Tips Mandi Mewah ala Putri Keraton dengan Vitalis Body Wash


Tips Menikmati Mandi Mewah Penuh Keharuman ala Putri Keraton

Assalamu'alaikum, Temans!
Ingin merasakan mandi mewah bertabur aroma parfum tak perlu jauh-jauh ke salon? Bisa banget, loh! Karena sekarang kita bisa #MandiParfum nan mewah ala putri keraton dengan cara yang amat sederhana dan mudah. Penasaran bagaimana?
Nah, sebelum kita bahas lebih lanjut, saya ingin bahas tentang 'mandi' dulu deh, ya.


Mandi dalam Sejarah Perkembangan Manusia

Mandi, membersihkan seluruh badan dengan air adalah aktivitas yang tak asing bagi kita sejak bayi. Bahkan telah menjadi kebiasaan rutin untuk menyegarkan badan.
Di negara tropis seperti Indonesia, tak berlebihan jika orang-orangnya mandi rutin rata-rata 2 kali sehari bahkan lebih. Hal ini karena cuaca yang panas dan menyebabkan badan lengket berkeringan terutama saat musim kemarau. Mandi menggunakan sabun bisa kembali membuat badan segar dan bersih.
Tahukah Temans? Ritual mandi bukan hal yang sejak dulu telah ada.
Di daratan Eropa, mandi baru populer sejak zaman Ratu Victoria (1837-1901 M). Bahkan konon, Raja Louis XIV (1643-1715 M) dari Perancis, sang pembangun Versailles yang megah itu tercatat hanya mandi 3 kali sepanjang hidupnya.
Sebelum itu, mandi telah dikenal di budaya Romawi. Menurut Salim Fillah, di Budaya Turki Utsmani dikenal istilah 'hammam' yang bisa diartikan dalam bahasa Indonesia sebagai 'pemandian umum'. Terbukti dengan adanya pemandian Roxelana, permaisuri Sultan Sulaiman Al Qanuni (1520-1566 M).
Namun Hammam berbeda dengan pemandian umum yang sering kita jumpai di Indonesia. Lebih identik dengan layanan sauna eksklusif. Budaya ini diwariskan dan dikembangkan dari peninggalan Romawi.
Hammam terdiri dari beberapa langkah relaksasi. Dimulai dengan berdiam di ruangan hangat sebagai relaksasi pertama. Di sini, udara panas dialirkan agar penggunanya bisa bernapas dengan lega.
Tahap selanjutnya, terapi dengan memasuki ruangan yang suhunya lebih panas. Setelah beberapa lama, bisa mandi dan membersihkan seluruh tubuh dengan air.
Tak berhenti di situ, rangkaian hammam masih dilanjutkan dengan pijat dan diakhiri dengan memasuki ruangan dingin untuk lebih santai dan relaksasi tubuh.
Hm... Benar-benar seperti gambaran mandi sauna dan spa ekslusif, bukan? Membayangkan saja sudah terasa begitu mewah dan body wash. Mungkin pada waktu itu juga tidak semua orang bisa menikmati layanan hammam seperti itu ya? Entahlah, sepertinya perlu dikaji lebih jauh.

Tirta Empul, Tirta Gangga, dan Taman Sari

Sedikit tentang Budaya Mandi di Indonesia

Di Indonesia sendiri, budaya mandi juga ada di berbagai daerah bahkan dalam ritual agama.
Agama islam mengenal aturan mandi wajib bagi pemeluknya, setelah berhubungan suami-istri, perempuan muslim yang baru selesai dari masa menstruasinya, dan hal-hal lain yang menyebabkan seseorang diwajibkan mandi.
Agama Hindu juga mengenal berbagai ritual mandi yang maknanya menyucikan diri dan jiwa dari hal-hal kotor serta buruk. Salah satunya ritual melukat, yang dilakukan di mata air tertentu. Salah satu tujuan wisata yang terkenal dengan adanya ritual melukat adalah di pura Tirta Empul yang terletak di Tampaksiring, Gianyar.
Pastinya daerah lain dan agama/kepercayaan lain pun memiliki tradisi mandi yang unik, seperti 'padusan' di Jawa.
Nah, di tempat kalian bagaimana, Temans? Ada budaya mandi yang unik juga kah?

Mandi ala Putri Keraton

Ngomongin putri keraton, rasanya jauh sekali dari jangkauan. Maklum, hanya rakyat biasa 'berdarah merah' yang tidak pernah tersentuh pondasi keraton.
Oh ya, ini bukan tentang keraton yang lagi heboh di Purworejo dan Sunda Empire itu, ya! Itu mah keraton embuh yang hanya untuk lucu-lucuan atu malah untuk tujuan penipuan. Kita bahas keraton beneran.
Di Jogjakarta, kita mengenal warisan budaya 'Taman Sari'. Taman sari merupakan peninggalan keraton yang dulunya digunakan untuk mandi oleh ratu dan para putri keraton. Di bagian tengah taman sari berupa kolam, konon dulunya sumur yang terus mengalirkan air.
Di pinggirnya berupa tangga berundak yang sekarang menjadi spot foto paling ngehits bin mainstream bagi pengunjung yang datang ke sana. Temans pernah berpose di sana juga?
Selain itu, ruangan untuk bersolek pun didesain khusus bahkan memiliki beberapa cermin di setiap sudut ruangan. Menarik sekali bukan?
Di Bali, kita juga mengenal Tirta Gangga. Tirta gangga dulunya merupakan kolam pemandian putri keraton. Di dalam kolam terdapat susunan batu-batu berbentuk lingkaran seperti meja yang konon digunakan putri keraton untuk duduk saat mandi. 
Tentunya, untuk menghasilkan keharuman yang khas ala keraton, dibutuhkan bahan-bahan khusus yang diracik dengan takaran presisi. Tentunya kita sekarang bisa melakukannya tanpa harus repot menyiapkan aneka bunga atau buah dan bahan lainnya terlebih dahulu. Teknologi telah menyiapkannya untuk kita. 




Tips Mandi Mewah ala Putri Keraton

Seperti yang saya tulis di awal, kita bisa mandi mewah bertabur parfum nan body wash hanya dari rumah. Bagaimana caranya? Yuk kita bahas.
Pertama, sebelum mencoba mandi ala putri keraton, pastikan dulu Temans menggunakan sabun yang cocok dan tidak membuat kulit kering. Salah satunya adalah yang mengandung bahan yang melembabkan kulit.
Kedua, pakai #Vitalisbodywash
Ssttt! Saya kasih tahu ya, kalau sekarang ada Vitalis Body wash yang bikin kita bisa mandi mewah ala putri keraton cukup di rumah saja. Kenapa? Karena selain mengandung pelembab, Vitalis body wash juga mengandung parfum.
Eits! Bukannya Vitalis itu emang merek parfum ya?
Yup! Betul banget, Temans! Vitalis memang sudah identik sekali dengan merek parfum. Artinya, sudah ada di hati masyarakat Indonesia bahkan dunia.  Kabar baiknya, sejak pertengahan 2019, Vitalis mengeluarkan produk baru berupa body wash. Nah, sesuai dengan khas-nya Vitalis yaitu parfum, tentunya Vitalis juga memberikan nilai plus dalam produk body wash-nya ini, yaitu parfum yang eksklusif dan aromanya tahan lama. Makanya nggak salah juga jika disebut mandi parfum.
Vitalis Perfumed Moisturizing Body wash menyediakan 3 pilihan varian White Glow, Fresh Dazzle dan Soft Beauty. Ketiganya memiliki kekhasan tersendiri yang bisa dicocokkan dengan karakter Temans masing-masing. Kabar baiknya lagi, setiap varian body wash ini diperkaya dengan bahan pelembab sehingga tidak akan menyebabkan kulit kering, bahkan kenyal seperti pipi bayi. Unch!
Berikut ini ketiga variannya, ya Temans!


1. White Glow, yang akan memberikan manfaat skin brightening untuk kulit terlihat lebih cerah,  terasa halus, dan lembut. Parfum yang digunakan untuk varian ini mempunyai top note  dengan aroma fruity dari paduan manisnya Cherry & Raspberry, disusul dengan wangi Marshmallow & Gardenia yang lembut dan elegan, dibungkus dengan kombinasi Woody & Suede yang glamour dan long lasting.  Vitalis Perfumed Moisturizing Body wash White Glow, diperkaya dengan ekstrak Licorice dan Susu, yang membantu merawat kulit hingga tampak bersih, cerah bersinar.
Varian ini yang pertama kali saya coba, Temans! dan bener banget aromanya tuh lembut... bahkan sampai beberapa jam setelah mandi aroma parfumnya masih terasa, termasuk di kamar mandi. Ssst! Bisa hemat pengharum kamar mandi juga, nih! Hihi.


2. Fresh Dazzle, varian ini memberikan manfaat skin refreshing untuk kulit terasa segar, halus  dan lembut. Parfum yang digunakan untuk varian ini diawali dengan  segarnya wangi Bergamot, diikuti wangi Floral Bouquet yang elegan feminin dan disukai wanita, ditutup dengan Musk Amber yang long lasting. Vitalis Perfumed Moisturizing Body wash Fresh Dazzle, diperkaya dengan ekstrak Yuzu Orange dan anti oksidant dari Green tea, yang menjaga kulit terasa lebih bersih, wangi, segar dan terawat.
Ini aromanya seger banget, Temans! yang suka aroma segar gitu pasti cocok dengan varian fresh dazzle ini.


3. Soft Beauty memberikan manfaat skin nourishing untuk kulit terasa halus, lembut dan terawat. Parfumnya dibuka dengan wangi segar yang clean dari Fruity Aldehydic, dilanjutkan dengan wangi Rose & Violet yang feminin, diakhiri dengan manisnya Tonka Bean & Sandalwood yang premium. Vitalis Perfumed Moisturizing Body wash Soft Beauty, diperkaya dengan ekstrak Avocado dan Vitamin E, untuk membantu menjaga kulit tetap terasa kenyal halus dan  lembut.
Di antara ketiga varian Vitalis body wash, menurut saya ini aroma yang paling soft. Tentunya dengan racikan parfum ala Vitalis yang mewah. Super glamor, Temans!


Packaging Vitalis Body Wash

Secara umum, packaging-nya juga mencerminkan kemewahan yang diusung Vitalis. Kemasannya berbahan plastik dengan warna yang kekinian dan glowing. Dilengkapi dengan tutup berwarna keemasan yang membuat kesan mewah-nya makin terasa.
Buka/tutup-nya menggunakan push-down sehingga cukup praktis. Kemasannya pun cukup ringkas untuk dibawa traveling bersama keluarga maupun sendiri. Isinya cukupa banyak sih, 200ml per kemasan tetapi tidak membuatnya terasa terlalu besar untuk dibawa pergi. Nah, cocok juga kan buat Temans yang rutin traveling? 

Lanjut bahas tips mandi mewah ala putri keraton-nya, ya... 
Ketiga, pastikan anak-anak sedang tidur pulas dan ada suami atau orang lain di rumah supaya ketika anak-anak terbangun, me time mandi mewah kita tetap aman.
Keempat, siapkan air hangat yang ditambahi garam untuk merendam kaki. Hal ini akan membuat kaki kita semakin relaks.
Kelima, siramkan air sedikit demi sedikit ke setiap bagian tubuh mulai dari wajah, kaki, tangan, dan seterusnya supaya badan kita menyesuaikan dengan suhu air.
Keenam, siapkan shower puff atau cukup dengan tangan. Tuang secukupnya vitalis perfumed moisturizing body wash. Balurkan ke seluruh tubuh dan hirup aroma parfum yang menguar sepanjang ritual mandi. Kita akan merasakan #MandiKeharuman yang wah banget pokoknya.
Saya rekomendasikan pakai shower puff karena hanya dengan sedikit sabun akan membuat busa melimpah. Sensasinya beda kan, mandi dengan banyak busa sabun terasa lebih menyenangkan. Lagipula, shower puff juga membantu kita membersihkan kotoran yang menempel di badan. 
Ketujuh, lakukan pijatan pada beberapa bagian tubuh supaya semakin rileks.
Kedelapan, bilas busa yang masih menempel dengan air, dan mandi parfum nan mewah telah selesai.
Dijamin deh, aroma parfumnya awet banget dan bisa bikin suami betah di rumah. ups! Alhamdulillah... akhirnya bisa juga menikmati mandi mewah paripurna di rumah setelah lelah seharian dan mood turun drastis. Habis mandi, jadi segar dan mood kembali baik. 



Gimana, Temans? sudah percaya kan, bisa mandi mewah ala putri keraton hanya dari rumah? Pulang kerja atau sehabis beraktivitas di luar ataupun setelah seharian berkutat dengan rutinitas pekerjaan rumah, kita bisa relaksasi dan me time mewah.
Kesimpulan setelah saya mencoba ketiga varian Vitalis perfumed moisturizing body wash, produk ini cukup efektif melembabkan kulit, jadi setelah mandi tidak lantas membuat kulit kering. Busanya  melimpah bikin ritual mandi makin menyenangkan. Aroma parfumnya mewah dan kuat, tidak cepat hilang dari badan. Pastinya, saya akan re-purchase sabun kecantikan ini setelah habis. Apalagi kemarin saya sempat lihat di supermarket terdekat tersedia juga kemasan refill-nya. Aih! Makin sukak deh!

Refill Vitalis Body Wash yang saya temukan di supermarket

Selamat mencoba, ya, Temans!
Semoga bermanfaat,
Salam,

18 comments for "Tips Mandi Mewah ala Putri Keraton dengan Vitalis Body Wash"

  1. Akhir2 ni aku kalo abis mandi kulit berasa kering bgt, apa ga cocok sabunnyq ya? Pengen nyobain vitalis nih, yg paling wangi ya mana say

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi Mbak.. nyari yang pelembabnya banyak Mbak..

      Delete
  2. Aku jadi ingat cerita teman SMA ku yang paling pintar sekelas. Kita tanya ke dia apa sih rahasianya kok bisa pintar padahal sering telat dan bolos. Dia bilang jangan Mandi sering2 biar pintarnya nggak larut kena air wkwkw. Sontak kami tertawa bareng2.

    Tapi kalau Ada Vitalis Mana bisa nahan nggak Mandi. Baunya enaaak banget. Aku Paling suka sama yang hijau.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahaha. Lucu banget temennya, Mbak.

      Aku juga suka banget Vitalis..

      Delete
  3. Percayaaaa... Dan kusudah mencoba juga semua varian Vitalis bodywash ini. Suka semua, terutama yg pink! Haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku paling suka yang ijo... Tapi semuanya suka 💕

      Delete
  4. Wah sudah ada di supermarket ya produknya, jadi pengen mandi ala Putri Keraton deh, mandi mewah dan wangii

    ReplyDelete
  5. Tipsnya oke punya nih. Penting memang mandi ala puteri keraton supaya senantiasa wangi dan sedap dipandang mata.

    ReplyDelete
  6. Aku oengen beli refillnya nih, soalnya harum banget. Memuaskan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum Mbak.. aku juga rencana gitu. Udah habis sebotol, akutu

      Delete
  7. Aku juga pake vitalis body wash, wanginya tahan lama dan aku suka ketiganya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas mandi tuh wanginya nampol banget... Bener sampe lama masih wangi

      Delete
  8. Kalau ditambah me time berendam, wuih mantap ya mbak.

    ReplyDelete
  9. Mba arina flatlaynya loh apik huhuhuhu... Aku malah baru tau kalo Vitalis ada juga yg bodywash tauku parfum aja

    ReplyDelete
  10. Mau juga doong mandi ala keraton pakai Vitalis 😍

    ReplyDelete
  11. Sebelumnya saya suka pake parfum merk Vitalis setelah tau ngeluarin produk body wash akupun juga pakai. Wangi dan lembut di kulit

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam