Tuesday, 3 December 2019

Pentingnya Perlindungan 1000 Hari Pertama Usia Bayi




Assalamu’alaikum,
Temans, tentunya tak asing lagi dengan istilah 1000 hari pertama kehidupan yang merupakan masa emas (golden age) bayi sejak dalam kandungan hingga usia 2 tahun. Masa 1000 hari pertama kehidupan (1000 HPK) terdiri atas 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada dua tahun pertama kehidupan buah hati, artinya ini juga merupakan 1000 hari perlindungan si Kecil.

Usia emas ini sangat penting dan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak hingga usia dewasanya. Sehingga kita sebagai orangtua harus benar-benar memperhatikannya supaya tidak terjadi masalah serius di kemudian hari. Beberapa hal utama yang mempengaruhi perlindungan di 1000 hari pertama usia bayi adalah nutrisi, stimulasi, dan kebersihan.


Ilustrasi, sumber: PIxabay

Nutrisi yang Tepat dan Seimbang saat Hamil dan Menyusui

Idealnya, sejak sebelum hamil, calon ibu telah mempersiapkan dirinya dengan nutrisi yang baik dan gaya hidup sehat supaya saat hamil, tubuhnya telah siap dan janin pun akan berkembang optimal. Hal ini tentunya harus didukung juga dengan nutrisi yang tepat dan cukup selama masa kehamilan.
Kebutuhan asam folat, zat besi, kalsium, Omega 3 dan DHA, dll sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan janin sehingga asupannya harus diperhatikan. Karena pembentukan otak dan organ-organ penting janin dimulai sejak trimester pertama. Nutrisi tersebut bisa diperoleh melalui makanan sehat dan atau suplemen yang dibutuhkan atau disarankan.
Setelah bayi baru lahir, ASI Eksklusif selama 6 bulan pertama usia bayi adalah makanan yang paling sempurna dengan nutrisi yang kompleks. Pemberian ASI memberi manfaat tak hanya untuk bayi tetapi juga untuk ibu. Selama masa ini, ibu juga harus sangat memperhatikan asupan nutrisinya, karena 100% nutrisi bayi didapat dari ASI.
Lepas dari ASI Eksklusif, ASI tetap diberikan dengan tambahan MPASI (Makanan Pendamping ASI) sesuai dengan tahapan usia. ASI tetap diberikan hingga usia 2 tahun.

Stimulasi Tepat dan Berulang

Selama 2 tahun pertama usia anak, selain nutrisi seimbang yang cukup dan tepat, bayi juga membutuhkan stimulasi untuk tumbuh kembangnya. Orang tua hendaknya memberikan stimulasi secara tepat dan terus-menerus supaya pertumbuhan synaps (serabut syaraf) otaknya optimal.



Pentingnya Kebersihan di Usia Emas

“Alah, sama anak tuh nggak usah terlalu saklek urusan makanan dan kebersihan, nanti imunitasnya nggak berkembang, dikit-dikit sakit! Nih, nggak apa-apa sesekali makan permen.”
Saya yang mendengar kalimat tersebut hanya tersenyum masam lalu mengambil permen yang sedang dipegang si Kecil.
Ya, saya memang bukan orang yang sangat teliti terhadap kebersihan anak, tetapi pastinya saya punya batasan mana yang boleh dan tidak. Saya juga percaya bahwa imunitas anak akan berkembang dan kuat jika dilatih sejak kecil. Namun saya berusaha untuk menjaga apa-apa yang masuk ke mulut anak.
Dulu, saat baru dikaruniai anak pertama, saya bisa ideal mengatur makanan dan ini-itu untuknya. Namun saat anak kedua, si Kakak mulai beranjak besar dan sering mengajak adiknya untuk makan apa yang ia makan. Untuk beberapa makanan yang masih aman, saya membolehkannya setelah usianya di atas 1 tahun. Sebelumnya, saat awal MPASI sampai usia 1 tahun, saya mengontrol dan memberi pengertian si Kakak terkait mana makanan yang boleh dibagi dengan adiknya dan yang tidak.
Masalah kebersihan juga penting dan tak bisa dianggap sepele karena berpengaruh terhadap kesehatan bayi terlebih di 1000 HPK, angka kematian ibu dan bayi cukup tinggi. Jika terlalu gegabah dan membiarkannya, diare atau penyakit pencernaan lainnya bisa mengancam si Kecil yang bisa menyebabkan kematian maupun stunting. 
Sebenarnya, saya juga punya masalah yang membuat saya terkadang risau dan khawatir jika hal ini memberikan dampak buruk bagi kesehatan kami sekeluarga, terutama si Kecil. Air tanah yang kami gunakan mengandung kapur dan membuat peralatan dapur bernoda, menyisakan bekas putih seperti coretan kapur.



Untuk peralatan makan dan perabot rumah tangga lainnya, saya bisa menyiasatinya dengan mengelapnya setelah dicuci. Namun untuk alat makan, mainan, dan perlengkapan bayi, saya merasa lebih mantap jika menggunakan sabun cuci khusus untuk membersihkannya.
Beruntung, seorang teman merekomendasikan Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi dengan formula baru. Tentunya produk ini sudah tidak asing di telinga kita, ya! Nah kini hadir Sleek dengan formula baru, produk bayi yang aman dan dilengkapi dengan 8 proteksi, yaitu:
  • Food Grade: Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi dilengkapi dengan formula Food Grade yang berarti tidak mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan dan aman untuk si Kecil. Formulasi food grade juga terjamin aman untuk mainan yang biasa digigitnya, seperti teether atau bahkan buku bantal/softbook.
  • Natural Anti Bacterial: Terbuat dari bahan alami yang mampu membasmi kotoran dan kuman secara maksimal pada perlengkapan si Kecil termasuk botol susunya. Tentunya kita sebagai orangtua pun akan lebih percaya dengan yang terbuat dari bahan alami. 
  • Stain Removal: Hm... terkadang kita kesulitan ya, terutama mencuci botol susu atau bekas makanan si kecil yang tertempel noda dan lemak, dicuci berkali-kali masih menyisakan bau dan sisa. Produk ini mampu membersihkan noda yang menempel, sisa lemak dan bau yang tidak sedap pada peralatan makan si Kecil secara keseluruhan.
  • Hypoallergenic: Formula Hypoallergenic mampu meminimalisir terjadinya iritasi kulit, gatal dan kasar pada kulit. Perlindungan bukan hanya untuk si Kecil tapi juga untuk Bunda juga saat mencuci. Nah, Bunda tak perlu risau lagi ya, ketika mencuci tangan menjadi kasar dan kusam karena formulanya yang lembut.
  • Dermatologically Tested: Sabun pencuci botol yang sudah teruji klinis atau Dermatology Tested! Pastinya kita akan lebih percaya dengan yang sudah teruji secara klinis kan?
  • Microbiological Tested: Produk ini sudah teruji efektif dalam membunuh mikroorganisme yang berbahaya. Mikroorganisme yang tertinggal di peralatan makan atau mainan si kecil bisa diatasi. Jadi tak perlu risau juga termasuk jika air yang digunakan adalah air sumur atau air tanah, bukan air PDAM yang telah melalui serangkaian proses sebelum sampai ke pengguna.
  • High Quality Concentrate: Hanya perlu sedikit saja, botol susu dan perlengkapan si kecil sudah bersih dan terlindungi dari kuman! Kelebihan lainnya, busanya juga sedikit sehingga lebih cepat bersih saat dicuci. Hemat air, Bund!
  • Paraben Free: Sabun pencuci botol, peralatan makan dan mainan  si kecil yang tidak mengandung paraben dan bahan pengawet lainnya sehingga aman untuk si kecil.






Nah, sekarang kita ulas lebih dalam tentang produknya, yuk!
Sleek Baby Pembersih Botol Dengan 8 Proteksi tersedia dalam 2 ukuran kemasan yakni kemasan botol 150 ml dan 500 ml. Selain itu, tersedia juga kemasan refill 450 ml. Saya suka dengan produk yang menyediakan kemasan refill, karena ketika isinya telah habis digunakan, tidak perlu membeli botolnya lagi. Harga refill-nya pasti lebih hemat bukan?
Botolnya bulat pipih dilengkapi dengan tutup ulir untuk membuka/tutup botol. Sedangkan untuk mengeluarkan cairan pembersih botolnya, menggunakan kepala tutup yang bisa ditarik/ditekan untuk membuka/menutup, seperti jenis botol pada cairan pencuci pada umumnya. pastinya sudah akrab bukan, dengan model tutup seperti ini? buka/tutupnya mudah dan tidak mudah tumpah.
Isinya bening dengan aroma yang lembut. Karena ini adalah sabun konsentrat, jadi kita hanya membutuhkan sedikit saja. Setelah dibilas, peralatan makan dan mainan si Kecil bersih lagi tanpa menyisakan noda dan bau.



Jika Temans ingin mendapatkan berbagai informasi seputar kesehatan dan perlindungan bayi, bisa langsung ke Facebook dan Instagram resmi Sleek Baby.
Masa depan si Kecil yang kita sayangai sangat bergantung pada 1000 hari perlindungan. Ini adalah hal krusial yang harus kita siapkan untuk generasi kita selanjutnya.
Semoga bermanfaat,
Salam, 

38 comments:

  1. Wah memang nih ya Mbak produk bayi yang satu ini sangat rekomended banget :D

    ReplyDelete
  2. Wah saya juga menggunakan Sleek Baby ini nih untuk si kecil hehe

    ReplyDelete
  3. Perlindungan 1000 hari pertama ini memang sangat penting untuk dilakukan kepada si kecil ya Mbak

    ReplyDelete
  4. Banyak banget nih ya Mbak keunggulan ketika menggunakan produk Sleek Baby ini untuk si kecil

    ReplyDelete
  5. Saya jadi pingin nih Mbak menggunakan produk ini juga. Soalnya ada banyak sekali kelebihannya :D

    ReplyDelete
  6. Emang bagus banget sih sleek ini. Aku juga pakai buat anak2

    ReplyDelete
  7. kebersihan memang penting untuk selalu dijaga ya mba...dan sejak di usia emas memang harus diperhatikan dengan baik

    ReplyDelete
  8. 1000 hari yang sangat menentukan kondisi anak nantinya.
    Produk perawatan anak juga mesti dipilih dengan selektif.
    Produk Sleek sangat dikenal membantu kerjaan banyak.ibu.

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah pembersih sleek bikin ibu2 gak khawatir lagi utk hygienitas

    ReplyDelete
  10. Bener juga sih ini. Kalau buat anak-anak, sabun pembersih perlengkapannya juga harus dipastikan yang benar-benar aman

    ReplyDelete
  11. Pokoke jangan main2 dgn higienitas alat makan dan minum utk anak2 ya. Thanks God produk ini sungguh menjadi life hacks utk ortu jaman now. Siipp

    ReplyDelete
  12. sejak anak pertama aku sudah percayakan pada sleek mba suka baanget sih bersihkan lemak susu dan wanginya ga nyengat

    ReplyDelete
  13. Tentunya tidak ada Paraben ya mbk. Soalnya ngeri kalau ada produk yang mengandung Paraben.

    ReplyDelete
  14. Setuju kebersihan harus jadi prioritas utk kesehatan anak. Aku jg dari dulu hanya percaya dan pakai sleek utk bersih2 botol susu, peralatan makan, dan mainan anak

    ReplyDelete
  15. Buat anak jangan coba-coba ya mbak, hehehe. Sleek aja. Saya sepakat pake Sleek itu terbhaiq deh buat membersihkan wadah makan dan botol susu anak.

    ReplyDelete
  16. Penting banget mbak menjaga kebersihan tempat makanan dan minuman si kecil agar jauh dari bakteri dan kuman. Nah, saya juga pakai sleek mbak untuk membersihkan botol minuman.

    ReplyDelete
  17. Toss sama sama memberikan 1000 Hari Perlindungan yang ga akan terulang sehingga harus benar benar diperhatikan

    ReplyDelete
  18. Menjaga kebersihan memang penting sekali untuk mendampingi tumbuh kembang anak kita ya.. Berkat sleek baby, kegiatan bersih-bersih jadi lebih mudah.

    ReplyDelete
  19. Setuju si Mbak, walaupun tidak yang kaku banget, tapi kebersihan memang harus jadi prioritas ya. Kalau sampai diare, risikonya besar soalnya kalau anak masih dalam usia 1000 hari gini....

    ReplyDelete
  20. Menjaga higienitas peralatan bayi memang penting banget ya supaya kesehatan anak selalu terjaga

    ReplyDelete
  21. Asik banget memang kalau bisa jaga kebersihan rumah dan si kecil apalagi di masa emasnya, pasti menyenangkan sekali. Saya juga pakai Sleek ini mbak.

    ReplyDelete
  22. Kalau di kakaknya nggak diberi pengertian, nanti bakalan semua yang dia makan akan dibagi dengan si adek yang belum cukup umur sebagai pemakan segala haha. Bahaya juga ya Mbak. Untung aja ya si kakak diberi pengertian.

    ReplyDelete
  23. Sleek dukung perlindungan 1000 hari pertama kehidupan ya, jadig ak cuma memperhatiakn nutrisi tapi juga kesehatan melalui pembersih alat makan untuk si kecil

    ReplyDelete
  24. Zaman dulu aku blm mengenal sabun ini..apa.memang blm ada ya.. Lamongan nanti buat cucu nih hehe..suatu saat nanti..

    ReplyDelete
  25. Iya banget, 1000 hari pertama manusia itu memang crusial. Menentukan kesehatan fisik dan otak. Jadinya kudu ekstra ya. Baik dalam hal gizi, hingga ke kesehatan. Dan tentu, kesehatan dan kebersihan peralatan makan serta badannya juga harus dijaga.

    ReplyDelete
  26. Salah satu produk bayi yang recommended nih, terutama untuk menjaga kebesihan si kecil. Gak salah lagi kalau mempercayakan kebersihan tubuh maupun peralatan baby dengan produk dari sleek baby ini.

    ReplyDelete
  27. Buat anak sih kalau bisa yang terbaik ya Rin. Termasuk dengan peralatan mencuci tempat makan dan minum gini. Harus dicari yang aman untuk bayi agar tidak berpengaruh terhadap kesehatannya.

    ReplyDelete
  28. 1000 hari pertama nggak cuma masalah gizi dan nutrisi ya mba. Tp juga kebersihan.
    Apalagi buat bayi, harus bgt pilih yg tepat :)

    ReplyDelete
  29. setuju banget mbak. dulu arkaan juga pakai merek sleek karena memang enak aja, kayak buat bersihin alat-alat makannya.

    ReplyDelete
  30. 1000 hari pertama yang nggak bisa berulang ya mbak.
    Semoga semua anak-anak mendapatkan 1000 hari pertama yang terbaik.
    Aamiin ya Rabb

    ReplyDelete
  31. Kudu tetap jaga kebersihanlah. Bukan sekadar masalah higienitas ya, tapi ga sedap juga kan baunya kalau peralatan anak masih menyimpan kotoran

    ReplyDelete
  32. Printilan buat bayik banyak ternyata ya mbak. Gpp deh ikhtiar biar punya anak yg sehat dan bisa berguna buat nusa bangsa hihi

    ReplyDelete
  33. Penting banget memang nih kebersihan karena ini kan dasar perlindungan. Gak papa dinyinyiran dikit asal anak tetap sehat..hehe..

    ReplyDelete
  34. Menjaga kebersihan peealatan makan bayi tu memang penting banget. Temen kantor ada yg anaknya ampe kena desentri karena kurang bersih, makanya urusan ini aku perhatikan banget dan selalu pake sleek dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ngeri juga ya efeknya gara-gara pembersih alat makan gitu. Emang kudu hati-hati ya memilih segala macam yang berkaitan dengan kesehatan anak, termasuk cairan pencuci gini. Aman pokoknya ya kalau pilih Sleek.

      Delete
  35. Golden age nih emang titik krusial yang harus diperhatikan oleh kita, orang tua apalagi soal kebersihan itu wajib dan penting. Aku pun di rumah pakai sleek untuk cuci peralatan makan anakku, wanginya enak..

    ReplyDelete
  36. Aku juga gak suka kalo anakku ada yang ngasih permen, karena tahu kalo itu bakal merusak gigi.
    Nah soal kebersihan alat makan, aku aware banget karena kalo masih kotor bisa memicu masuknya bakteri ke dalam usus ya Rin

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam