Monday, 25 November 2019

Solusi Aman Simpan Emas dengan BRANKAS ANTAM

Gambar pinjam teman :D
Sejak setahun terakhir, tepatnya sejak akhir tahun 2018 saya mulai tertarik dengan tabungan emas. Dibanding menabung uang di bank, saya mendapat insight bahwa menabung emas akan lebih menguntungkan karena nilai-nya akan sama mengikuti harga emas. Meskipun tak lepas dari ancaman inflasi, setidaknya tidak sedrastis mata uang biasa. Oke, kita sepakat dengan menabung emas adalah untuk menjaga nilai uang, ya!
Saya pun mulai mengumpulkan informasi dari teman-teman yang sudah cukup lama menyimpan emas batangan atau menabung emas baik di bank maupun di pegadaian. Saya juga menyimak tips-tips seperti dari Arli Kurnia, yang cukup make sense saat membahas tentang emas.

Masalahnya adalah, saya baru sebatas niat, belum eksekusi. Please, jangan ditertawakan ya! Kalau melakukan survey dan membeli memang pernah tapi bukan untuk saya sendiri. yah, setidaknya saya ada pengalaman membeli dan tanya  ini-itu langsung ke pegawai Butik Emas Antam.
Masalah yang dihadapi oleh kebanyakan orang (termasuk saya) adalah ingin membeli langsung emas di butik emas Antam, artinya tidak membuka tabungan emas, tetapi takut untuk menyimpannya. Kalau sudah punya bekilo-kilo sih ya ((hahaha emas berkilo-kilo coba! Iya loh, waktu saya ke butik Antam tak sengaja mencuri dengar bapak-bapak yang dengan enteng sekali beli emas 100 gram lalu bertanya apa yang 1kg ready? Owh! Jiwa missqueen saya sungguh terguncang!)) sangat worth untuk menyewa SDB (save deposit box) di bank. Sedangkan untuk yang kelas rendahan baru memulai menabung emas, lebih efektif menyimpan sendiri.
Brosur yang didapat saat survey ke Butik emas
BRANKAS PT ANTAM

Ternyata ada solusinya, loh! asli ini saya juga baru tahu, pokoknya saya masih sebatas mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya seputar emas Antam supaya makin semangat nabung untuk menebusnya. Solusinya adalah dengan menggunakan layanan BRANKAS dari Antam.
BRANKAS sendiri merupakan akronim dari BERENCANA AMAN KELOLA EMAS dengan tagline Brings you the new way of golds saving.
BRANKAS merupakan layanan pembelian dan penyimpanan emas yang ditawarkan oleh unit bisnis PT Antam. Jadi setelah kita melakukan regsitrasi BRANKAS, selanjutnya bisa melakukan transaksi via online dengan akun yang kita miliki.
Oh ya, saya sudah menanyakan terkait hal ini apakah mengandung unsur riba atau tidak, jawabannya TIDAK. Karena meskipun pembelian/penjualan dilakukan secara online, tetapi real time dengan harga emas di hari yang sama, dan emas-nya pun ada di PT Antam. Selain itu, akadnya juga menitipkan emas tersebut.  
Tersedia berbagai layanan keanggotaan mulai dari simpanan 1 gram emas hingga 10.000 gram. Biayanya pun cukup terjangkau, yakni mulai 100 ribu rupiah/tahun untuk penyimpanan emas dari 1- 100 gram.
Sebelum habis masa sewa-nya, anggota akan diingatkan kurang lebih 2 bulan sebelumnya. jika sampai tenggat waktu tidak melakukan perpanjangan, otomatis akan di-buyback oleh PT Antam dan uang penjualannya langsung ditransfer ke rekening yang didaftarkan.
Beberapa syarat dan cara Registrasi BRANKAS PT Antam:
  • Harus dilakukan di butik emas Antam, yang tersedia di berbagai kota di Indonesia
  • Memiliki KTP, NPWP, dan no rekening bank dengan nama yang sama
  • Mengisi formulir pendaftaran disertai materai 6 ribu rupiah
  • Disertai dengan pembelian minimal 1 gram
  • Membayar biaya administrasi/sewa sesuai jenis keanggotaan (minimal 100rb/tahun)
  • Setelah registrasi, anggota akan diberi nomor aktivasi dan password yang bisa diubah. Selanjutnya, pembelian dan penjualan bisa dilakukan melalui akun yang telah dimiliki.

Menurut saya, ada beberapa keuntungan mengunakan layanan BRANKAS PT Antam, yaitu:
  • Aman. Sebenarnya, kita membeli emas Antam di butik emas Antam maupun di toko emas yang menyediakan, kualitas emasnya tetap sama karena setiap kepingan emas batangan keluaran PT Antam sekarang dikemas sedemikian rupa sekaligus sertifikatnya. Penampakannya mirip dengan kartu ATM/KTP. Namun ketika membeli emas fisik tersebut, risiko kehilangannya lebih besar sehingga dengan menyewa BRANKAS menjadi pilihan tepat untuk alasan keamanan tersebut.
  • Harga beli lebih murah. Namun ketika kita akan mencetak emas, akan dikenai biaya tambahan
  • Harga jual lebih mahal. Jika buyback ke PT Antam dengan saldo di Brankas, akan mendapatkan keuntungan harga sedikit lebih mahal dibanding buyback emas fisik.

Sekali lagi, terkait riba atau tidaknya insyaAllah aman dari riba, hal ini berdasarkan hasil tanya jawab saya dengan beberapa orang yang memahami ekonomi syariah. Akadnya adalah jual beli lepas lalu dititipkan di Antam. Semoga Allah menjauhkan kami dari kesalahan dan mencari pembenaran. Aamiin...
Jika Temans punya pengalaman seputar tabungan emas baik menyimpan emas batangan, menabung di pegadaian atau di bank, dan menggunakan layanan BRANKAS di PT Antam, sharing yuk! Supaya lebih banyak insight seputar tabungan emas dan saya jadi semakin semangat nabung uang biar suatu saat bisa kebeli emas batangannya :D
Semoga bermanfaat,
Salam,

6 comments:

  1. Wah, menabung dengan menggunakan emas ini memang sangat efektif ya Mbak.

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak sudah berbagi informasi yang sangat bermanfaat ini Mbak.

    ReplyDelete
  3. Wah, saya jadi ingin nabung emas juga nih Mbak hehe.

    ReplyDelete
  4. Ternyata mudah ya Mbak untuk cara daftrarnya sendiri.

    ReplyDelete
  5. Wah, ternyata banyak banget ya Mbak keuntungan yang bisa didapatkan dari pelayanan ini.

    ReplyDelete
  6. Biayanya gak mahal, ya. Boleh juga dicoba. Soalnya kadang waswas nyimpan emas di rumah.

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam