Wednesday, 19 December 2018

Target #2019TetapNgeblog Ala IstanArina



Setelah kemarin-kemarin ramai orang menggunakan tagar #2019GantiPresiden saya mau buat tagar untuk menyemangati diri sendiri yakni #2019TetapNgeblog
Yes, saya masih merasa nyaman dan mendapatkan banyak manfaat bin keuntungan dari aktivitas ngeblog saya. Apalagi suami juga memberikan support yang tidak sedikit, mulai dari yang belikan domain, nyettingin, antar ke sana ke mari untuk mencari ide menulis, jagain anak kalau saya ada event, juga momong saat saya kejar deadline seperti sekarang ini, juga menepis stigma orang tentang ‘ibu rumah tangga yang nganggur di rumah’. Alhamdulillah, meskipun kalau saya sibuk nulis juga kadang dicemberutin. Muehehehe.
Mumpung 2018 belum berlalu, saya ingin membuat wishlist dan target blogging saya di tahun depan, tahun 2019. Sebenarnya tahun depan Hasna akan naik ke TK B dan Salsa pasti sudah lebih aktif. Artinya saya akan lebih sibuk dengan anak-anak. Namun saya juga harus punya target supaya lebih semangat untuk meraih semuanya semampu saya nanti.
Oke, ini dia 5 target saya:

1. Punya Domain Baru untuk Blog Lama
Lucu ya, blog lama malah domainnya masih numpang di blogspot. Trus juga dianggurin karena saya lebih banyak fokus ke blog yang sudah menggunakan domain TLD ini.
Btw tadi saya sempat berniat mengisi google doc yang tersebar untuk merekrut mom blogger mengikuti campaign salah satu produk susu anak. Saya niatkan untuk mengikuti program tersebut dengan blog www.istanarina.blogspot.com yang baru-baru ini saya ganti namanya menjadi ‘The Kurnia’s Journey’. Namun saya mundur teratur saat diminta data statistik pengunjung blog. Malu, Buk... pengunjungnya hanya seuprit. Baiklah, besok saya semedi dulu untuk meyakinkan diri.
Sebenarnya sudah sejak beberapa bulan yang lalu saya berniat membeli domain untuk blog lama saya tersebut, namun karena uang terpakai untuk yang lain jadinya ke-pending. Padahal blog-nya sudah dipoles sama Mba Untari juga.
Semoga sebelum tahun ini berakhir saya sudah bisa beli domain baru, atau paling tidak awal tahun depan. Aamiin. Mohon doanya ya, Temans. Oia, ada yang mau memberi masukan, nama domainnya istanarina(dot)com atau kurniafamily(dot)com, saya masih bingung.. hihi.

2. Rajin Posting Update Content Blog
Hm.. setelah punya domain TLD baru wajib banget jadi rajin posting, supaya blog-nya jadi investasi dan bisa balik modal. Hahaha otaknya udah komersil banget inih, ga mau rugi. Berharap banget bisa posting minimal 2 untuk blog ‘The Kurnia’s Journey’ dan 4 untuk blog IstanArina.

3. Kelola Blog Niche Parenting
Ini juga blog yang lama, loh. Berhubung dulu saya kebingungan mau mengelola 2 blog, akhirnya blog lama saya (rencananya) untuk niche parenting. Yah, parenting ala-ala sih karena saya juga masih belajar. Palingan seputar pengalaman bersama 2 bocah, jalan-jalan bareng mereka yang ada konten edukasinya, review produk anak, review buku parenting dan buku anak.
Untuk blog ini, tetap menjadi sarana curhat alias blog gado-gado yang kerennya disebut lifestyle blog.

4. Belajar Ngeblog Pakai Bahasa Inggris
Sebenarnya saya malu sekali mengakui diri saya lulusan Sastra Inggris Undip. Habisnya ilmu seputar Bahasa Inggris seakan sudah menguap. Sekarang dengar orang ngomong Bahasa Inggris sudah terasa sangat asing (lagi). Makanya berniat sekali untuk belajar lagi, setidaknya untuk written dulu lah, sebelum mencoba lagi ngomong English.
Pernah mendapat saran dari Momtraveler Mba Muna, supaya mulai menulis dalam bahasa Inggris lagi. Namun sampai sekarang belum terlaksana. Bismillah, semoga bisa mulai tahun depan. Kalaupun saya belum PD untuk posting di blog ini, semoga bisa posting di blog dummy dulu sambil menata hati. Uhuy!

5. Serius Kelola Blog Kisah Ta’aruf
Saya mau ngaku nih, saya punya beberapa blog yang saya buat karena alasan tertentu. Sebian karena niat mengumpulkan cerita, sebagian untuk curhat, sebagian lagi untuk membantu adik-adik saya. Nyatanya, hampir semuanya vakum.
Nah, beberapa waktu yang lalu saya ikut program Nulis Buku Bareng Pejuang Literasi, temanya tentang ‘Ta’aruf’. Sekarang bukunya sedang proses editing, cover sudah jadi. Semoga sebentar lagi bisa launching dan dibuka Pre-Order-nya. Nanti beli ya, Temans, tunggu saya share infonya di medsos. hehe.
Setelah proyek tersebut, jadi jadi terpikir untuk kembali serius mengelola blog ta’aruf. Apalagi ketika saya buka file, ternyata masih banyak kisah nyata yang saya dapatkan langsung dari orang yang ta’aruf dan belum saya tuliskan. Bismillah, semoga bisa menuliskan dan terkelola dengan baik sehingga bisa bermanfaat. Amiin..
Oke, itu target sederhana saya terkait ngeblog tahun depan. Semoga bisa konsisten dan tetap terjaga semangat untuk menulis dan berbagi.
Semangat juga, Temans! kalau saya lelah tolong disemangatin juga ya.
Salam,

2 comments:

  1. Wah sama ya mbak, klu lagi nulis juga kadanh dicemberutin 😁😁😁

    Semoga semua targetnya tercapai ya mbak :)

    ReplyDelete
  2. Semoga targetnya tercapai semua ya mbak, jangan lupa berkunjung balik dan follow back ya mbak

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam