Saturday, 1 December 2018

5 tips Hidup Sehat Ala Emak Rempong

Healthy lifestyle, hidup sehat ala emak rempong

Halo, Temans. Happy Week end, all!

Hari libur enaknya kongkow di luar sama sahabat atau keluarga. Tapi saya sudah berjibaku dengan beberapa agenda. Mau tak mau harus berkompromi dengan mata yang semakin berat dan kantuk yang tak tertahankan.

Harusnya kalau saya konsisten menerapkan pola hidup sehat, mungkin jadi nggak cepat ngantuk seperti akhir-akhir ini. Namun harap maklum ya, emak rempong punya bayi itu memang paling dekat sama bergadang. Apalagi saat anak sedang kurang sehat, bisa tidur dengan tenang itu anugerah.

Meski begitu, ada beberapa gaya hidup sehat yang saya terapkan dan mencoba untuk konsisten.

1. Minum Air Putih Minimal 2 Liter/Hari

Ketika hidup di Wonosobo, asupan air putih sangat kurang. Keinginan untuk minum sangat rendah karena udara yang dingin. Ditambah lagi rasa malas jika harus sering-sering ke kamar mandi untuk buang air kecil. 
Setelah hidup di Semarang, kebiasaan minum ait putih menjadi lebih baik meskipun masih kurang.

Saya mulai konsisten minum air putih saat hamil baby Salsa. Waktu itu dokter menyarankan saya banyak minum air putih untuk menghindari terjadinya KPD (Ketuban Pecah Dini). Jadilah saya selalu minum air putih sebanyak yang saya bisa.

Kebiasaan ini coba saya lanjutkan sampai sekarang dengan membawa air putih setiap bepergian.

2. Minum Infused Water

Infused water terbukti sangat bermanfaat untuk tubuh. Rasanya juga lebih segar apalagi dalam kondisi dingin.

Dalam islam, Rasulullah mengajarkan minum dates infused water atau yang kita kenal dengan air nabiz/nabidz. 
Saya memilih membuat infused water dengan bahan yang mudah saga dapatkan, misalnya lemon dan jeruk nipis. 

3. Menyempatkan Tidur Siang

Busui tidur siang? Bisa lah... Saat si bayi minta ASI, posisikan sambil tiduran. Kesampingkan segala urusan rumah tangga yang belum dikerjakan. Enyahkan to do list yang belum ter-checklist. Rileks, nikmati bunyi kipas angin dan napas bayi. Tahu-tahu 30-60 menit berlalu. Atau tahu-tahu si bayi sudah lari ke kamar mandi, emaknya tidur masih dengan posisi menyusui

4. Makan Buah dan Sayur Tiap Hari

Bersyukur saya hidup di keluarga yang suka makan sayur, sehingga setiap hari selalu tersedia sayur. Segala jenis sayur kecuali yang pahit hampir semuanya disukai.

Sedangkan untuk buah, kami biasanya makan buah yang mudah didapat seperti jeruk, pepaya, melon, semangka, mangga jika musim, dll. Yang penting ada asupan buah, ya kan? 

5. Berjalan Kaki

Ini sebenarnya semacam pembenaran karena masih trauma naik motor. Mau tidak mau ketika akan pergi saat suami kerja, saya harus jalan kaki. Antar/jemput kakak, belanja sayur, agenda pekanan, dll saya tempuh dengan jalan kaki.
Niatin sambil olah raga sih, hehe.
Selain jalan, saya masih kurang olahraga sehingga harus menargetkan workout rutin.

Namun ada beberapa hal yang masih menjadi PR, yakni minum teh dan kopi setta bergadang. Sering sih feeling guilty ketika minum kopi, namun sebelum minum kopi rasanya belum 'hidup'. Pelan-pelan mau mencoba lagi ngopi hitam tanpa gula supaya lebih sehat.

Boleh banget kalau mau ngasih saran buat saya. Terima kasih,
Salam, 



#BloggerPerempuan
#BPN30DayChallenge2018

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam