Saturday, 18 August 2018

Lina Sasmita, Travel Blogger Kece yang Low Profile


Lina Sasmita. Apa yang Teman ingat saat mendengar nama ini? Kalau saya ingatnya travel blogger, biker.
Yup! Blogger yang berdomisili di Kota Batam ini adalah perempuan tangguh yang sangat senang bertualang. Asalnya sih dari Garut, Jawa Barat, tapi beliau sudah merantau ke Batam sejak lulus SMA dan bekerja di salah satu perusahaan swasta di sana.

Blog www.linasasmita.com kebanyakan berisi kisah perjalanan beliau. Sangat sejalan dengan hobi beliau yakni mendaki gunung dan kegiatan adventure lainnya seperti jelajah hutan, jelajah pulau ( island hopping ) yang hingga kini masih di jalani meskipun (katanya) sudah jarang dilakukan. 

Selain itu, blog-nya juga mengulas tentang pendakian gunung, kegiatan
adventure, jelajah pulau, review hotel dan restoran, review buku-buku petualangan, dan mengulas tentang event pariwisata.

Beliau juga suka bersepeda, fotografi, filateli, baca buku (novel, nonfiksi) dan tentunya ngeblog. Tulisan-tulisan di blog beliau dan beberapa cerpen sudah ada yang dibukukan sekitar 20 buku antologi.
Keren sekali kan? 

Di tengah kesibukan beliau menjadi karyawan, istri dan ibu bagi seorang gadis kecil, beliau masih rajin menyalurkan hobi pertualang dan ngeblog. Terlebih suaminya juga memiliki hobi yang sama, mendaki gunung.
Duh, baper nih membayangkan mendaki gunung berdua dengan suami. Romantis banget kan? Saling mendukung dan melindungi sepanjang perjalanan.

Sejak kapan Mba Lina mulai ngeblog? 
Ternyata beliau sudah ngeblog sekitar tahun 2005 sejak mengenal multiply. Dulu ngeblog di multiply hanya untuk menyimpan foto-foto pendakian gunung saja, belum serius menulis, tambahnya. 
Ketika Multiply tutup, beliau pindah ke wordpress, namun karena di wordpress tidak berkembang, susah memahami, pindah ke blogspot. Baru serius menulis saat ganti domain tahun 2015.

Hm.. Saya malah jadi ingat kalau tahun 2005 itu, saya masuk kuliah dan masih buta dengan teknologi. Pegang komputer masih takut (takut komputernya meledak, pliss jangan ketawa), belum punya email, belum punya HP, pokoknya gaptek banget dah!
Lah ko malah ngomongin saya? 🙊 lanjut bahas Mba Lina lagi, yuk!

Saya penasaran bagaimana beliau sampai saat ini masih bertahan ngeblog. "Karena banyak yang harus saya tulis. Nggak tahu walaupun malas nulis tetap saja banyak banget ide yang harus saya tuangkan. Kalau nggak, rasanya aneh aja gitu," jawab beliau dengan tertawa lebar saat saya bertanya.

Pencapaian beliau dalam dunia blog pun sangat banyak. Mba Lina pernah memenangkan berbagai kompetisi menulis, juga berkesempatan jalan-jalan gratis ke luar daerah dan luar negeri. 
Wow! Keren dan menggiurkan sekali, bukan? Hal ini tak mengherankan menilik tulisan beliau yang mengalir apik, sangat nyaman bagi pembacanya. Baca tulisan-tulisan Mba Lina seakan larut dalam dalam jalan cerita dan tahu-tahu sudah sampai akhir.

Tak kalah menarik dalam blogpost Mba Lina adalah foto-foto hasil jepretannya. Jika artikel adalah 'raja'nya, maka foto adalah pasangan yang melengkapinya. Foto di dalam artikel selain sebagai penjelas informasi juga sebagai elemen yang akan memanjakan mata pembaca. Coba, lebih menarik mana melihat artikel yang polos tanpa ilustrasi/gambar dengan yang dialselingi gambar? Pastinya lebih menarik jika ditambah dengan foto atau infografis lainnya.

Silakan buktikan sendiri di blog Mba Lina ya, Temans. Kamu bakal nemu banyak foto yang memukau terutama di artikel seputar traveling. Bikin saya jadi ikut mupeng pengen mengunjungi tempat yang sama juga lho! Semoga ya, suatu saat. Aamiin...

Saya belum pernah bertemu langsung dengan beliau, hanya sekitar 2 tahun terakhir tergabung dalam WAG (whatsapp group) yang sama dan sering terlibat dalam 'obrolan seru' di grup. Tentu saja obrolan ala perempuan, dari membahas hal penting dan serius sampai hal yang remeh temeh yang bikin ngakak tiada tara *eh.

Tahu nggak sih? Yang paling saya ingat sama Mba Lina adalah beliau pernah menulis tentang 60 travel blogger dengan DA (domain authority) dan PA (page authority) terbesar. Yaampun.. Waktu beliau nulis ini (tahun 2016 kalau tidak salah) saya malah belum 'kenal' bener sama DA dan PA. Makanan apa itu?! Pikir saya waktu itu. Wkwkwkwkwk. Padahal sekarang juga nggak kenal-kenal amat ding!

Penasaran dengan gunung-gunung yang pernah dijelajahi Mba Lina? Atau tempat-tempat menarik yang pernah beliau kunjungi? Sok atuh, segera meluncur ke blog beliau dan siap-siap untuk mendapatkan inspirasi. 

Semoga bermanfaat!
Salam, 

5 comments:

  1. Waaah makasih ulasannya Mbak Arina. Apik banget. Duh saya mah apa atuh. Ngeblog juga malas-malasan meskipun ide mengalir deras tapi mempet di jari-jemari. 😁😂

    ReplyDelete
  2. terimakaasih , nambah lagi penginspirasi saya :D

    ReplyDelete
  3. Waaaaaa bunda Lina ini aku kenal jaman masih nulis antologi, emang orangnya low profile banget. baik pula. Seneng ya nemu kawan yang beginian Mba Rin

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam