Wednesday, 11 December 2019

Pertimbangkan! Inilah Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Web Hosting Gratis



Membuat website dan merawatnya tidaklah sesulit yang kita bayangkan. Sudah banyak jasa yang menawarkan diri untuk mengelola website secara profesional sehingga kita tidak perlu khawatir lagi meninggalkannya begitu saja karena sudah ada jasa yang mengurusnya. Meski demikian, kita juga harus mengawasi kinerja jasa tersebut agar hasilnya sesuai harapan. Begitu juga saat memilih web hosting murah DomaiNesia.
Setiap unsur dalam website menjadi sangat penting untuk mengembangkannya menjadi sebuah ladang penghasilan. Kita harus mengerjakan setiap project pada website dengan serius dan profesional. Untuk menciptakan blog yang profesional dan meyakinkan, tentu kita harus melengkapi website dengan plugin atau konten yang lengkap. Namun, untuk bisa memuat semua fitur dan data visitor, website yang dimiliki harus memiliki penyimpanan yang luas.

Apabila penyimpanan atau server yang digunakan website kita kurang berkualitas dan kurang besar, tentu saja dapat mengganggu kecepatan dan respon website terhadap aktivitas visitor. Apabila hal ini terjadi, kenyamanan visitor akan terganggu dan kemungkinan mereka akan meninggalkan website semakin besar. Oleh karena itu, kita harus memastikan bahwa web hosting yang dipilih sesuai dengan kebutuhan.
Seperti yang kita tahu, terdapat beberapa jenis hoster yang bisa kita gunakan dengan spesifikasi dan kegunaan yang berbeda-beda. Untuk itu, penting bagi kita mengenal satu per satu jenis hoster tersebut dengan baik agar bisa memilihnya dengan tepat. Namun, bagi Temans yang masih pemula seperti saya, ada baiknya jika mencoba hosting gratis terlebih dahulu.

Web Hosting Gratis yang Makin Banyak

Kebutuhan penyimpanan yang semakin besar membuat beberapa situs menyediakan hosting secara cuma-cuma. Dengan adanya versi gratis ini memudahkan kita untuk mencoba setiap jenis atau tipe server yang cocok dengan website yang kita kelola. Sebagai pemula, kita mungkin kurang paham mengenai server seperti apa yang kita butuhkan untuk mengembangkan dan memaksimalkan kinerja website.
Oleh karena itu, kita bisa mencoba setiap hosting dan menganalisanya, apakah jenis tersebut memberikan hasil yang maksimal atau tidak. Jadi, jangan ragu untuk mencari informasi mengenai hoster gratis karena sudah banyak situs yang menyediakannya. Meskipun pada akhirnya, kita akan ditawari versi berbayar untuk bisa menikmati fitur secara lebih lengkap agar hasilnya juga lebih maksimal.
Namun, untuk upgrade ke versi yang lebih premium, biasanya tidak ada paksaan sehingga kita tidak perlu khawatir saat mencoba satu per satu hosting. Apabila salah satunya tidak cocok, maka kita bisa berganti ke jenis hoster yang lain karena memang setiap hoster memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang harus diperhatikan.

Ilustrasi, pixabay

Kelebihan

Tidak bisa dipungkiri bahwa hosting memiliki peran penting dalam mengembangkan website dan memberikan kenyamanan bagi visitor atau user. Namun, dengan adanya beberapa jenis hoster yang memiliki spesifikasi berbeda membuat kita harus bisa memilih dengan tepat dan sesuai apa yang dibutuhkan oleh website milik kita. Jangan sampai fitur yang diberikan masih kurang atau justru berlebih.
Namanya saja gratis maka kelebihan dari penggunaan hoster ini adalah tidak perlu mengeluarkan biaya sepersen pun. Jadi, versi gratis ini cocok bagi kita yang masih pemula atau belum memahami mengenai fungsi hoster. Selain itu versi gratis ini juga cocok bagi yang masih mencoba-coba dan belum menemukan hoster yang tepat untuk website yang dimiliki.
Tapi, tentu kita menyadari bahwa dengan versi gratis ini, kita tidak bisa berharap banyak atas apa yang akan diterima. Tentu saja fitur yang diberikan tertinggal jauh dengan versi berbayar. Oleh karena itu, harus memaklumi jika ada beberapa batasan yang diberikan dalam penggunaan hosting tersebut.


Kekurangan

Seperti yang kita tahu jika ada semboyan mengatakan bahwa, “ada uang, ada rupa”. Artinya, versi berbayar tentu akan memberikan fitur dan pelayanan yang lebih lengkap sekaligus baik. Bisa dibayangkan jika kita menggunakan hoster gratis, maka fitur dan pelayanan yang kita dapatkan tidak sesempurna jika berbayar sehingga masih memiliki banyak kekurangan.
Kekurangan pertama adalah kualitas pelayanan CS (Customer Service) yang kurang memadai. Bukan hanya soal jam pelayanan yang terbatas, tapi bantuan yang diberikan mungkin juga akan terbatas. Kemudian, intensitas downtime yang tergolong tinggi karena server yang digunakan tidak cukup andal untuk mencakup semua kebutuhan website kita.
Kekurangan selanjutnya adalah banyaknya tayangan iklan yang pasti akan mengganggu kenyamanan visitor dan kita tidak bisa mengatur kemunculan iklan tersebut. Padahal, biaya penggunaan versi gratis ini ditutupi dengan tayangan iklan tersebut jadi mau tidak mau website kita akan dipenuhi dengan iklan. Belum lagi terkadang, website bisa dihapus oleh pemilik hosting tanpa pemberitahuan serta kesulitan transfer domain dan data saat beralih ke jenis lainnya.
Itulah tadi informasi mengenai kelebihan dan kekurangan web hosting gratis yang harus dipertimbangkan sebelum menggunakannya. Di samping ada kelebihan, ada kekurangan yang harus diperhatikan dengan baik saat kita ingin mengembangkan website. Selamar berkarya!
Semoga bermanfaat

17 comments:

  1. Iya nih Mbak namanya juga gratis, fitur yang ada juga nggak akan selengkap yang bayar

    ReplyDelete
  2. Kalau ada uang ya mending yang berbayar aja ya Mbak, fiturnya lebih lengkap juga

    ReplyDelete
  3. Bener banget tuh Mbak, kalau gratis enaknya ya tidak mengeluarkan uang sama sekali hihi

    ReplyDelete
  4. Iya itu nggak enaknya kalau menggunakan yang gratisan Mbak tidak bisa berharap banyak mau melakukan apa saja hihi

    ReplyDelete
  5. Kalau menurut saya lebih baik menggunakan yang berbayar saja nih ya Mbak

    ReplyDelete
  6. iya ya, semuanya ada plus dan minusnya, mungkin terganting masing-masing lebih cocok yang mana

    ReplyDelete
  7. Bener sih, kalo pake hosting gratis kadang tuh ada aja plugin yg error pas mau dipasang huhu

    ReplyDelete
  8. Menurutku lebih enak yg berbayar sih, kalau mau dipakai yg buat profesional...terutama kalau yg gratisan itu yg ga nyaman buat pembaca iklan2nya

    ReplyDelete
  9. Haha...betul banget nih.."ada harga ada rupa". Jadi memang harus memikirkan lebih-kurangnya bila memilih segala sesuatunya ya Rin..

    ReplyDelete
  10. Wah makasih artikelnya ya mbak. Aku selama ini ngebog tinggal ngeblog aja. Masih banyak istilah yang ga ngerti.

    ReplyDelete
  11. Ya Allah mbak, aku kok masih belum paham ya. Mainan blog cuman bikin, upload sama share doang. Ibarat punya rumah cuman bikin dan nempatin. Mungkin rumahku kotor dan nggak indah juga nggak tahu harus gimana ya....thanks ya infonya

    ReplyDelete
  12. Bakal segera intip-intip jasa layanan hosting berbayar nih.
    Sayang juga kalau sewaktu-waktu blog kita lenyap tanpa pemberitahuan.

    ReplyDelete
  13. Tiap hal memqng ada plus minusnya apalagi gratisan hehehe tapi balik lagi ke masing-masing pribadi, cocok pakai yang mana...

    ReplyDelete
  14. Emang bener ya, ada harga ada rupa. Nggak rugi deh menginvestasikan aset dengan memilih hosting berbayar yang terpercaya seperti Domainesia ini.

    ReplyDelete
  15. Kalo ada modal lebih, emang enak pilih yang berbayar ya kayaknya. kalo gratis emang fiturnya terbatas kan

    ReplyDelete
  16. Kalo ada tabungan lebih, enak yg berbayar ya kan, soalnya full fiturnya, enggak terbatas ya mbaak, hehe

    ReplyDelete
  17. Betul. Untuk belajar lebih baik pakai yang gratisan aja, sampai merasa blog kita sudah mantap dengan banyaknya visitor yang datang, saat itu upgradelah ke hosting berbayar.

    Server stabil, dengan banyak fitur unlimited alias tidak dibatasi.

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam