Thursday, 14 February 2019

Tips Membeli Minuman Sehat secara Online



You are what you eat.
Ada yang setuju dengan ungkapan tersebut? Saya sih yes! Entah Mas Anang, eh!
Gaya hidup sehat sangat menentukan kualitas hidup kita. Ketika jiwa dan raga sehat dan selaras, maka hati menjadi lebih bahagia dan tenang. Sebagaimana juga slogan men sana in corpore sano alias di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.
Pernah membuktikannya? Kita ambil contoh sederhana. Seseorang telah rutin mengonsumsi cukup sayur dan buah sebagai sumber vitamin dan serat, namun ada suatu kondisi yang menyebabkannya tidak bisa melakukan kebiasaannya tersebut. Pasti tubuh akan bereaksi terhadap aktivitas yang berbeda. Efeknya, bisa timbul sembelit, perut begah, rasa kantuk berlebih, dan lain-lain. Hal ini pasti akan berakibat pada menurunnya produktivitas.

Saya juga merasakannya ketika mulai rutin mengonsumsi infused water. Biasanya saya membuat lemon infused water karena lemon paling mudah didapatkan dan lebih awet dibanding strawberry atau kiwi. Setelah rutin mengonsumsi, pencernaan menjadi lebih lancar dan badan pun terasa lebih segar. Beda sekali ketika dalam sehari saya tidak minum infused water, dan hanya minum kopi serta banyak air putih. FYI, saya belum bisa 100% meninggalkan kopi dan teh, setidaknya berusaha mengurangi perlahan-lahan.
Ngomong-ngomong soal minuman sehat semacam infused water atau yang terbuat dari bahan alami lainnya, saat ini kita bisa dengan mudah mendapatkannya di marketplace langganan kita, misalnya di Shopee. Shopee menyediakan juga aneka minuman sehat yang bisa kita pilih, seperti yang saya rekomendasikan yakni teh rosela, dan minuman lidah buaya.



Tips Membeli Minuman Sehat Online
Sebelum memutuskan untuk membeli minuman sehat secara online melalui marketplace kesayangan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu:
1. Pastikan toko yang kita pilih adalah toko yang kredibel. Sebenarnya hal ini berlaku saat kita akan belanja online produk apa pun. Memilih toko yang terpercaya sangat penting karena berkaitan dengan kualitas barang jualan serta untuk menghindarkan dari penipuan.
2. Pastikan produk yang akan kita beli adalah produk asli, bukan KW atau barang palsu. Caranya adalah dengan membaca review dan ciri yang menonjol dari produk tersebut, misalnya melalui kemasan.
3. Memastikan masa kadaluarsa produk masih cukup panjang. Kita harus memastikan hal ini terutama jika membeli dalam jumlah banyak dan akan disimpan, sehingga lebih aman dan tidak terbuang percuma nantinya. Untuk produk dengan masa kadaluarsa yang singkat, pastikan juga masa pengiriman ke alamat kita tidak terlalu lama sehingga tidak memotong masa kadaluarsa produk tersebut.
4. Perhatikan dengan jelas komposisi dari produk yang akan dibeli. Jika terdapat bahan yang berbahaya atau kontra indikasi dengan kondisi kesehatan kita, sebaiknya hindari.
5. Mintalah informasi detail kepada penjual mengenai nomor izin PIRT, BPOM, dan sertifikat halal MUI. Hal ini juga untuk memastikan bahwa produk tersebut terbuat dari bahan yang aman dan telah mendapat izin edar.
6. Berhubung belanja online berkaitan juga dengan pengiriman barang tersebut sampai ke alamat pembeli, maka penting untuk diperhatikan juga mengenai jenis kemasan dan isinya. Misalnya barang berbentuk cair dalam botol akan lebih sulit dalam proses pengiriman dibanding barang padat atau serbuk dalam kemasan.

Manfaat dan Rekomendasi Minuman Sehat
Ada dua minuman sehat yang saya rekomendasikan untuk belanja secara online, yaitu rosella dan lidah buaya. Rosella berbentuk teh (bunga kering) maupun teh rosella siap minum bisa kita pilih sesuai kebutuhan dan kemudahan pengiriman. Sedangkan minuman lidah buaya, karena bentuknya cair, kita harus benar-benar memperhatikan pengirimannya, karena akan lebih berat dan pengemasannya pun harus ekstra hati-hati.



MANFAAT BUNGA ROSELLA
Menurut berbagai sumber, bunga rosella memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, yaitu:
1. Mengatasi infeksi dan peradangan
Kandungan vitamin C yang cukup tinggi pada bunga rosella sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan Vitamin C tersebut juga bersifat antibakteri dan antiinflamasi sehingga bisa mengobati penyakit karena infeksi dan peradangan. Selain itu, bunga rosella bisa meredakan nyeri haid, demam,, batuk, pilek, dan lainnya.
2. Mengurangi rasa cemas dan depresi
Hal ini karena bunga rosella mengandung flavonoid yang bisa membuat seseorang merasa nyaman dan tenang.
3. Mencegah tumor dan kanker
Buka rosella bisa membantu mencegah tumor dan kanker karena mengandung zat antioksidan dan antikarsinogenik.
4. Menjaga kesehatan pencernaan
Bunga rosella bisa meningkatkan dan menjaga kesehatan saluran pencernaan. Terbukti mengonsumsi teh rosella bisa melancarkan buang air besar sehingga bisa mengatasi sembelit atau sulit buang air besar.
5. Menjaga kesehatan organ hati
Bunga rosella mampu membantu menjaga kesehatan organ hati karena kandungan antioksidan-nya yang cukup tinggi. Antioksidan tersebut bisa menangkal radikal bebas dan menetralisir racun sehingga kerja organ hati menjadi lebih ringan.
6. Menurunkan kadar lipid darah
7. Menurunkan tekanan darah
Mengonsumsi bunga rosella bisa membantu menjaga tekanan darah menjadi normal. Oleh karena itu, sangat baik untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi.
8. Menurunkan berat badan
Kabar gembira untuk yang memiliki masalah kelebihan berat badan atau obesitas, karena dengan rutin mengonsumsi bunga rosella, bisa membantRosella juga memainkan perannya sebagai teh  menurunkan berat badan.
Bunga rosella bisa menghambat produksi amilase sehingga akan menurunkan penyerapan glukosa dan pati. Jika penyerapan glukosa dan pati mengalami penurunan maka ini bisa menurunkan asupan kalori pada tubuh dan pada akhirnya bisa mengurangi berat badan.



MANFAAT LIDAH BUAYA/ALOE VERA
Beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan yang disarikan dari berbagai sumber:
1. Menyembuhkan ruam dan iritasi kulit
2. Mengobati luka bakar
3. Menyembuhkan luka
4. Melembabkan rambut dan kulit kepala
5. Mengobati sembelit
6. Membantu sistem pencernaan
7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
8. Antioksidan dan mengurangi peradangan
9. Menurunkan gula darah
Well, ternyata banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi minuman sehat. So, kalau bisa menerapkan gaya hidup sehat, kenapa tidak? minimal dengan kembali rutin minum air putih 2 liter/hari. Selain itu, memperhatikan asupan nutrisi seimbang dan suplemen jika dirasa perlu.
Semoga bermanfaat,
Salam,

8 comments:

  1. Banyak ya manfaat bunga Rosella, jadi pingin nanem juga nih, di rumah...

    ReplyDelete
  2. Thanks infonya,sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  3. Saya juga suka belanja online, tapi belum pernah mencoba beli minuman sehat. Makasih tipsnya, Mbak

    ReplyDelete
  4. Saya blm pernah mengkonsumsi minuman dari Rosella..ternyata banyak manfaatnya ya..

    ReplyDelete
  5. Aku sering gunakan lidah buaya buat luka, dimakan, jadiin masker, sampai ditempelin kulit dan buat rambut. Emang byk banget khasiatnya ya. Btw blm pernah beli minuman ol mbk

    ReplyDelete
  6. Thanks infonya mb... btw gimana ya rasa minuman lidah buaya? #penasaran :)

    ReplyDelete
  7. Saya juga suka minum teh rosella, rasanya kecut... demi tubuh kurus sih :D

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam