Friday, 1 February 2019

Rekomendasi 3 Shade Lipstick & Lipcream untuk Kulit Gelap dan Bibir Pigmented



Halo, kali ini mau nepatin janji untuk nulis review ala-ala tentang lipstik yang cocok untuk kulit gelap atau kulit sawo matang, dan bibir pigmented. Yup! Saya berkulit gelap, bibir pigmented dan cenderung tebal. Sesuatu yang dulu pernah bikin saya minderan tapi sekarang nggak lagi.
Oke, lanjut tentang pemulas bibir yak!
Sebelumnya saya sangat anti menggunakan pemulas bibir apapaun. Sekalinya saya pakai lipen adalah saat wisuda, dengan riasan sederhana oleh adik kelas dan alat tempur (baca: make up) miliknya. Setelah itu, wajah saya kembali full make up saat saya menikah. Berhubung tidak pernah memakai makeup full di wajah, rasanya sangat tidak nyaman dan wajah terasa tebal.

Saya mulai membeli lipstik sejak menjelang menikah. Sebelumnya hanya menggunakan lipgloss/hydrogloss dari brand favorit saya. Waktu itu saya membeli lipstik warna nude, nuansa pink-oren yang lembut sekali. saat saya aplikasikan di tangan untuk mencoba tes warnanya, saya sangat suka. Ternyata begitu saya cobakan di bibir, yang ada wajah saya berubah pucat dan saya lebih mirip orang sakit dibanding menjadi lebih ceria karena pulasan lipstik.
Jadilah lipstik itu nganggur, hanya sesekali saya pakai dengan dikombinasikan bersama hydrogloss yang jika dipakai terlihat seperti lipstik warna soft orange.
Saya mulai mencoba menggunakan lisptik justru setelah Hasna mulai tumbuh besar dan sering mengikuti kegiatan bersama keluarga besar dan teman-teman. Saya datang ke toko kosmetik, meminta rekomendasi warna lisptik yang cocok dengan kulit gelap saya. Oleh SPG-nya, saya diberikan lipstik Wardah eksclusive matte shade 9 (kalau tidak salah) dengan warna yang cenderung marun. ‘oles tipis-tipis aja, pasti hasilnya bagus,’ begitu pesan SPG. Namun ketika saya aplikasikan di bibir, serta merta suami melarang saya memakainya kecuali di dalam rumah. Daripada ribet dan berakhir seperti lipstik nude saya, akhirnya lipstik itu saya jual murah. Hihi. Aslinya memang cakep warnanya, hanya saya yang tidak terbiasa menggunakan warna merah, lebih-lebih prinsip saya tak ingin tabarruj, menarik perhatian.
Well, akhirnya saya membeli lagi dan memilih shade speach-less dengan warna peach yang soft. Yeaaay! Kusenang karena akhirnya ada warna lisptik yang cocok untuk saya. Tentu, saya memakainya pun hanya tipis-tipis sekadar untuk menyamarkan bibir yang pucat dan menghitam.
Dan... inilah 3 Lipstik dan lipcream yang cocok untuk kulit sawo matang dan bibir pigmented saya. Tapi mohon maaf sebelumnya, saya tidak akan membagi swatch lipstiknya baik di bibir maupun di tangan, hehe. harap maklum, yes.


WARDAH INTENCE MATTE LIPSTICK shade Socialite peach
Sebenarnya ini warna keluaran lama, saya tidak update apakah masih keluar warna ini atu tidak. tapi, di exclusive lipcream-nya pun ada warna nuansa peach yang tak kalah apik dengan ini. warnanya soft, dan kalau saya memilih untuk memoleskan tipis-tipis. Sayangnya karena matte memang membuat bibir kering, dan tak lama akan pecah. Lipstik Wardah yang ini juga masih belum transfer-proof.

WARDAH EXCLUSIVE MATTE LIPCREAM Shade Mauve on
Sejak saya membaca review seorang mom blogger tentang warna-warna Wardah Exclusive matte lipcream, saya langsung tertarik namun masih banyak alasan untuk mencobanya. Barulah saya membeli setelah beberapa teman juga merekomendasikan. Seperti biasa, saya datang ke toko kosmetik kesayangan lalu meminta rekomendasi warna yang cocok.
Shade ini aja, Mbak. Ini best seller,” begitu jawab si Mbak SPG saat saya tanya seri wardah lipceram yang cocok untuk kulit dan bibir saya.
Oke, pilihan saya jatuh pada saran si Mbak. Kali ini saya berharap tidak salah pilih (lagi), karena memang warnanya soft, nude tapi lebih berwarna dibanding pilihan saya waktu pertama kali membeli lipstik dulu.
Setelah saya coba, ternyata hasilnya kecee...! aih, saya berbinar-binar di depan cermin. Warna mauve memang seperti dusty pink, sedikit lebih gelap dengan sentuhan warna ungu yang tidak terlalu kentara.
Kalau kata wiki sih, yang betul mauve itu begini: Mauve (/ˈmoʊv/, mohv) adalah sebuah warna ungu pucat yang mengambil nama dari bunga mallow (Perancis: mauve). Pemakaian pertama dari kata mauve sebagai sebuah warna adalah dalam edisi 1796–98 dari Oxford English Dictionary, namun tampaknya masih jarang dipakai sebelum 1859.
Pantaslah jika dibilang cocok untuk semua warna kulit, jika saya pakai, wajah terlihat lebih cerah dan warnanya bisa meng-cover bibir pigmented saya. Makanya jika pakai ini saya juga hanya pulas tipis-tipis. Yang lebih penting, suami saya suka dan mengizinkan saya menggunakan warna ini. alhamdulillah...


PURBASARI Hi-Matte Lipcream Shade 9 Ixia
Pertama kali mengenal Purbasari Hi-matte lipceram setelah teman-teman blogger Semarang mengikuti kegiatan yang diadakan oleh brand kosmetik tersebut. Dalam acara itu, dikenalkan juga seri baru dari varian Purbasari hi-matte lipcream yang sebelumnya telah mengeluarkan 5 warna. Saya pun kepincut untuk mencoba salah satu shade nuansa coklat yang sepertinya cocok dengan warna kulit saya.
Mba Untari, blogger Semarang berbaik hati membagi lipcream shade Ixia untuk saya. Dan wow! Begitu sampai di tangan, langsung saya coba dan hasilnya saya suka sekali, karena di bibir saya tidak terlihat menggunakan pemulas bibir. Hanya terlihat warna coklat lembut dan tipis dan membuat bibir terlihat lebih cerah.
Sebenarnya, warna ini kurang cocok untuk bibir pigmented, lebih cocok shade di atasnya yang satu tone lebih gelap. Namun wagi saya yang tidak suka warna-warni, shade ini justru sangat pas. Saya pun pede untuk meggunakannya sehari-hari dalam segala suasana. Jadilah lipcream ini yang sekarang menjadi favorit. Sayang pernah hilang dan akhirnya saya beli lagi warna yang sama. Wkwkwkwk.
Tambahan lagi, warnanya lebih cepat memudar dibanding wardah lipceram, sehingga jika pergi ke acara yang ada makan-makannya, sebaiknya dipulas ulang. Umm... kalau saya sih kadang lupa aplikasikan lipstik lagi, cuek aja sepanjang acara. Hihi.

Oke, ini sekadar review ala-ala aja, yes! Barangkali ada yang butuh rekomendasi warna yang cocok untuk kulitnya.
Oia, saya pernah melihat tayangan yang mengatakan bahwa tips memilih warna lipstik yang cocok itu seperti tips memilih baju/make-up yang cocok dengan wajah.
Caranya dengan melihat undertone kulit kita. Yaitu dengan ‘mengintip’ warna dominan pembuluh darah di pergelangan tangan. Jika warna dominannya biru maka kulitnya cool tone. Warna cool tone lebih cocok dengan warna-warna nuansa adem seperti biru, pink, ungu, dll. Sedangkan jika warna dominannya adalah warna hijau, maka kulitnya warm tone, yang lebih cocok menggunakan warna nuansa hangat seperti krem, kuning, oranye, dll. Untuk yang mendapat kelebihan warna biru dan hijau-nya seimbang, kulitnya dikatakan netral. Warna ini cenderung cocok menggunakan warna apapun. Asyik kan? Ini berlaku juga untuk memilih warna baju/kerudung, ya.
Semoga bermanfaat,
Salam,

5 comments:

  1. Bagus banget yah Purbasari Hi-Matte Lipcream Shade 9 Ixia. Aku jadi pingin beli juga nih wkwk

    ReplyDelete
  2. Keren banget yah PURBASARI Hi-Matte Lipcream Shade 9 Ixia

    ReplyDelete
  3. Wah cocok tuh lipsticknya buat yang kulit gelap

    ReplyDelete
  4. Terima kasih rekomendasinya kak, aku jadi nggak usah bingung lagi nih sekarang mau memakai lipstick apa hehe

    ReplyDelete
  5. Bagus sekali ya kak PURBASARI Hi-Matte Lipcream Shade 9 Ixia. Pilihan warnanya juga banyak

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam