Thursday, 29 November 2018

Penting Mengetahui 5 Penyebab Komedo putih Pada Wajah



sekarang ini, penampilan menjadi sesuatu hal yang paling penting untuk diperhatikan. Dan penampilan yang paling utama adalah dari wajah, dimana wajah adalah organ pertama yang dilirik dan diperhatikan banyak orang. Karena itulah, wajah perlu mendapatkan perawatan yang intensif dengan berbagai cara yang berdampak baik bagi kesehatan wajah. Namun terkadang ada saja gangguan yang membuat wajah menjadi kurang menarik, seperti munculnya jerawat yang cukup mengganggu.

Salah satu jenis jerawat yang biasa ditemukan adalah jerawat kecil atau yang sering disebut dengan komedo. Jerawat kecil ini terbagi menjadi dua macam yaitu ada yang hitam atau blackhead dan juga putih atau whitehead. Secara umum, gangguan jerawat kecil tersebut disebabkan karena faktor minyak berlebih pada area kulit wajah. Minyak berlebih dan sel kulit mati yang ada pada wajah membuat pori-pori kulit yang tengah terbuka menjadi tersumbat, sehingga muncullah gangguan tersebut.
Wajah yang sehat akan menampakkan kecerahan dan bersinar terbebas dari berbagai gangguan, namun jika sudah terjadi dan muncul di area wajah kita, maka segeralah mencari cara untuk menghilangkannya. Hal ini karena selain mengganggu penampilan wajah menjadi kasar, juga akan sangat berbahaya bagi kulit wajah jika tidak segera ditangani.  Namun sebelum  mencari cara untuk menghilangkan komedo tersebut, sebaiknya kita ketahui penyebab komedo putih terlebih dahulu seperti :

Hormone yang berubah

Whitehead sering terjadi pada masa remaja, dimana terjadi perubahan hormon pada masa tersebut. adanya masa pubertas dan juga menstruasi menjadikan ketidakseimbangan produksi hormon. Begitu juga dengan hormon androgen yang merupakan cikal bakal penyebab jerawat diproduksi lebih banyak oleh tubuh. Dengan adanya peningkatan hormon tersebut, maka kadar minyak di dalam kulit wajah juga akan bertambah, sehingga minyak tersebut menutupi pori-pori dan ahkhirnya tersumbat dan menyebabkan whitehead muncul.

Keturunan

Faktor genetik merupakan penyebab yang paling sering diatasi. Hal ini karena orang yang terkena whitehead memiliki turunan dari orang tuanya dengan kulit wajah berminyak, sehingga kelebihan kadar minyak di dalam wajah yang menyebabkan munculnya whitehead tersebut.


Kosmetik yang salah

Khusunya wanita yang selalu menggunakan kosmetik, dimana salah menggunakan kosmetik akan berdampak tidak baik bagi kesehatan wajah. Kosmetik yang tidak aman yaitu yang menutupi pori-pori dan menyebabkan kulit sulit untuk bernapas. Apalagi kosmetik dengan bahan yang berminyak, sehingga keberadaan minyak pada wajah menjadi bertambah dan menjadi penyebab timbulnya whitehead.

Pil KB
Bagi wanita dewasa yang masih terkena whitehead bisa terjadi karena banyak faktor dan bukan hanya karena faktor genetik serta perubahan pada hormon. Pil KB memiliki efek ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh dan menghasilkan sebum yang merupakan pemicu minyak berlebih terutama pada wajah. Jika sudah begitu, maka whitehead akan muncul membuat wajah menjadi kasar tidak menarik.

Makanan

Whitehead ternyata bisa disebabkan dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Beberapa makanan tersebut diantaranya yaitu makanan yang mengandung banyak minyak seperti gorengan, makanan berbahan dasar susu, serta makanan yang memiliki rasa manis. Makanan yang mengandung banyak lemak akan meningkatkan produksi kelenjar sabasea menghasilkan minyak berlebih pada wajah.

Itulah 5 faktor yang menjadi penyebab timbulnya whitehead pada wajah kita. Namun sekarang ini tidak perlu khawatir lagi, karena sudah ada banyak cara mengatasi komedo yang bisa dicoba untuk dipraktikan di rumah. Dengan begitu kita akan mendapatkan wajah yang bersih, sehat, serta terbebas dari berbagai gangguan.
Yakin deh, punya pengalaman wajah berjerawat itu sangat nggak enak. Saat jerawat sedang seseksi-seksinya, serasa selalu menjadi pusat perhatian iya mungkin mereka gitu karena gemes pengen bantuin mencetin jerawatnya. Lalu setelah jerawat bisa teratasi, bekasnya menjadi masalah baru. Ngomong-ngomong saya sedang jerawatan sekarang, semoga nggak makin parah. Aamiin..

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam