Wednesday, 26 June 2019

5 Kebiasaan yang Berdampak Buruk Bagi Mesin Cuci

5 Kebiasaan yang Berdampak Buruk Bagi Mesin Cuci

Assalamu’alaikum, Temans!
Mesin cuci, selalu jadi sahabat setia yang memudahkan urusan domestik bagian sandang. Yuk, siapa yang merasa diuntungkan dengan teknologi alat rumah tangga ini, teriak ‘yes!’ bareng-bareng. Dulu, saya tidak pernah mengenal mesin cuci, hanya sesekali menggunakan mesin cuci saat berkunjung ke tempat saudara. Saat itu saya menggap mesin cuci adalah barang mewah namun belum ada keinginan untuk memilikinya. Saya menganggap mencuci dengan tangan lebih bersih dibanding menggunakan mesin cuci. Saat ini, saya menyerah pada kemudahan dan efektivitasnya.
Btw apa merek mesin cuci yang kamu punya, Temans?
Ada banyak merek mesin cuci ternama di pasaran. Kita pasti akan dibuat bingung untuk menentukan harus pilih yang mana. Daripada bingung, bagaimana kalau memilih mesin cuci dari LG? Harga mesin cuci LG terbaru sangat terjangkau sehingga keuangan kita akan tetap aman.

Meskipun memiliki harga yang terjangkau, bukan berarti mesin cuci LG memiliki kualitas yang murahan. Sebagai salah satu perusahaan elektronik ternama, LG tetap mengedepankan kualitas namun dengan harga yang bersaing. Perusahaan ini tahu dengan baik cara memanjakan konsumen mereka. Siapa yang akan menolak barang elektronik dengan harga murah tapi dengan kualitas istimewa? Ibu-ibu paling paham urusan begini.
Sebaik-baiknya kualitas yang diberikan oleh perusahaan, tidak ada artinya jika kita menggunakannya secara sembarangan. Hal tersebut akan berakibat mesin cuci cepat rusak dan tidak tahan lama. Padahal garansi juga tidak menanggung kerusakan yang diakibatkan oleh penggunaan yang sembarangan.

Kebiasaan yang Membuat Mesin Cuci Mudah Rusak

Tidak usah berbicara mengenai kerusakan fatal yang diakibatkan kelalaian kita dalam penggunaan. Mari kita berbicara tentang kebiasaan-kebiasaan kecil yang ternyata berdampak buruk bagi mesin cuci . kebiasaan yang mungkin seringkali kita lakukan dan tidak disadari dampaknya. Dilakukan sekali dua kali mungkin tidak berdampak buruk. Tapi kalau dilakukan setiap hari atau setiap kali mencuci, dampak buruk itu pasti akan muncul juga.
Sebelum mencari tahu harga mesin cuci LG terbaru, sebaiknya kita mencari tahu lebih dulu kebiasaan-kebiasaan yang berdampak buruk bagi mesin cuci hingga bisa menyebabkan kerusakan. Selengkapnya berikut ini :

1. Pintu mesin cuci tidak dibuka ketika sedang mengisi air

Kebiasaan pertama, tidak membuka pintu mesin cuci ketika sedang mengisi air. Dampak buruk yang bisa terjadi karena kebiasaan ini adalah tumbuhnya jamur. Ketika mengisi air dan pintunya tertutup, suhu di dalam tabung akan lembab yang memicu tumbuhnya jamur. Karena itulah, untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya membuka pintu mesin cuci ketika sedang mengisi air.

2. Saringan air tidak pernah dibersihkan

Kebiasaan kedua, tidak pernah membersihkan saringan air atau filter. Saringan berfungsi sebagai penyaring kotoran. Jika tidak dibersihkan, kotoran akan menumpuk pada filter. Akibatnya, mesin cuci tidak bisa bekerja secara optimal.

 3. Menggunakan air biasa ketika membersihkan bagian dalam mesin cuci

Kebiasaan ketiga, menggunakan air biasa ketika membersihkan bagian dalam mesin cuci. Tahukah Temans, air biasa saja tidak cukup. Kita perlu menggunakan air panas untuk mengangkat kotoran, kuman, dan jamur yang menempel di tabung mesin cuci.
Jika sudah bisa membersihkan mesin cuci dengan cara yang benar, kita bisa mencari tahu harga mesin cuci LG terbaru dan membelinya untuk menggantikan mesin cuci lama. Bagaimana? :P

4. Kotak deterjen tidak dibersihkan

Kebiasaan keempat, tidak membersihkan kotak deterjen. Ada sisa-sisa deterjen yang menempel dan lengket yang perlu dibersihkan. Jika tidak dibersihkan, akan menyumbat saluran yang ada sehingga mesin cuci tidak bisa bekerja optimal.

5. Mengisi tabung cuci melebihi kapasitas maksimal

Kebiasaan kelima, mengisi tabung cuci melebihi kapasitas maksimal. Hal ini berisiko merusak mesin karena mesin cuci dipaksa bekerja terlalu berat. Beri ruang setidaknya 25% agar mesin tetap bekerja sesuai kapasitasnya.

Baca: Tips Baju Rapi Tanpa Setrika  
Demikian lima kebiasaan yang mungkin seringkali dilakukan yang berakibat buruk bagi mesin cuci. Hilangkan kebiasan buruk tersebut ya! Jika kebiasaan ini tetap dipelihara, secanggih apapun mesin cuci yang kita miliki akan cepat rusak karena kesalahan kita sendiri.
Ibu mertua saya orang yang sangat rajin dan teliti memelihara barang. Kebanyakan barang elektronik di rumah berusia hingga belasan tahun. Kulkas bahkan berusia 23 tahun sebelum beliau menggantinya dengan yang baru karena rusak setelah terkena banjir. Sedangkan mesin cucinya bertahan hingga 11 tahun. Itu karena beliau selalu memperhatikan cara penggunaannya dan tidak pernah melebihi kapasitas.
Nah, karena sudah tahu mengenai kebiasaan buruk yang sebaiknya tidak dilakukan lagi, sekarang saatnya mencari tahu harga mesin cuci LG terbaru. Kita bisa mencarinya di laman belanja online Bukalapak. Ada banyak jenis mesin cuci LG terbaru tersedia di Bukalapak. Beli mesin cuci LG-nya lewat Bukalapak saja ya! jangan beli di tempat lain, hehe. Selain bisa mendapatkan harga yang sesuai kantong, kita juga masih berkesempatan untuk mendapatkan promo menarik.
Semoga bermanfaat,
Salam,

9 comments:

  1. Waduh bener banget tuh Mbak, apalagi kalau lama tidak dibersihkan

    ReplyDelete
  2. Wah ternyata kalau keseringan mengisi tabung cuci melebihi kapasitas maksimal, bisa cepat rusak ya Mbak

    ReplyDelete
  3. Wah bener banget tuh Mbak. Sebisa mungkin mesin cucinya memang harus dibersihkan

    ReplyDelete
  4. Saya biasanya kalau membersihkan menggunakan air biasa nih. Salah berarti ya Mbak

    ReplyDelete
  5. Terkadang kalau badan sudah lelah. Saya nggak ada waktu nih buat membersihkan hehe

    ReplyDelete
  6. Jadi nambah pengetahuan mengenai jaga mesin cuci. Kalau suamiku itu gak membiarkan aku untuk cuci pakai tangan lagi kak. Katanya kasihan capek sekali dan kami membeli mesin cuci. Memang sih murah namun juga kalau bisa di rawat dan pemakaian diperhatikan insyaallah juga bakalan tahan lama kan mba. Apalagi sering dibersihkan. Kadang itu yang membuat aku lupa hehehe

    ReplyDelete
  7. Wah aku malah baru tau kalau harus dibuka tutupnya pas ngisi air. Artikelnya bener2 bermanfaat nih aku jadi tau tentang ini, selama ini kayanya ga terlalu memperhatikan semua yg ada di list.huhu Makasih yah kak

    ReplyDelete
  8. Aku baru tau nih tips2 nya. Bermanfaat bgt ya, hal sederhana tapi kalau rutin diterapkan bermanfaat bgt.

    ReplyDelete
  9. Ikut menambahkan Mbak, mengisi softener di tempat softener (sisi tabung) jg membuat cpt rusak. Mempercepat tumbuh jamur 😂 jd lebih aman kasih softener saat lagi membilas

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam