Outbound Seru di Rangkung Hill, Gianyar



Halo assalamualaikum

Kali ini mau cerita seputar jalan-jalan lagi. Tepatnya beberapa pekan yang lalu saya dapat undangan dari teman-teman di Komunitas Ibu Cerdas untuk acara outbound di rangkung hill.

Rangkung Hill tepatnya berada di kabupaten Gianyar, kurang lebih 20 KM dari kota Denpasar. Berhubung suami sedang libur jadi saya bisa berangkat ke sana bersama anak-anak dengan sepeda motor. 

Berangkat pukul 7. 30 WITA dan seperti biasa dengan kecepatan yang macam siput karena membawa anak-anak. Sampai di Rangkung Hill kurang lebih pukul 8. 30.

Tak sulit untuk mencapai lokasi rangkung Hill, cukup melalui jalur utama Denpasar-Gianyar (By Pass Ida Bagus Oka) dan ada penunjuk arah yang jelas untuk mencapai rangkung Hill. Tempatnya tak jauh dari lokasi Bali Safari and Marine Park.

Pemandangan dari camping ground

Berada tak jauh dari pantai, sehingga saat berada di sana kita bisa melihat garis pantainya. Pemandangan yang cukup indah, perpaduan nuansa hijau dan biru.

Tak banyak yang saya lakukan di rangkung Hill. Alasannya karena saya datang terlambat, tambahan lagi teman sekelompok saya hanya satu yang bisa datang. Beliau pun datang setelah saya. Praktis kami hanya duduk sambil menonton teman-teman yang lain outbound. Lumayan lah ya emak-emak bisa piknik sebentar, sejenak beraktivitas di luar rutinitas.

Tak lama setelah outbound ringan berlangsung kami mendapat kesempatan untuk aktivitas pribadi. Saya pun tak menyia-nyiakan kesempatan ini untuk berfoto dan menjelajah sekitar rangkung Hill. Sayangnya sudah siang dan panas menyengat saya tidak bisa explore semuanya, kasihan anak-anak yang sudah kepanasan.

Sebenarnya banyak Spot foto yang bisa kita manfaatkan. Ada payung-payungan, ada bulan dan bintang, kapal, sangkar burung, foto di akar pohon yang unik, dan lain-lain.


Saat hari-hari normal ternyata tempat ini cocok sekali untuk outbond mulai dari low, middle, sampai high Impact.
Seru banget sepertinya melewati beberapa tangga gantung yang menuju pohon, tangga gantung menyeberang kolam, tali halang rintang, tracking, treetop, dan lain-lain.
Saya sempat mencoba jembatan gantung menyeberangi kolam. Lumayanlah ya ada sekitar 10 meter panjangnya. Sumpah saat jalan di sana rasanya nggak karuan. Karena jembatannya hanya berisi papan kayu yang direntangkan dengan tali. Aman sih ya pastinya, tapi tetap saja saat di tengah-tengah dan jembatan itu bergoyang-goyang rasa serem juga.

Namanya 'Love Bridge'

Waktu itu saya mau ke toilet melewati jembatan, tapi balik lagi ke tempat outbound-nya (ke lapangan) saya nggak lewat lagi, takut. Saya pilih mendaki sedikit lebih tinggi lewat tangga di pinggiran kolam renang.

Ah ya! Di sini juga tersedia kolam renang untuk anak dan dewasa. Kabar baiknya, kolam renangnya baru banget... waktu itu masih tahap renovasi. Dengar-dengar sebelumnya di lokasi itu berupa kolam pancing. 

Sebenarnya di sini juga tersedia Resto dan biasanya memang pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan dari luar. Tapi waktu kami ke sana kami sudah membawa makanan per kelompok masing-masin (entah karena ini kebijakan datang berkelompok atau karena di sana sedang ada renovasi dan restonya juga tutup).

Di sebelahnya juga ada sungai lho, tepatnya muara sungai yang hampir sampai di bibir pantai. Menambah pemandangannya jadi makin asyik.

Kolam renang dilihat dari camping ground

Satu aktivitas yang saya bayangkan akan sangat menarik di sana adalah CAMPING! 
Lapangan tempat kami outbound adalah camping ground, di seberang resto, di atas kolam renang. Dari sini, kita bisa menikmati pemandangan dengan leluasa, karena letaknya cukup strategis. 

Camping di sana, dengan udara malam yang dingin seperti di Wonosobo, lalu pagi harinya menikmati kopi panas sambil menanti matahari terbit. MasyaAllah.. bakalan jadi camping yang penuh kenangan banget kalau begini.

Jujur, jika ke Rangkung hills tanpa camping ataupun aotbound, bagi saya (read: orang dewasa) kurang nendang. Meskipun ada beberapa aktivitas menarik seperti renang untuk anak. Namun tempat ini bisa menjadi alternatif menikmati wisata alam yang cukup mudah dijangkau.

Semoga bermanfaat,
Salam,

No comments for "Outbound Seru di Rangkung Hill, Gianyar"