknya memang senang bereksperimen di dapur.

Baru-baru ini, suami baru membelikan panci teflon untuk bakar-bakar. Awalnya semenjak sakit tipes, dalam masa pemulihan dan memperbanyak protein, ingin beli ikan bakar. Namun saya ragu takut dengan kebersihan di tempat bakar ikan di pasar ikan. Kalau sakit tipes lagi kan berabe. 

Cari solusi, saya usulkan beli batu bakar, yang kata teman-teman cukup rekomendid. Ternyata begitu sampai di toko, stok batu bakar kosong. Kecewa, saya pun melihat-lihat panci bakar lainnya. Tahu-tahu suami berniat membelikan. Saya sempat ngira cuma nge-prank sih karena harganya cukup pricey. Tenyata beneran! Katanya buat investasi.bl Biar bisa sering-sering makan ikan bakar tanpa perlu ke Kedonganan. Hahahah.

Bismillah, akhirnya saya coba dong untuk bakar-bakar. Awalnya karena belum ada ikan, saya coba untuk bakar roti. Alhamdulillah oke banget hasilnya, nggak cepat gosong. Lalu saya coba juga untuk bakar sosis, cumi, dan akhirnya ada kesempatan buat bakar ikan. Hm... Alhamdulillah pokoknya puas. 

Hasil bebakaran

Oke, saya coba review lebih detail juga.

Bahan

Bahan pan ini teflon, seperti panci anti lengket Maxim lainnya. Kalau menurut informasi di produk, menggunakan bahan advanced non-stick dengan kemampuan anti lengket yang lebih baik dibandingkan non stick biasa.
Bentuk pancinya bergelombang seperti umumnya panci untuk bakaran.
Berhubung ada lapisan anti lengket, jadi harus berhati-hati menggunakan spatulanya ya. Gunakan yang berbahan silikon atau kayu supaya tidak merusak lapisannya. 

Ukuran Panci

Saat di toko, saya menjumpai 2 ukuran grill pan merek Maxim, ukuran 26cm dan 28cm. Panci ukuran 26cm dengan 1 gagang, sedangkan untuk 28cm dilengkapi 2 gagang di sisi kanan dan kiri. Setelah mempertimbangkan, saya memilih ukuran 28cm karena selain lebih besar juga lebih mudah mengangkatnya dan lebih seimbang.

Di dua sisinya dibuat 1 lekukan seperti yang biasanya untuk memudahkan membuang air/minyak dari panci
Gagangnya terbuat dari bahan silikon yang lebih tahan panas. Meskipun lama-lama juga panas sih, tapi tak secepat gagang panci biasa. 

Berat pancinya juga standar, tidak seberat panci berbahan keramik atau granit maupun batu bakar. Lebih mudah untuk dicuci dan disimpan.

Performa Panci 

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, saya sudah mencoba menggunakan panci tersebut untuk membakar beberapa macam makanan. Hasilnya, semuanya sesuai harapan.

Ukurannya cukup lebar untuk diletakkan di atas kompor, tapi ukuran lebar 28cm ini cukup ideal. Saya gunakan api ukuran paling kecil di kompor saya, yang notabene nyalanya masih cukup (tidak terlalu kecil), dan itu tidak membuat makanan yang dibakar cepat gosong. 

Panci ini efektif menyimpan panas sehingga waktu untuk membakar pun jadi lebih singkat.   Saat mencoba membakar ikan dengan tambahan kecap, panci ini tidak membuat ikan gosong.

Untuk membersihkannya pun cukup mudah. Setelah panci selesai digunakan, diamkan hingga dingin lalu cuci dengan air menggunakan sabun dan spons yang lembut. Keringkan lalu simpan kembali. 

Setelah menggunakannya kurang lebih selama 3 pekan (dalam 3 pekan ini udah sering banget bakar-bakar apa aja yang bisa dibakar), saya merasa puas dengan kualitas Maxim Non Stick Grill Pan ini. Berharapnya sih bisa awet biar nggak sayang duitnya (hahaha. Lagi-lagi duit).

Jadi gimana work from home-nya? Semoga semuanya menikmati dan bahagia selalu. Kalau Temans ada pengalaman pakai grill pan ini, sharing yuk! 

Semoga bermanfaat,
Salam,

1 comment:

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam