Tuesday, 18 December 2018

Sering Online, Inilah 5 Situs Berfaedah yang Sering Saya Kunjungi



Dalam suatu seminar, saya pernah mendengar hasil penelitian bahwa rata-rata orang Indonesia menyalakan ponsel pintarnya sebanyak 150 kali dalam sehari. Praktis setiap 10 menit sekali rata-rata warganet membuka ponselnya untuk mengecek notifikasi WAG, mencari informasi, atau sekadar membunuh waktu saat tidak ada kegiatan lain.
Kalau Temans, kira-kira sesuai dengan penilitian tersebut apa tidak? kalau saya sih iya *tutupmuka. Apalagi saat di rumah nglangiut tidak ada kegiatan, saya selalu pegang ponsel nyari job dan chatting sama teman. Selain itu saya mencari informasi yang biasanya saya butuhkan. Dan inilah 5 situs yang sering saya kunjungi.

1. Rumaysho(dot)com
Saya senang membuka situs ini terutama untuk mencari hadits atau terjemahan Ayat Alqur’an ketika posisi saya tidak memungkinkan untuk membuka Alqur’an. Selain itu, banyak artikel seputar fiqih maupun muamalah yang tersedia di sana. Tentu, saya membukanya sebagai pembanding dari apa yang sudah dijawab oleh guru saya, atau ketika mencari sumber/dalil dari permasalahan tertentu. Memang, sebaiknya bertanya tentang ilmu agama adalah kepada guru, makanya saya hanya membukanya sebagai pelengkap informasi saja.
Selain itu, situs ini juga dikelola oleh ustadz dengan kapasitas keilmuan yang mumpuni, sehingga sesuai dengan apa yang dibicarakan yakni ilmu agama.

2. Seoreviewtools
Temans blogger pasti tahu, dong apa gunanya situs ini. yup! Benar banget, gunanya untuk emgecek DA/PA blog TLD yang kita kelola. Membuka situs ini saat teman-teman ramai mengatakan DA baru saja update. Saya pun biasanya penasaran karena berharap DA saya juga naik, meskipun kenyataannya DA saya masih stuck di posisi itu.
Selain saat ada informasi DA update, saya membuka situs ini saat ada job yang membutuhkan informasi berapa DA blog yang diajukan.

3. Blogger Perempuan
Cukup sering membuka web Blog Perempuan untuk mendapatkan berbagai informasi terutama seputar blogging. Meskipun saya tidak pernah meninggalkan komentar di sana. Hihi.

4. Pixabay
Hampir setiap hari saya membuka situs ini terutama saat saya membutuhkan ilustrasi untuk blog namun saya tidak memiliki foto yang bagus untuk menarik perhatian pembaca dan memanjakan mata. Pixabay menjadi ‘penyelamat’ karena saya bisa mengambil dan menggunakan foto yang tersedia di sana dengan gratis bahkan tanpa memberikan credit.

5. Canva
Canva sering saya buka untuk membuat desain header blog maupun banner untuk ditampilkan di tiap artikel. Kalau tidak sempat, saya langsung menyeret gambar dari pixabay, namun jika waktunya memungkinkan, saya mendesain-nya terlebih dahulu di situs edit foto online Canva.
Baru-baru ini saya juga instal (kembali) aplikasi canva di ponsel karena sekarang tampilannya sudah lebih responsif dan persis dengan dekstop. Hanya saja, kita tidak bisa mengedit desain yang telah kita buat di dekstop melalui aplikasi di ponsel. Selain masalah ini, canva sangat saya rekomendasikan terutama untuk ibu rumah tangga yang butuh desain untuk promosi atau membuat infografis di blog namun terkendala ilmu desain grafis yang terbatas. Canva menyediakan berbagai template yang bisa kita pilih sesuai kebutuhan.

Selain 5 situs tersebut, saya sering mengakses dakwatuna dan republika untuk mencari berita. Masih ada beberapa situs lainnya yang sangat bermanfaat dan membantu saya mendapatkan informasi yang saya dapatkan. Namun 5 itu dulu deh ya yang saya share.
Semoga bermanfaat.
Salam,


No comments:

Post a Comment

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam