Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencoba Sensasi Es Kuburan

Apa yang ada di kepala saat dengar kata ‘kuburan’? pasti tempat yang sepi, menyeramkan, bikin bulu kuduk berdiri, berlumut, dst. Memang sih, kuburan itu tempatnya jin. Bahkan seorang ustadz ahli ruqyah pernah berkelekar dan mengatakan kalau mau melihat ‘penampakan’ bisa asal jepret dengan kamera resolusi tinggi, paling tidak ada yang terekam kamera. Ada yang mau mencoba? Kalau aku, membayangkan saja sudah bergidik ngeri.
Tapi es kuburan ini beda lho dengan kuburan tempatnya orang menyemayamkan orang  yang sudah meninggal; bukan juga tentang grup band yang suka lupa syair itu :D.
Es Kuburan
Es kuburan sebenarnya inovasi dari ice cream pot yang ngehits itu. Tahu kan ice pot? Yup! Eskrim yang awalnya ngehits di Kota Bandung, diciptakan oleh seorang pengusaha muda kreatif yang menciptakan kafe bernuansa garden. Jadi, bisa dibayangkan bentuknya yang mirip banget pot diisi tanah dan pupuk lengkap dengan cacing yang dibuat dari jeli coklat, dan daun mint di atasnya. Kalau melihat sekilas, mungkin jijik mau makan eskrim ini, tapi rasanya yang coklat banget saat di mulut bikin ketagihan. Unik banget kan ya? Kalau saya sih agak jijik gitu deh..

Ice Pot

Cacing banget kan? padahal jelly coklat yang dicetak bulat panjang 
Setelah itu, berbagai variasi ice pot menjamur dimana-mana, sampai muncullah es kuburan ini. Bentuknya dibuat semirip mungkin dengan nisan. Kalau isinya dijamin tetap enak. Ada potongan roti tawar di bagian bawah, eskrim sesuai pilihan rasa (tersedia rasa coklat dan vanila) lalu atasnya ditaburi biskuit yang dihancurkan dan terakhir taburan kelapa parut kering yang diberi pewarna hijau untuk menimbulkan kesan berumput.
Oia, nyoba eskrim ini di kedai ice pot momee di Tlogosari. Awalnya mencoba eskrim pot bareng adik, lalu waktu jalan-jalan dibuat penasaran dengan varian barunya yaitu es kuburan. Rasa eskrimnya biasa saja menurutku. Yang istimewa adalah hiasan dan jelly yang menjadi toppingnya. Harganya pun terbilang murah, mulai Rp.10.000/cup. Isinya bisa memilih beberapa varian. Ada chocolover (yang topping dan isiannya semuanya coklat), jelly festival (topping aneka bentuk dan warna jelly yang lucu-lucu), tropical fruit (topping aneka buah), dan beberapa variasi lain.
ice pot Jelly

Ice pot coklat

Selain di Tlogosari, banyak juga kedai eskrim pot bertebaran di kota Semarang. saking menjamurnya bahkan kedai capuccino cincau pun menyediakan es krim pot. Ada yang menggunakan bunga asli untuk hiasannya, divariasikan dengan permen berbentuk bunga, aneka cereal, buah, dll. 

18 komentar untuk "Mencoba Sensasi Es Kuburan"

  1. Aku belum pernah beli, tapi pernah coba bikin...not bad lah..hihi

    BalasHapus
  2. Saya pernah ditawaru eskrim pot yang ada cacingnya itu mbak Arina tapi ngga mau, bisa-bisa ngga saya makan karena saya jijik sama cacing, meski itu cacing jelly sekalipun :)

    Kalau es kuburan ini belum lihat dari dekat sih tapi kayaknya secara penampilan masih bisa diterima ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hii... iya Mba, saya juga jijik ko lihat yg cacingnya kayak beneran ituu.. itu gambar dpt di inet,
      klo yg pernah nnyoba yg gb. bawahnya, itu cuma mirip aja ^^

      Hapus
  3. Aku belum pernah makan es kaya' gini. -,-

    BalasHapus
  4. aku pernah nyobain es pot...mnurutku rasanya biasa ajalah ya cuma tampilannya aja yg berbeda dr biasanya hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mba, kata temen sih ada yg rasanya enak, tapi kalo yg aku beli eskrimnya lbh enak eskrim walls hehe

      Hapus
  5. Es potnya sdh pernah, yg kuburan blm

    BalasHapus
  6. Bener mba, liat ice pot nya sy merasa iijik pdhl belum dicobain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi. ada ko mb yg nggak persis pot ada cacingnya gitu..

      Hapus
  7. Wah enak itu, jadi pengan padahal lagi batuk berat

    BalasHapus
  8. Rin, aku pernah beli di java mall, pas ada event, yg di tlogosari malah blm pernah beli, pdhal deket rumah tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. di Java mall yg CocoBee bukan Mba?
      eskrimnya kurang nendang menurutku..
      iya, skrg momee buka d daerah parang kesit, deket tuh dr rumah Mba Wati ^^

      Hapus
  9. Hii..namanya serem. Tapi itu malah yang buat calon pembeli jadi penasaran ya mbak.. Padahal klo aku, liat penampilan nya malah jadi gmn gitu... Hi..hi, senengnya ice krim yang bntuknya lucu2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi. Iya mba.. yg bentuknya lucu2 menggodabuat segera dilahap :D

      Hapus