Thursday, 1 November 2018

Pondasi Yang Perlu Diperhatikan Dalam Membuat Web



Assalamu’alaikum, Temans.
Kali ini saya mencoba kembali sharing tentang pembuatan website/web. Kebanyakan sesuai dengan pengalaman saya sendiri. Simak yuk, boleh banget kalau ada yang mau menambahkan.
Membuat web sekilas terdengar mudah. Semua orang bisa melakukannya. Ada yang menerapkan cara gratis, ada yang membangun secara manual dari awal sampai akhir. Apapun proses yang dipilih tentunya hasil akan berbeda. Jika kita menggunakan website yang gratis, maka di sini bisa dilihat bahwa fitur yang diberikan untuk membangun web pun kurang maksimal. Namun, apabila kita membangun dengan usaha maksimal, maka hasil yang bisa diraih pun juga akan lebih besar di dalamnya. Jadi tak heran kalau banyak orang yang akhirnya memilih untuk membuat sebuah website dengan konsep yang sederhana. Yang jelas proses pembuatan website itu sendiri butuh waktu.

Kita perlu membangun semua dengan benar pada tahap penentuan pondasi awalnya. Hal ini akan menentukan nasib atau masa depan dari web yang kita kelola tersebut. Apakah nantinya akan bisa menjadi terkenal atau malah jadi website yang biasa-biasa saja, tergantung bagaimana kita mengawalinya.

Saat Membuat Web, Tentukan Jenis Website Yang Akan dibuat

Ada beragam pilihan website yang bisa  dibuat. Kita  pastinya bisa melihat banyak pilihan layanan membuat web secara gratis seperti di blogspot, medium, wordpress.com, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan yang gratis ini kita akan bisa menciptakan website terbaru dengan instan.
Masalahnya hanya pada fitur yang ada didalamnya. Tapi tak perlu cemas karena masih ada pilihan jenis website lain yang bisa kita buat yakni dengan memakai jasa domain berbayar IDwebhost. Dari sini hanya tinggal memilih paket membuat domain yang diinginkan. Kemudian, kita akan mendapatkan akses menuju cPanel atau control panel. Di sinilah nanti kita bisa menciptakan website yang diinginkan sesuka hati. Di Control Panel inilah kita bisa melakukan berbagai konfigurasi yang bisa dilihat semuanya pada bagian File Manager. Silahkan atur sendiri sesuka hati Kamu, Temans!

Penamaan Website Juga Penting

Hal yang tak kalah penting lainnya adalah terkait penamaan website. Kita juga harus mampu memilih nama website yang sesuai. Jangan pula terlalu panjang dan susah dihafal. Jadi jika ada orang bertanya apa nama situs kita, maka akan bisa menjawabnya dengan jelas. Sangat disarankan membuat nama web dengan satu kata saja. Jangan menggunakan dua kata atau lebih. Meskipun demikian, tantangan lainnya adalah sudah ada orang yang memakai nama terkait dalam domain mereka. Kalau sudah demikian, masih ada alternatif yang bisa digunakan, yakni memilih nama ekstensi lainnya. Dalam hal ini silahkan memilih ekstensi dengan nama .net, .org, dan lain sebagainya.
Saya sendiri memilih menggunakan nama asli yang terdiri dari 2 kata: Arina Mabruroh. Penggunaan nama ini juga sudah melalui pertimbangan yang masak, hasil diskusi dengan suami dan beberapa teman. Apalagi sebelumnya saya lebih sering menggunakan nama pena. Namun sejak memiliki personal web ini, saya mulai mem-branding diri sendiri dengan nama asli. Kebetulan nama ‘Mabruroh’ masih jarang digunakan, sehingga saya pun percaya diri memakainya. Cukup unik dan mudah diingat, bukan? ((minta ditoyor nih!)).

Berikan Gambar Yang Menarik

Membuat web juga tak boleh hanya full tulisan semua. Kita juga harus memberikan gambar yang menarik pada bagian website tersebut. Dengan memberikan gambar yang menarik maka akan mampu menciptakan sebuah website yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.
Kita pun bisa menciptakan sebuah situs yang terbaik dengan perpaduan gambar yang istimewa satu sama lain. Dengan cara inilah nantinya juga akan bisa mendapatkan sebuah tampilan website terbaik. Proses menciptakan website yang terbaik juga bisa diterapkan jika gambar dalam membuat web itu kita edit terlebih dahulu memakai software seperti Photoshop, Corel Dr aw, dan sebagainya.
Memang ada beberapa personal web yang tidak pernah menggunakan gambar dalam artikel di web-nya, namun mereka adalah orang-orang yang personal branding-nya telah sangat kuat dan kekuatan story telling-nya tak diragukan lagi. Pendeknya, para pembacanya telah menikmati dan menanti setiap karyanya, tak peduli jika dalam tulisan tersebut tidak ada gambar. Namun bagi pemula seperti saya, gambar sangatlah penting terutama untuk memanjakan pembaca dan tidak membuat mereka cepat bosan saat menjelajah personal web/blog saya.

Atur Tampilan Menunya Supaya Tidak Membingungkan

Membuat web juga tidak hanya terkait dengan nama atau gambar saja, tapi bagaimana web itu bisa diakses dengan mudah oleh orang lain tanpa menimbulkan kesan bahwa web yang kita buat itu membingungkan. Dari sinilah kita bisa mencoba membuat web yang benar-benar bisa membuat siapa saja terkesima dibuatnya.
Kita bisa mencoba mengatur tampilan yang ada didalamnya pada bagian menu supaya bisa tertata rapi. Pada bagian menu tersebut, bisa diatur beberapa sub menu jika link yang ada di web cukup banyak. Disinilah diperlukan kreativitas kita dalam  memberikan menu navigasi yang lengkap pada situs  yang kita kelola. Keuntungannya, pada saat ada pengunjung yang datang, mereka bisa mengatur sendiri navigasi yang diinginkan sesuka hati. Untuk bisa mengatur menu dengan baik, kita bisa masuk pada halaman dashboard situs web kita. Kemudian, di sini hanya tinggal memilih saja mana tampilan yang sesuai dengan kebutuhan.

Pilih Jasa Hosting Domain Dengan Spesifikasi Yang Tepat

Kita juga harus memperhatikan spesifikasi jasa hosting domain yang digunakan. Dengan menggunakan jasa hosting domain dengan spesifikasi yang tepat, maka akan mampu menciptakan sebuah situs yang hebat dan sesuai kebutuhan kita saat ini. Spesifikasi yang perlu diperhatikan antara lain bandwidth, disk space, dan juga control panel. Pasalnya, hal itu sangat penting untuk menentukan apakah website yang kita buat ini bisa memaksimalkan fitur yang digunakan atau tidak. Pilihan spesifikasi juga akan menentukan apakah  kita bisa membuat sebuah website yang bagus dengan fitur menarik.
Pada saat memilih jasa hosting domain, kita bisa bertanya terlebih dahulu tentang apa saja keuntungan yang bisa diperoleh didalamnya. Intinya adalah bagaimana caranya supaya situs yang kita buat tersebut bisa memiliki kapasitas yang maksimal tanpa mengalami kendala. Dengan spesifikasi yang kuat, maka hasilnya pun juga akan kuat. Jika memilih layanan domain hosting yang kapasitasnya rendah, maka hasilnya juga tidak akan maksimal pula.

Gunakan Layanan Pembutan Desain Website dan Developer Yang Ahli

Terkadang kita tidak mungkin melakukan semuanya sendiri. terlalu repot dan memakan waktu jika mengurusi dari hulu ke hilir mulai dari urusan desain web, menulis konten, sampai mengedit gambar. kita bisa menyewa jasa developer dan desain website yang ahli. Dari sini biarkan saja orang-orang yang ahli tersebut membantu kita dalam menyelesaikan tugas membuat sebuah website bagus dan sesuai dengan yang dibutuhkan. Pastinya hal ini juga akan bisa mendatangkan kepuasan kepada tersendiri. Dimana kita tak perlu lagi bingung pada saat membuat desain yang pas untuk website. Serta kita juga bisa menggunakan layanan developer yang andal untuk membuat sebuah website yang bagus dan sesuai kebutuhan saat ini. Jika ada yang mudah, kenapa harus memilih yang sulit?


Kesimpulannya, untuk membuat web tentunya butuh proses, tapi kita bisa menerapkan beberapa langkah di atas agar pondasi pembuatan web yang dilakukan bisa berjalan dengan sinergi dan tepat satu sama lain. Dengan menerapkan proses pembuatan website yang tepat, sudah pasti akan semakin banyak keuntungan yang bisa kita temukan di dalamnya. Kita pun tak perlu khawatir lagi.
Kini proses membangun sebuah website akan bisa dilakukan dengan mudah. Mau di-handle sendiri atau diserahkan kepada ahlinya adalah pilihan kita.  Setelah urusan web dan desain selesai, bisa fokus pada hal lain seperti menulis kontennya, atau mengenai pengembangan website tersebut.
Saya sendiri dulu membeli domain di IDWebhost atas saran dari seorang sahabat suami saya. Kebetulan suami juga sedang belajar membuat web secara otodidak. Waktu itu sedang membuat proyek web landing page untuk penawaran jasa biro penerjemah tersumpah yang dikelolanya. Sayang saat ini biro-nya sedang vakum dan web pun tidak diperpanjang. Nekat karena ingin memangkas biaya, hanya membeli hosting dan domain, lalu mengutak-atik landing page tersebut.
Nasib domain saya pun kurang lebih sama. Merasa sayang untuk mengeluarkan dana lebih, suami membantu mengatur sendiri domain yang telah dibeli untuk blog saya. Harap maklum, bukan karena pelit atau tidak mau menyerahkan kepada ahlinya, namun posisi keuangan keluarga kecil kami sedang carut-marut sehingga kami lebih fokus kepada bayi. Jadilah blog saya terpasang dengan domain sesuai nama saya, lalu saya pun belajar otodidak mengubah template dan mengatur blog.
Hasilnya bagaimana? Sebagian kecil beres, sebagian besarnya acakadut tak karuan. Beruntung suatu saat saya mengikuti giveaway (GA) yang diadakan oleh seorang teman blogger. Motivasi saya mengikuti GA itu adalah mendapat hadiah poles blog agar tampilannya lebih menarik dibanding hasil setting-an saya. Voila! Saya mendapat hadiah yang saya inginkan, dan blog pun berubah menjadi lebih cantik. Memang benar, sesuatu yang dilakukan oleh ahlinya hasilnya akan lebih maksimal.
Tampilan blog saya sekarang ini sudah melewati beberapa kali revisi sejak pertama kali dibuat. Terakhir saya utak-atik lagi sendiri dengan menambahkan gambar header yang saya buat dengan aplikasi desain online. Gambarnya pun saya ambil dari situs penyedia gambar gratis.
So, sudah siap untuk memulai membuat web? Tak perlu menunggu lama, buat perencanaannya, beli domain/hosting, lalu serahkan pada ahlinya urusan setting dan desain. Setelah itu, fokus bagaimana mengembangkan dan mengisi konten website.
Selamat berkarya! Semoga bermanfaat,
Salam,

25 comments:

  1. Yups.. tapi kalo bisa ngoprek sendiri, biar lebih pengalaman beli domain setting sendiri ya mba heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, aku berkali-kali nyoba tapi jado ngerepotin orang lain karena sering salah dan aku nggak bisa benerin 🙈

      Delete
  2. Branding diri itu emang penting sih mbak.. Templet juga mempengaruhi apakah orang itu mau kembali lagi ke web kita

    ReplyDelete
  3. Karena aku orang visual, yang pertama bikin jatuh cinta a web itu desainnya... Kalau halamannya iye chacing . baru dr h buka2 tulisannya. Heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi PR buat aku nih biar orang yang setipe sama Mba Nuniek mau mampir dan baca-baca blog ini 😊

      Delete
  4. Kalo aku orang gaptek yg males belajar..jadinya dari awal ngeblog di WP hingga kini template teteeeeep saja g ganti2 hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku dulu penasaran banget Mba, jadi nyoba utak-atik sendiri. Sekarang kalau ada waktu mending buat nulis aja

      Delete
  5. Aku lo suka dandanin templatenya orang. Dan puas kalau ownernya feel satisfied. Tapi kok aku nggak puas2 sama tampilan blog sendiri. Pengen ngutak-atik tapi butuh waktu nggak sebentar.. bikin lupa nulis.. kapan2 deh wkwk.

    Btw sejak nerima jasa mempercantik template blog orang, aku belajar setting domain sendiri krn biasanya yg didandani sekalian minta dibelikan domain.. ternyata asyik hehe. Tapi blm pernah nyoba pakai idwebhost. Boleh deh kapan2 nyoba.

    ReplyDelete
  6. Salut sama yang bisa ngoprek sendiri akuh gatek

    ReplyDelete
  7. Emang harus terpercaya ya untuk hosting gini takut pelayanannya jelek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, harus rajin nyari info supaya kalau ada masalah kita nggak kelimpungan sendiri

      Delete
  8. Aku dulu dibikinin anakku, jadi yo pasrah wae. Trus makin kesini makin pengen dipercantik, Akhirnya ninta bantuan temen buat ngoprek webku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiknya ada yang bikinin. Aku pengen minta Mba Untari buat dandanin blog ini 😄

      Delete
  9. duuh kalo aku nyerah deh suruh nyetting sendiri, daripada stres mending serahkan pada ahlinya heheh

    ReplyDelete
  10. Pengen bisa bikin web jualan yang langsung bisa di klik beli wkwkwk tapii susyeh pas belajar HTMLnya ribet.

    ReplyDelete
  11. Waah, makasih sharing-nya, Mbak Arina. Maksud hati pengen bisa nih beginian, tapi punggung tak sampai, hahaha, Akhirnya dipasrahkan pada ahlinya wae.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, daripada bikin stres dan nguras waktu mending kita serahkan ke ahlinya, kita fokus nulis aja 😊

      Delete
  12. Aku yg masih susah itu gambar yg menarik hehehe

    ReplyDelete
  13. Aku bikin sdr blogku otodidak hasil otak atik sdr..tp msh suka Gonta ganti template pdhl branding itu penting y.

    ReplyDelete
  14. Aku juga lebih suka ngutak-atik blog sendiri,, lebih puas rasanya, Hahaha.
    Tapi semakin ke sini, semakin banyak kerjaan dan mulai berasa susah atur waktu, aku lagi mikir jasa profesional untuk bantu desain web-ku

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam