Wednesday, 7 August 2019

Ini Dia 10+ Hal Seru yang Tak Boleh Dilewatkan di Wonoland Wonosobo

Ini Dia 10+ Hal Seru yang Tak Boleh Dilewatkan di Wonoland 
Wonoland, Taman Rekreasi Edukasi di Wonosobo

Ada banyak tempat di Kabupaten Wonosobo yang belum saya kunjungi. Salah satunya yang sempat nge-hits di Instagram adalah Wonoland atau Wonosobo Wonderland.
Tempat wisata ini dibangun di lahan yang cukup luas. Tepatnya di Desa Andongsili Kecamatan Mojotengah. Tempat ini dulunya merupakan lokasi peternakan sapi perah. Peternakan ini pernah berjaya pada masanya namun kemudian tutup dan menyisakan kandang-kandang permanen yang berbentuk seperti rumah.
Setelah peternakan tutup didirikan Villa Omah dhuwur yang lokasinya tepat di sebelahnya. Villa ini juga pernah menjadi Villa favorit terutama untuk anak-anak SMA mengambil foto untuk album sekolah.

Sekarang hampir setiap hari pengunjung berjubel mendatangi Wonoland. Penggagasnya memang cerdik bisa memadukan pesona alam Wonosobo yang memukau dengan berbagai spot foto buatan yang menarik pengunjung. Menjawab kebutuhan kaum millenials yang haus akan eksistensi di dunia maya dengan beragam gaya selfie.
Saya mengajak anak-anak kesana karena penasaran dengan cerita teman-teman tentang tempat wisata baru ini, juga untuk menunaikan janji kepada anak-anak untuk jalan-jalan saat mudik ke tempat kakek/neneknya.
Sayangnya kami hanya hanya memiliki waktu luang saat weekend. Sabtu sore kami datang berboncengan motor dengan kakak sepupu (Makasih Budhe Jen yang baik hati dan tangguh motoran isi 4 orang :D) dan seperti yang sudah diduga, pengunjung berjubel. Nah, sebaiknya kalau datang ke sana saat tidak ramai supaya bisa lebih menikmati setiap wahana yang ada.
Untuk tempat parkir roda 2 berada di luar lokasi sedangkan kendaraan roda empat atau lebih menempati area parkir bagian dalam.
WIsata Ngehits di Wonosobo
Lucu yak desainnya :)
foto koleksi pribadi

Wonoland bisa dijangkau melalui jalur lingkar Utara. Bagi teman-teman yang dari arah Timur atau Semarang, Temanggung, Magelang dan sekitarnya bisa langsung melalui jalur alternatif Lingkar Utara, arah ke kanan setelah melewati terminal wonosobo. Selain itu saya juga dicapai melalui jalur menuju Dieng. Tak jauh dari Taman Rekreasi Kalianget, masih di kecamatan yang sama, Kecamatan Mojotengah.
Tempat ini lebih mirip dengan one stop family recreation loh, Temans. cocok sekali jika datang ke sana bersama keluarga terutama anak-anak.  bersama mereja kita bisa melakukan berbagai hal seru dan menarik.
Hanya dengan membayar rp15.000 untuk dewasa dan rp10.000 untuk anak-anak kita bisa menikmati berbagai wahana yang ada. Saat masuk ke lokasi Wonoland kita akan disambut dengan taman mungil yang dilengkapi dengan kolam ikan. Setelah membayar tiket masuk kita bisa meminjam caping yang tersedia disana dengan cuma-cuma. Seperti seorang petani beneran deh pokoknya.

Pengunjungnya ramai banget, tuh!
foto koleksi pribadi

Ini dia hal-hal seru yang tak boleh dilewatkan saat datang ke Wonoland:

1. Rabbit Feeding (Memberi Makan Kelinci)
Kelinci selalu menjadi hewan yang menarik untuk anak-anak. Selain bulunya yang lembut, binatang ini sangat jinak dan lucu. Anak-anak bisa memberi makan kelinci dengan terlebih dahulu membeli makanan kelinci seharga Rp2.000. Jika tidak ingin membeli makanan kelinci kita bisa langsung masuk ke kandang dan bermain bersama kelinci.
Wisata Memberi makan kelinci di Wonoland
Rabbit feeding
credit: Yenni Rohma

Menyenangkan sekali melihat dengan aneka warna berlompatan kesana-kemari di sekitar kandang. Sebagian kelinci di dalam kandang, sebagian lagi dibiarkan berlarian di taman berpagar pembatas. Lucu sekali loh ada kelinci yang ngumpet di dalam lorong-lorong seperti terowongan. Jika bermain kesini hati-hati karena kotoran kelinci berserakan di tanah. Tenang, petugasnya sigap kok membersihkan kotoran dan sisa-sisa makanan kelinci yang berjatuhan di tanah.

2.Bermain di Playground
Anak-anak Pasti akan sangat senang bermain di playground yang dilengkapi aneka permainan. Di Wonoland kita bisa mendapati playground yang cukup luas dengan permainan yang lengkap. Ada jembatan keseimbangan, jungkat-jungkit, perosotan, dan lain-lain. Pokoknya anak-anak dijamin akan betah di playground ini. pastikan untuk bergantian dengan pengunjung lain terutama saat ramai, ya!

Wisata Edukasi di Wonosobo
Ayok kita naik kuda...!
credit: Yeni Rohma

3.Selfie di Taman bunga
Taman bunga di dalam Wonoland ini tidaklah terlalu besar. Meski begitu cukup menarik untuk mengenalkan kepada anak tanaman bunga. Nah kalau di sini mau selfie dengan berbagai gaya juga cocok karena background nya cantik. Sebenarnya selain di taman bunga seluruh Wonoland juga dilengkapi tanaman bunga. Bunga celosia, mariegold, bunga kertas, lavender, bunga matahari, dan lain-lain menghiasi berbagai sudut dan jalan di Wonoland.
Wisata Ramah Anak di Wonosobo
si Kecil asyik main di playground, Taman bunganya yang ada landmark 'Wonoland'
credit: Yeni Rohma



4. Mengamati Kambing dan Domba
Bagi sebagian besar orang Wonosobo, kambing bukanlah hewan yang asing dan aneh. Namun tidak semua bisa berinteraksi dengan kambing secara langsung. Seperti di Taman Kelinci, di kandang kambing ini anak anak-anak bisa-bisa memberi makan kambing. Anak-anak juga bisa mengenal perbedaan kambing dan domba.

5. Bergaya di Japanese Garden
Salah satu hal yang sangat menarik di Wonoland  yakni adanya japanese garden. Taman bergaya Jepang ini mencari tempat yang paling favorit bagi pengunjung untuk mengambil foto. Ada pintu melengkung khas Jepang, pohon sakura buatan, rumah khas Jepang lengkap dengan pohon-pohon bambunya. Benar-benar terasa seperti sedang di Jepang.

Spot paling mainstream di Japanese Garden
Foto by: Yeni Rohma

Lumayanlah ya, sebelum bisa ke Jepang bisa foto-foto dulu di sini. Nah, supaya makin cocok dengan tema Japanese Garden, kita bisa menyewa kimono dengan harga yang sangat murah yakni rp20.000 untuk 30 menit. Bahkan ada beberapa kostum yang hanya dibanderol Rp15.000 saja. Kapan lagi dong bisa berfoto dengan kostum cantik dengan harga semurah itu.

Rumah Jepang
Kakak Sepupu bersama keponakan

6. Menyambangi Kebun strawberry
Terdapat kebun strawberry namun waktu itu kami tidak berkesempatan masuk ke sana karena waktu sudah sore dan anak-anak lebih tertarik melihat yang lain. Jika teman-teman ingin datang ke sana bisa banget nih mengamati strawberry bersama anak-anak.

7. Main Air di Kolam keceh
Keceh dalam bahasa Indonesia artinya main air. Jadi kolam keceh adalah semacam kolam renang namun lebih dangkal. Anak-anak bisa bermain air di sana dengan aman dengan pengawasan orang tuanya. Untuk masuk ke sini juga tidak dikenai biaya tambahan. Pastikan membawa pakaian ganti, ya! Waktu kami datang, kami belum tahu jika ada kolam keceh sehingga tidak menyiapkan pakaian ganti. Si Kakak pun ngambek karena tidak kesampaian bermain air, eh berenang katanya.

8. Indoor playground
Selain outdoor playground yang berisi aneka permainan, Wonoland juga dilengkapi dengan indoor playground. Playground di dalam ruangan ini tak kalah menarik bahkan permainannya lebih lengkap. Ada Wahana pasir seperti di pantai, spot beertema camping di alam terbuka, dan aneka permainan di atas karpet tebal. Dilengkapi juga dengan permainan balon. Untuk Wahana balon ini pengunjung dikenai biaya tambahan rp15.000. Bisa juga menyewa kaos kaki rp2.000 per pasang. Menarik bukan? Saya sih milih yang nggak ada tambahan biaya, apalagi kami masuk ke sana sudah sore, sudah menjelang waktu tutup.
Indoor playground dengan berbagai tema
foto koleksi pribadi


9. Bird Feeding in Bird Nest
Nah ada suara burung pasti anak-anak langsung tertarik. Maka kami pun menuju kandang burung yang berisi berbagai macam burung. Burung kenari, burung merpati bahkan unggas seperti ayam ketawa dan kalkun. Jika ingin memberi makan burung bisa membeli seharga Rp2.000, tak membeli makanan burung pun kita tetap boleh masuk kok, tidak ada biaya tambahan.
Kandang Burung Wonoland Wonosobo
Birdnest dan spot selfie


10. Berpetualang dengan 9D movie
Melihat iklan 9D movie saya sangat penasaran sehingga ketika turun dari wahana berakhir saya langsung menuju tulisan 9D movie.  Klaimnya 9D movie ini menampilkan film dengan berbagai macam efek seperti angin, air, dan salju. saya makin penasaran dong.... apalagi biayanya cukup murah hanya Rp10.000 per orang.
Saya sudah membatin ini pasti seperti virtual reality, dan memang sayan juga belum pernah mencoba menonton VR.
Dari luar arena dari tempat pembelian tiket terdengar suara yang sangat keras, seperti suara dari game online. Saya sempat degdegan, takut yang ditayangkan adalah film yang ‘keras’ karena saya bawa anak.
Ketika masuk kami mendapati ada 9 kursi yang berderet masing-masing tiga setiap deretnya. Saya sengaja mengambil tempat di tengah supaya si Kakak lebih nyaman. Masing-masing kami dibekali dengan 1 kacamata untuk efek filmnya. Benar saja ternyata ini film virtual reality seperti yang pernah saya lihat tayangannya di TV (tapi baru kali ini mencoba sendiri, hehe).

9D Movie di Wonoland. Bioskop 9 Dimensi di Wonosobo
Nonton 9D Movie di Wonoland

Kami diajak bertualang menaiki roller coaster dengan jalur ekstrim. Bertemu buaya, ular besar, bahkan mummy! melewati bukit, menuruni lembah yang sangat tajam dan sebagainya. Semuanya membuat semuanya berteriak ngeri, terkejut dan berdebar-debar dengan apa yang akan didapati setelahnya. Tentu rasanya seperti menaiki roller coaster dengan beragam sensasinya.
Menonton film ini hanya sekitar 10 menit tapi membuat saya pusing begitu keluar. Tapi saya tidak kapok ko, jika ada wahana seperti ini dengan tayangan yang berbeda saya ingin menaiki lagi. Jujur waktu itu saya tidak merasakan efek seperti air salju angin dan lain-lain sehingga masih penasaran untuk menjajal kembali. Worth it banget lah dengan tiket hanya sebesar Rp10.000 per orang.

11. Balon Udara dan taman bunga.
Keluar dari 9D movie kami mendapati hamparan bunga yang luas dilengkapi dengan balon ditengahnya.  Tentu saja kami tak ingin melewatkannya. Taman ini sepertinya belum usai dibangun karena ada sebagian lahan kosong yang masih digarap (atau mungkin sedang dalam proses pergantian tanaman). Meski begitu, tetap menarik perhatian pengunjung. Saat kami ke sana ada hamparan bunga lavender, celosia dan bunga kertas yang sangat cantik. Anak-anak pun antusias menuju taman untuk berfoto dengan balon dan bunga-bunganya.
Rupanya di sana ada arena panahan dan kuda. Pengunjung bisa menyewa kuda untuk berkeliling taman bunga membayar Rp15.000. Satu kuda bisa dinaiki dua anak kecil dan didampingi penjaganya.
 
Maafkan ekspresi tak terkondisikan itu
photo by: Yeni Rohma

Alhamdulillah, Keluar dari sana rasanya kami puas meski kaki pegal dan pinggang capek karena menggendong bayi. Lumayan sih untuk tempat seperti itu harga tiket masuknya sangat murah. Bisa jadi karena menyesuaikan harga di sekitar Wonosobo. Lagipula, taman ini berkonsep ramah lingkungan, banyak spot yang dibuat menggunakan bahan bekas seperti ban. Makin sukak deh! 
Saran saya jika berniat untuk datang ke Wonoland sebaiknya hindari siang hari. Meskipun udara Wonosobo sejuk, matahari nya tetap menyengat saat panas, Temans! Lebih baik datang pagi atau sore harinya. Tempat ini tutup pukul 5 sore namun sekitar pukul 4 loket pembelian sudah tidak melayani. Jadi sebaiknya kalau ke sana sebelum pukul 3 supaya bisa lebih puas menikmati seluruh wahana.

Dengar-dengar rencananya akan ada tambahan sapi dan kerbau, dan tempatnya pun akan diperluas. wow! Semoga nantinya makin ramai dan menyenangkan. 
Saya senang loh dengan adanya Wonoland ini, karena bisa menjadi alternatif  wisata di Wonosobo selain Dieng (meskipun pesona Dieng tetap tak tergantikan, sih). Tahu sendiri kan, saat musim liburan pasti jalan arah dari dan ke Dieng macet parah. Nah kalau di sekitar sini masih belum macet. Selain itu bisa juga menginap di Villa Omah Dhuwur yang masih satu manajemen dengan Wonoland.
Selain itu, tempat ini juga bisa disewa untuk acara seperti akad nikah & resepsi pernikahan, reuni, dll. Keren banget loh! yang punya impian menikah dengan tema outdoor/garden party  bisa memanfaatkan keindahan Wonoland dan Villa Omah Dhuwur. Mau mengagendakan outingclass untuk sekolah pun bisa, apalagi banyak wahana edukatif di sini.
Harga sewa Villa Oemah Dhuwur 2,5 juta/hari dan 3 juta di peak season dengan tambahan fasilitas free breakfast untuk 8 orang. Sedangkan untuk flat room, harga sewanya 350 ribu/hari dan 400rb/hari di peak season, tambahan fasilitas free breakfast untuk 2 orang.  
Semoga bermanfaat, selamat merencanakan liburan.
Salam,




Wonoland_ Wonosobo Wonderland
Taman Rekreasi Edukasi di Wonosobo
Alamat: Jl. Supardjo Rustam KM 5 Mojotengah, Wonosobo
(Jalur Lingkar Utara, Desa Andongsili)
Jam Operasional: Tiap hari (Kecuali Jumat): 08.30 – 17.00 WIB
HTM: 15.000 (Dewasa) 10.000 (Anak-anak)


25 comments:

  1. Wah seru banget nih Mbak pastinya kalau berwisata ke tempat ini dengan membawa anak

    ReplyDelete
  2. Saya jadi penasaran nih Mbak sama wahana yang berpetualang dengan 9D movie. Humm jadi pingin

    ReplyDelete
  3. Wah banyak banget nih ya Mbak wahana permainan yang ada di taman rekreasi edukasi ini

    ReplyDelete
  4. Widih, lumayan yo, mbak. Tiap masuk wahana kudu mbayar. Tapi seru banget, sih, apalagi bisa mainan langsung sama kelinci-kelinci yang lucu 😍

    ReplyDelete
  5. Kok lengkaappp buangeett ini Mbaaa Tamannya
    Baik bocil maupun emak bapaknya pasti demen dan betah di mari niiih
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  6. Wah kumplit juga ya..anak2 bisa mengenal sebagian flora & fauna di sini..

    ReplyDelete
  7. Banyak kegiatan positif diluar pepotoan yang bisa dilakukan di Wonoland ya, bahkan bisa nonton 9D movie dan ala2 Jepang juga. Yang baca aja ikut merasakan keseruannya, apalagi yang berkunjung.

    ReplyDelete
  8. Ya ampun, seru banget ya ternyata wonoland ini. Harga tiketnya pun murce mursidah nih

    ReplyDelete
  9. Waaah keren aku jadi keinget anakku pingin ke taman kelinci, apalagi ada kebun strawberry nya, mupeng alamatnya catat utk liburan Dewi ke sana sama keluarga. Makasih mbak infonya

    ReplyDelete
  10. asiknya kalo ajak anak-anak ya mba, back to nature sekalian belajar, feeding animal juga mengenal tanaman yang ada disana.

    ReplyDelete
  11. Seakan ada di lautan bunga ya berada di taman bunga. Balion udaranya seperti apa mbak? Menarik juga ya konsep tempat wisatanya & harganya juga gak mahal

    ReplyDelete
  12. Aku baru denger ttg Wonoland ini, Mbak. Baru ya? Harga tiket masuknya lumayan murah. Dimana-mana sekarang udah banyak yang buka tempat rekreasi seperti ini ya. Menarik juga :)

    ReplyDelete
  13. Seruuu... monoland nya seru. Banyak spot buat foto selfinya. Dan anak2ku kayaknya bakalan betah pas ngasi makan binatang2 itu deh

    ReplyDelete
  14. Asiknya jalan-jalan ke Wonoland.
    Lumayan yaa...tiap tempat wisata di hargai masing-masing.
    Jadi kalau capek, tinggal istirahat dulu, ga perlu memaksakan diri ke semua tempat dalam satu waktu.

    ReplyDelete
  15. super lengkap ini mah namanya ya kak, beneran banyak banget yang bisa dilakukan barenga keluarga di sini, jai pengen liburan juga aku... hehehe...

    ReplyDelete
  16. Fotonya bagus ya mak menggambarkan suasana Wonoland banget sayang ya sepertinya agak mendung ya mbak itu foto gerbang masuknya

    ReplyDelete
  17. Wonosobo ini salah satu kota yang pengen aku kunjungi mbak, info dari teman aku yang orangtua disana.. kalo pulang kampung duh jadi momen yang palin ditunggu banget, betah dan ngga mau balik ke Jakarta katanya hehe.. dan sekarang sudah ada wonoland taman rekreasi edukasi ya.. wah jadi pengen ke wonosobo segera nih

    ReplyDelete
  18. Waaah belum pernah kesini. Kalau di Wonosobo cuma muter2 aja makan, nggak tau ada Wonoland. Makasih infonya.

    ReplyDelete
  19. Wuih lengkap ya ada lokasi outdoor dengan spot2 kece buat foto2 dan ada playground indoor jg buat anak2. Namanya juga lucu sekali Wonoland,kreatif nih yang punya ide bikin lokasi wisata keluarga kyk gini. LOkasinya di Wonosobo ya mbak? Noted.

    ReplyDelete
  20. Wah ini cucok banget buat liburan keluarga yak..anak2 mah pasti hape nih...

    ReplyDelete
  21. kereeen nih mba ada wono land. Aku belum pernah mampir ke3 Wonoland nig..seru dan asyik buat anak - anak yaa mba

    ReplyDelete
  22. wah, seru ya ada taman rekreasi edukatif untuk anak-anak di wonosobo.
    asik banget ngajakin anak2 untuk bersenang-senang di sana.

    ReplyDelete
  23. Waaaah asyik banget ini.. Jadi pengen ngajak anak-anak kesini kalo liburan sekolah nanti. Makasih referensinya mbak

    ReplyDelete
  24. Keren juga ya ada 9D movienya, Faris kalau diajak ke sini pasti seneng. Simpen ah, ntar kapan-kapan kalau pas ke Wonosobo kudu nyobain.

    ReplyDelete
  25. gemas banget konsepnya.ada yang kembali ke alam ada juga yang kekinian..keren

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam