Saturday, 26 October 2019

Tempat Wisata Jakarta yang Memiliki Nilai Bersejarah


Tempat Wisata Jakarta yang Memiliki Nilai Bersejarah
Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia menjadi pusat pemerintahan sekaligus pusat bisnis sehingga disebut sebagai kota metropolitan. Di balik kemegahan dan gedung-gedung tinggi di kota ini, ternyata tersimpan nilai sejarah dan budaya di beberapa tempat wisata Jakarta. Tempat-tempat tersebut seolah menjadi saksi bisu sejarah dari zaman penjajahan hingga Indonesia merdeka.

Selain memiliki nilai sejarah, tempat wisata sejarah di Jakarta juga dikenal dengan bangunannya yang khas dan unik sehingga banyak diburu para pecinta foto. Berikut ini beberapa tempat wisata di Jakarta yang sarat akan nilai sejarah dan terkenal dengan spot-spot foto menarik:

Ilustrasi Monas. FOTO/iStockphoto


Monumen Nasional (Monas)


Belum ke Indonesia jika belum ke Monas atau belum ke Jakarta jika belum menginjakkan kaki di Monas. Monas merupakan ikon wisata kota Jakarta dan Indonesia. Para pengunjung yang datang akan melihat bagaimana cerita perjuangan para pahlawan meraih kemerdekaan melalui diorama yang ada pada bagian bawah Monas.
Kamu juga bisa melihat panorama Kota Jakarta dengan lebih luas di atas puncak Monas dengan menaiki lift. Tersedia teropong-teropong di beberapa sudut agar para pengunjung bisa melihat pemandangan Jakarta dengan lebih jelas. Selain itu, di Monas juga terdapat api kemerdekaan dari lembaran emas di bagian puncaknya sebagai lambang semangat bangsa Indonesia.
Tiket masuk wisata ke Monas adalah Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. cukup terjangkau, bukan? Monumen Nasional buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB – 10.00 WIB setiap hari. Di sekitar Monas juga terdapat ragam kuliner yang bisa kamu cicipi.
Lokasi: Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

sumber: pesona.travel

Kota Tua

Siapa yang tidak mengenal tempat wisata instagramable di Jakarta yang satu ini. Setiap sudut dan spot bangunan yang ada di kawasan Kota Tua ini terlihat sangat unik dan khas karena merupakan peninggalan sejak zaman penjajahan.
Tempat wisata ini menyimpan banyak informasi dan barang-barang peninggalan yang disimpan di beberapa museum yang masih dalam satu kawasan. Kota Tua terdiri dari beberapa museum bersejarah seperti Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Toko Merah.
Tiket masuk masing-masing museum berbeda-beda tarifnya dan rata-rata masih di kisaran Rp2.000,00. Jam operasional museum-museum di Kota Tua mulai pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB. Namun, kawasan wisata ini selalu ramai meskipun malam hari dan kamu pun bisa menikmati berbagai pilihan kuliner yang dijajakan.
Lokasi: Tamansari, Jakarta Barat, DKI Jakarta.

sumber: kemendikbud


Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Tempat ini menjadi saksi bagaimana teks proklamasi dirumuskan oleh Presiden Soekarno dan beberapa tokoh lainnya. Kamu akan melihat beberapa perabotan kuno yang terdapat pada beberapa ruangan di museum ini. semuanya menggambarkan suasana ketika peristiwa perumusan naskah proklamasi terjadi.
Dulunya gedung ini merupakan tempat tinggal Tadashi Maeda, kemudian sempat menjadi perpustakaan nasional, hingga akhirnya diresmikan sebagai museum. Setiap ruang menyimpan cerita bersejarah tentang bagaimana proses naskah itu dirumuskan hingga akhirnya dibacakan. Selain itu, tempat bersejarah di Jakarta ini juga mengadakan program napak tilas proklamasi setiap tahunnya.
Setiap pengunjung yang datang akan dikenakan tarif tiket masuk sebesar Rp 2.000. Untuk jam operasionalnya sendiri mulai dari pukul 08.00 WIB – 16.00 WIB pada hari Selasa – Kamis dan Sabtu- Minggu, pukul 08.00 WIB – 16.30 WIB pada hari Jumat. Sedangkan untuk hari Senin museum ini libur.
Lokasi: Jalan Imam Bonjol No.1, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Jangan pernah lupakan sejarah! Begitulah kalimat bijak yang sering diungkapkan agar generasi muda tidak melupakan bagaimana perjuangan para pahlawan terdahulu dalam meraih kemerdekaan.
Dengan berkunjung ke tempat wisata Jakarta tersebut, maka diharapkan para pengunjung akan semakin tumbuh semangat nasionalismenya. Agar semakin banyak yang berkunjung ke tempat-tempat ini, jangan lupa bagikan artikel ini di media sosial kalian ya!
Semoga bermanfaat,
Salam,

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam