Thursday, 28 March 2019

Perhatikan 5 Hal Berikut Sebelum Memulai Bisnis Kuliner



Perkembangan dunia kuliner saat ini tengah sangat pesat. Setiap orang yang melakukan perjalanan ke suatu tempat pasti ingin mencicipi makanan kas daerah setempat. Selain itu, makanan kekinian pun selalu diminati apalagi jika pamornya di sosial media telah tinggi.
Peluang besar ini bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha di bidang kuliner, baik makanan tradisional maupun menciptakan tren makanan baru yang menarik untuk dicicipi.
Namun sangat disayangkan, kebanyakan usaha kuliner makanan kekinian sangat berkembang pesat di awal kemunculannya, kemudian tenggalam begitu saja tergantikan oleh tren baru. Salah satu penyebabnya adalah maraknya kuliner sejenis yang dijual oleh pesaing, lalu masyarakat pun beralih mencoba kuliner yang lebih baru lagi.
Temans ingin membuka usaha kuliner? Tak perlu risau, karena usaha yang satu ini akan terus menarik peminat jika kita bisa mengelola dengan baik dan terus berinovasi. Namun sebelumnya, perhatikan 5 hal berikut sebelum memutuskan membuka usaha di bidang kuliner.

1.Tentukan keunikan makanan yang akan dijual

Produk yang akan dijual menjadi poin paling penting, karena akan berkaitan dengan minat masyarakat dan pesaing usaha.
Misalnya akan menjual roti maryam aneka rasa, maka harus bisa menemukan keunikan dari produk yang akan dijual. Sebagai contoh, roti maryam dengan aroma cinnamon atau kayu manis yang belum ada duanya di sekitar kita.
Es Campur Kelapa Muda Durian khas warung Oemah Klamud


2. Tentukan target pasar

Siapa yang berpeluang membeli produk yang kita jual? Semua umur, anak sekolah, kaum hawa, atau untuk semua orang? Dari sini kita bisa mengambil benang merah konsep branding dan menentukan lokasi untuk memasarkan.

3. Pilih tempat yang strategis

Memilih tempat yang strategis disesuaikan dengan target market kita. Misalnya targetnya adalah anak-anak usia sekolah/remaja, maka sebaiknya memilih tempat jualan di kantin sekolah atau di sekitar sekolah SMP/SMA. Berbeda lagi jika target marketnya dewasa atau semua umur, kita bisa memilih lokasi lain yang sesuai.

4. Manajemen yang rapi dan terencana

Setelah semua hal terkondisikan, yang paling penting untuk keberlangsungan usaha adalah manajemen. Misalnya dalam dunia yang serba digital seperti saat ini, penting juga untuk merambah pemasaran secara online, misalnya mendaftarkan usaha/produk dalam aplikasi transportasi dan pemesanan makanan online. Cara ini akan meningkatkan penjualan dan popularitas brand yang kita punya.
Manajemen yang rapi juga diperlukan untuk melakukan evaluasi dan memantau perkembangan serta kelanjutan bisnis ke depan.

5. Tim yang solid

Ketika membuka usaha kuliner, kita tidak akan bisa melakukan semuanya sendiri. harus ada orang/alat yang mumpuni untuk membantu pekerjaan kita. Misalnya kita butuh seorang kasir atau aplikasi kasir untuk memudahkan transaksi dan pencatatan/rekap harian. Selain itu, kita juga butuh orang lain untuk menjadi asisten dan membantu terutama saat sedang ramai pembeli.

Es Kelapa muda durian andalan Warung Oemah Klamud

Suami saya pernah memiliki pengalaman membuka usaha kuliner, namun harus terhenti di tahun kedua karena pengelolanya sama-sama memiliki kesibukan dan kami pun harus pindah ke luar pulau. Saat itu tidak ada opsi untuk mendelegasikan ke orang lain karena sebelumnya dia hanya bersama seorang rekannya.
Saat itu mereka membuka usaha es kelapa muda dengan kombinasi durian sebagai keunikan produk yang dijual. Pemilihan lokasi dan target market sudah cukup mendalam, namun rupanya pembeli hanya ramai beberapa bulan setelah launching. Padahal kualitas terus terjaga dan selalu ada evaluasi.
Selain itu, sumber bahan baku berupa kelapa muda menjadi kendala tersendiri karena kualitasnya tidak selalu sama. Kualitas kelapa muda ditentukan dari kondisi cuaca dan tanah setempat. Konon rasa kelapa muda dari satu daerah ke daerah lain berbeda. Malangnya, kelapa muda pesanan seringkali tidak sesuai ekspektasi.
Manajemen yang kurang rapi dan tim yang kurang solid menyebabkan pengelolaan usaha tersebut menjadi tidak optimal. Akhirnya di saat seharusnya bisnis mulai berkembang pesat justru merosot tajam.
Aplikasi kasir yang memudahkan transaksi

SPOTS, Aplikasi Kasir yang efektif dan efisien

Jika dulu suami saya dan rekannya telah mengenal aplikasi kasir semacam SPOTS, mungkin akan lebih memudahkan dan mengurangi kerepotan manajemen. Karena dengan aplikasi tersebut, pemesanan online melalui Gojek akan lebih mudah dan menghemat waktu.
SPOTS adalah perangkat multifungsi dari GOJEK untuk semua kebutuhan pelaku UMKM di Indonesia. Dari terima pemesanan GO-FOOD, pembayaran GO-PAY, hingga laporan harian dari beragam tipe pembayaran dan cetak resi secara instan.

Mengelola laporan harian hingga cetak resi

Kabar baiknya, aplikasi ini bisa digunakan oleh siapa saja mulai dari pemilik gerobak sate, misalnya. Atau booth makanan di perkantoran, kafe kekinian, sampai usaha kuliner rumahan. SPOTS hadir untuk mendukung berkembangnya pelaku UMKM terutama dalam bidang kuliner di Indonesia.
Harganya pun cukup terjangkau, biaya aktivasi Rp. 290.000 dan biaya pemeliharaan Rp. 2.900/hari. Mudah bukan? Bisa simak di video berikut ya, Temans, supaya lebih jelas.

Itulah pentingnya memperhatikan 5 hal di atas sebelum memulai wirausaha kuliner. Selain itu, memulai usaha kuliner juga harus siap modal terutama untuk mem-backup ketika ada makanan sisa yang tidak bisa disimpan di lemari pendingin. Dan jangan lupa untuk selalu belajar pada mereka yang telah sukses dengan usaha kulinernya.
Sudah siap memulai usaha kuliner? Bravo!
Semoga bermanfaat,
*Artikel ini didukung oleh SPOTS 


15 comments:

  1. Udah sering lihat si biru ini, kirain cuma buat merchant gofood aja. Ternyata bisa untuk pembeli non gofood juga ya.

    ReplyDelete
  2. Aku baru tahu tentang aplikasi ini. Bermanfaat banget ya mbak. Terima kasih infonya ^^

    ReplyDelete
  3. Wah enak banget nih Es Campur Kelapa Muda Durian khas warung Oemah Klamud

    ReplyDelete
  4. Langsung salah fokus sama esnya. Seger banget kelihatannya

    ReplyDelete
  5. Aplikasi spot ini memnag memudahkan sekali ya untuk berjualan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, mendukung bisnis di era digital 4.0

      Delete
  6. Wah jadi pingin nyoba menggunakan aplikasi spot ini juga nih hehe

    ReplyDelete
  7. Terima kasih informasinya sangat membantu.

    ReplyDelete
  8. wah saya baru tau ternyata itu dari produknya gojek. hebat juga ya ternyata

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam