Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Punya! Ini 7 Mesin yang Harus Dimiliki Setiap Kantor atau Tempat Usaha

Sumber: pinterest


Assalamu’alaikum, Temans!
Adakah yang resolusi tahun 2020-nya nanti membuka kantor atau bisnis baru?
Setiap kantor ataupun tempat bisnis tentunya membutuhkan berbagai macam perangkat sumber daya untuk menciptakan ke efisiensi dan kepraktisan dalam menjalankan kegiatan bisnisnya. Para karyawan juga pasti membutuhkan suatu mesin atau perangkat yang dapat membantu mengerjakan pekerjaan mereka jadi lebih efisien dan cepat. Semakin praktis dan efisiennya suatu bisnis, maka semakin besar pula hasil peluang yang akan didapat.

Pada bagian accounting tentu para karyawan harus menghitung dana yang masuk secara manual dan pastinya akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Apalagi jika ada kesalahan-kesalahan yang mungkin bisa terjadi seperti salah menghitung dan akhirnya membuat mereka harus menghitung kembali dana tersebut. Sangat menyita waktu dan tidak praktis bagi karyawan kamu, bukan?
Namun jangan khawatir, semakin canggihnya teknologi saat ini para pelaku usaha dan juga karyawan bisa melaksanakan pekerjaan mereka jadi lebih efisien dan praktis, lho. Karena kini sudah hadir berbagai macam jenis mesin yang dapat digunakan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan baik serta tepat waktu. Lantas, mesin-mesin apa sajakah yang wajib ada di kantor? Nah, berikut ini tujuh mesin yang harus kamu miliki di kantor.

1.            Mesin Fotokopi


Sumber: Pinterest

Kebutuhan fotokopi dokumen atau arsip-arsip di kantor memang selalu diutamakan. Jika kamu harus menduplikat dokumen-dokumen penting di tempat tukang fotokopi yang ada di pinggir jalan tentu bisa menghabiskan banyak waktu bagi para karyawan. Belum lagi jika ada pembeli lain dan mau tidak mau kita harus mengantri sampai menunggu giliran. Bisa dipastikan pekerjaan seperti ini cukup menyiksa. Namun, lain halnya jika tersedia mesin fotokopi di kantor. Ini akan sangat menguntungkan dan membantu pekerjaan para karyawan yang ada. Sudah tersedia banyak berbagai macam jenis dan merk mesin fotokopi yang bisa kamu temui di pasaran. Harganya pun sangat bervariasi. Tapi pilihlah mesin fotokopi yang sesuai dengan kebutuhan tersebut, ya!.

2.            Mesin Printer


Sumber: pinterest

Tak kalah pentingnya, printer juga menjadi salah satu mesin yang wajib dimiliki di setiap kantor. Para karyawan kalian pastinya akan membutuhkan mencetak dokumen-dokumen yang ada. Untuk memudahkan mereka dalam mencetak dokumen jadi lebih cepat dan praktis tentu kantor harus tersedia beberapa printer yang sesuai dengan kebutuhan para karyawan. Selain printer inkjet, kamu juga harus menyediakan printer dot matrix. Karena printer tersebut mampu mencetak beberapa rangkap dokumen sekaligus serta mencetak dengan berbagai ukuran kertas yang lebar. Dengan begitu, pekerjaan para karyawan pun akan dapat dikendalikan dengan baik dan cepat.

3.            Mesin Absensi

sumber: Pinterest

Setiap kantor tentu sudah menyediakan peraturan untuk para karyawannya, seperti waktu masuk dan pulang kerja. Nah, untuk memudahkan HR mengetahui karyawan yang masuk tepat waktu dan tidak datang, kantor harus menyiapkan yang namanya mesin absensi. Dimana mesin tersebut dapat mengontrol absensi secara manual dan cepat. Sehingga para HR pun bisa mengontrol karyawan-karyawan yang hadir dengan praktis. Mungkin kamu bisa memilih mesin absensi yang memiliki sistem finger print atau face untuk di kantor.

4.            Mesin Laminating

 
Sumber: Pinterest
Meski tidak semua kantor memerlukan mesin laminating. Tapi tidak ada salahnya kalau kamu memiliki mesin satu ini. Karena ada kalanya kamu harus me-laminating arsip dan dokumen penting agar bisa melindungi dokumen dan juga arsip tersebut. Selain itu, mesin laminating ini juga akan memudahkan kamu dalam melindungi dokumen terhadap bahaya seperti terlipat ataupun rusak karena terkena tumpahan air dan lain sebagainya.

Buat yang mau buka usaha, baca ini juga ya! 

5.            Mesin Penghitung Uang

 
Sumber: Pinterest
Semakin berkembangnya suatu usaha maka semakin besar pula pemasukan dana atau uang untuk perusahaan. Agar bisa memudahkan dan mengefisien pekerjaan seorang accounting kantor harus menyediakan mesin penghitung uang. Karena mesin satu ini mempunyai teknologi penghitung uang yang sangat akurat. Sehingga saat ada kesalahan dalam menghitung bisa teratasi dengan baik. Berbagai macam jenis, harga dan merk pun sangat bervariasi. Bahkan ada beberapa mesin penghitung uang yang sudah dibekali oleh alat pendeteksi uang palsu. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika ada uang palsu yang masuk kedalam keuangan perusahaan.

 6.            Mesin Label

 
Sumber: Pinterest
Kalau usaha kamu memproduksi suatu produk yang akan dipasarkan, mesin label ini bisa menjadi salah satu solusi yang tepat untuk melebal setiap produk dengan cepat dan praktis. Kamu hanya tinggal menuliskan label harga pada produknya atau keterangan kode lainnya. Ini sangat disarankan untuk perusahaan yang bergerak dalam industri pergudangan atau konveksi.

 7.            Mesin Penghancur Kertas 


Sumber: Pinterest
Segala aktivitas bisnis pastinya akan menghasilkan limbah-limbah yang dihasilkan oleh kegiatan sehari-hari di tempat usaha. Limbah yang banyak dihasilkan biasanya adalah kertas. Banyaknya tumpukan kertas di kantor hampir menjadi masalah yang sering terjadi di setiap perkantoran. Timbunan kertas yang menumpuk bisa menjadi tempat sarang nyamuk dimana dapat mengganggu kenyamanan para karyawan dalam bekerja.
Dengan hadirnya mesin penghancur kertas di kantor tentu bisa meminimalisir banyaknya kertas dokumen yang menumpuk dan tidak terpakai tersebut. Mesin satu ini mampu menghancurkan kertas dengan potongan-potongan kecil. Sehingga tidak akan memakan banyak tempat di kantor kamu. Kantor pun jadi lebih bersih dan nyaman dengan tidak adanya limbah kertas di ruang kantor yang sering menjadi masalah.
Itu dia mesin-mesin yang wajib dimiliki setiap kantor atau tempat usaha yang sudah kamu simak. Pemakaian dan perawatan mesin-mesin kantor tentu sudah menjadi tanggung jawab para karyawan yang ada. Semua mesin tersebut merupakan sebuah inventaris perusahaan serta untuk digunakan oleh semua karyawan. Jadi, sudah lengkapkah peralatan kantor milikmu?
Selamat hunting dan menyiapkan kantor barunya, ya!
Semoga bermanfaat,

5 komentar untuk "Wajib Punya! Ini 7 Mesin yang Harus Dimiliki Setiap Kantor atau Tempat Usaha "

  1. Wah banyak banget memang nih ya mesin yang harus dimiliki di kantor

    BalasHapus
  2. Hehe iya nih ya Mbak, masih nyicil nih satu persatu hehe

    BalasHapus
  3. Kalau mesin printer ini memang sudah seharusnya ada ya Mbak, karena penting banget

    BalasHapus
  4. Mesin fotocopy ini memang sangat bermanfaat ya kalau ada di Kepanjen

    BalasHapus
  5. Kalau di tempat saya masih belum ada nih Mbak untuk yang mesin kehadiran ini

    BalasHapus