Wednesday, 4 October 2017

Bersedekah Cerdas Lewat Lembaga Amil Zakat Terpercaya


Dari Sahl bin Sa’ad r.a berkata: “Rasulullah SAW bersabda: “Saya dan orang yang memelihara anak yatim itu dalam surga seperti ini.” Beliau mengisyaratkan dengan jari telunjuk dan jari tengahnya serta merenggangkan keduanya.” (HR. Imam Bukhari)
Temans, pasti sudah sangat akrab dengan hadits di atas ya? Apalagi bulan Muharram ini sangat dianjurkan untuk memperbanyak berbuat baik kepada anak yatim. Meskipun sebenarnya bisa kapan saja waktunya karena mereka juga membutuhkan uluran dan kasih sayang dari sekelilingnya tidak terbatas pada satu bulan/hari tertentu saja.
MasyaAllah, bagi yang memelihara anak yatim Rasulullah menjanjikan surga dan menjadi dekat dengan beliau, siapa sih yang tidak ingin berjumpa dengan Rasulullah kelak? Dalam shalawat kita kerap merindukannya, dan berharap bisa diaukui sebagai umatnya.
Dalam hadits yang lain Rasulullah bersabda:
“Wahai Saib, perhatikanlah akhlak yang biasa kamu lakukan ketika kamu masih dalam kejahiliyahan, maka laksanakanlah pula dalam keislaman. Jamulah tamu, muliakanlah anak yatim dan berbuat baiklah kamu pada tetanggamu.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).
Jadi, tak ada alasan lagi untuk tidak berbuat baik/menyantuni anak yatim dan orang yang membutuhkan lainnya, ya Temans.
Oia, Teman-teman biasanya jika menyalurkan infaq/sedekah melalui apa? Apakah langsung ke orang yang membutuhkan atau lewat lembaga amil zakat?
Sebenarnya, sangat disarankan untuk menyalurkan dana-dana zakat/Infaq/shadaqah/wakaf (ziswaf) melalui lembaga amil zakat supaya jelas penyalurannya dan umumnya mereka memiliki program-program pemberdayaan produktif. Sehingga, dana tersebut bisa memiliki manfaat berkelanjutan tidak hanya sekali memberi lalu habis. Ibaratnya, LAZ akan memberikan kail kepada yang berhak mendapatkan (mustahik) bukan memberi ikan.
Selain itu, program-program yang dilakukan juga sekaligus membinaan baik pembinaan religius maupun skill yang mendukung. Misalnya pembinaan untuk hafalan Al-Qur’an dan memantau secara berkala kegiatan mustahik, pembinaan skill kewirausahaan untuk pemberdayaan ekonomi, pembinaan skill yang menunjang pendidikan bagi pelajar, dll.
Manfaat Menyalurkan dana dana ZISWAF Melalui Lembaga Amil Zakat (LAZ)
1. Terpercaya
LAZ yang telah berbadan hukum bisa dikatakan adalah LAZ yang terpercaya, karena pertanggung jawabannya selain kepada Allah juga kepada negara, melalui Kementerian Hukum dan HAM. Mereka akan memberikan pertanggungjawaban/laporan penghimpunan dan penyaluran dana secara berkala.
Laporan program setiap bulan pun bisa didapatkan melalui majalah lembaga maupun laporan berkala yang bisa diunduh oleh donatur/muzakki maupun dibagikan lewat email. Hal ini didukung oleh amil zakat yang bisa dipercaya dan pencatatan yang disesuaikan dengan SOP akuntasi syariah lembaga amil zakat.
2. Manfaat Berkelanjutan dengan Program Produktif
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bahwa program penyaluran dan pemberdayaan oleh LAZ biasanya dilakukan tidak sekadar membantu namun juga mendidik agar selanjutnya diharapkan bisa diambil manfaatnya oleh mustahik yang lain lagi. LAZ pun berharap supaya dengan perogram pemberdayaan produktif mustahik bisa ‘naik tingkat’ menjadi muzakki. Aamiin..  
3. Penyaluran Kepada yang Berhak Lebih Merata
Jika kita menyalurkan dana ZISWAF kepada sesorang yang dirasa membutuhkan, seringkali justru kurang tepat sasaran kecuali kita benar-benar yakin bahwa orang tersebut belum mendapatkan santunan dari tempat lain. Kasihan yang lain yang juga membutuhkan jika bantuan terpusat kepada orang-orang tersebut.
Selain program rutin yang sudah berjalan, biasanya LAZ pun mendapat rekomendasi atau proposal dari masyarakat mengenai adanya mustahik yang membutuhkan. Dan jika dana yang terhimpun masih cukup untuk mengcovernya, lembaga tak segan untuk menyalurkan. Namun jika dana sudah digunakan untuk program rutin maka tak bisa disalahkan jika ada proposal yang tidak diterima.
Ada yang mau menambahkan lagi tentang manfaat menyalurkan dana ZISWAF lewat LAZ? Monggo...
Logo Baru LAZISBA Semarang
Logo Lazisba Semarang
LAZISBA (Lazis Baiturrahman) LAZ Lokal Semarang Menuju Nasional
Jika Teman-teman warga Semarang atau pernah berkunjung ke Semarang pasti tak asing dengan pusat Kota Semarang, Simpang Lima. Di sini selain terdapat area umum mulai dari pusat perbelanjaan, hotel, pusat wisata kuliner, dll. Selain itu terdapat juga Masjid Baiturrahman di seberang alun-alun Simpang Lima. Masjid megah dan besar ini menjadi pusat kegiatan agama islam di Kota Semarang. Menara tingginya terlihat dari seantero Simpang Lima dan menjadi ikon.
Oia, yayasan masjid Baiturrahman juga memiliki Lembaga Amil Zakat yang dikenal dengan nama LAZISBA (Lazis baiturrahman). Dulu kantornya berada di lantai 2 menara masjid dan sekarang pindah di Mugassari.
Sebelum membahas lebih jauh tentang LAZISBA, yuk simak ost. Berjamaah Lazis Baiturrahman yang diciptakan oleh ralawan Lazisba, Mba Adieba Warda dan dilantunkan oleh El kayyis Sintessa dengan suara emasnya. Semoga membuat para penonton video tergugah :D


LAZISBA adalah lembaga amil zakat yang berada di bawah pembinaan Yayasan Pusat dan Pengembangan Islam ( YPKPI ) Masjid Raya Baiturrahman, kelahiran LAZISBA pada awalnya bermula dari adanya potensi  Zakat, Infaq dan Shadaqah ( ZIS ) pada jamaah Masjid Raya Baiturrahman yang belum tergarap secara maksimal.
Berkaitan dengan hal tersebut maka didirikan LAZ Baiturrahman nama awal LAZISBA sesuai SK Yayasan Masjid Baiturrahman. Tanggal 23 Maret 2006 / 22 shafar 1427 H Nomor 015/ SKEP/ YMB/ III /2006. Seiring waktu dengan semakin berkembangnya LAZ Baiturrahman maka nama LAZ Baiturraman diubah menjadi LAZISBA pada pertengahan tahun 2010 tepatnya pada tanggal 8 Agustus tahun 2010 dengan harapan akan lebih maksimal dan lebih profesional. Seiring perkembangan Lembaga dan tuntutan UU No 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat maka secara badan Hukum terdaftar dalam SK Kemenkumham No AHU-10075.50.10.2014 pada Tanggal 3 Desember menjadi Yayasan Lazis Baiturrahman.
Beberapa program permberdayaan dilakukan secara integral dalam 1 cluster pembinaan. Masing-masing area mendapat program selama 5 tahun atau sampai wilayah tersebut berdaya. Program pemberdayaan tersebut adalah:

1. PEMBERDAYAAN EKONOMI
KUBAH ( Kredit Usaha Barokah ) Pemberian bantuan modal pada Mustahik tanpa bunga.
Penerima manfaatnya diantaranya:
- Desa Tambak Mulya ( nelayan ) 2009
- Mangkang (2009)
- Tegowanu, Karangawen ( petani) 2009
- Cepoko ( Gunung Pati ) 2010 – 2015
- Tambak Rejo ( Kali Gawe ) 2014 - 2019
Program kubah untuk UKM keripik tempe
Pembinaan penerima program KUBAH

2. PEMBERDAYAAN PENDIDIKAN
**BUS ( Bea Siswa Untuk Surga ), Pemberian Bea Siswa untuk anak asuh dengan nominal: SD ( Rp. 50.000 ), SMP ( Rp. 75.000 ),SMA (Rp. 100.000)
**Sekolahku Indah, Pemberian bantuan renovasi bagi sekolah – sekolah yang belum memenuhi standar. Investasi program Rp. 2.500.000/ program.
**Maksum (Masjidku Tersenyum), Bantuan untuk pemberdayaan Masjid agar lebih makmur. Investasi Rp. 1.000.000
**ELC (Education Learning Centre), Pusat pengembangan Pendidikan bagi mustahik. Waqaf Tunai dengan nominal RP. 1000.000 ( sudah ada tanah waqafnya )
**Asyik (Taman Syiar Qur’an), pendirian TPQ didaerah rawan Aqidah serta pedampingannya Rp.35.000
**Santri (Sahabat Anak berprestasi) program pengiriman assatidz yang mendampingi anak asuh serta guru mengaji di TPQ yang telah kita dirikan.
Pemberian Beasiswa/BUS

3. PEMBERDAYAAN KESEHATAN
**BERCERITA (Bersalin dan berbagi cinta), Program bersalin gratis untuk mustahik. Investasi 600.000/ kelahiran.
**IBU – KUS (Ibuku sehat – Anaku Cerdas), program pemeriksaan, penguatan dan peningkatan Gizi Ibu dan anak di desa binaan / yang telah terdata sebagai mustahik.  Investasi 50.000/ ibu
**Baksos kesehatan di daerah binaan
**Sunah (Sunat Barokah), Program Sunat gratis bagi anak yatim piatu, yatim, duafa.
Baksos Pengobatan Gratis LAZISBA Semarang

4. PEMBERDAYAAN PEMUDA (SABAB: Satuan pembina Umat Lazisba)
Pemberdayaan ini bertujuan untuk:
- Menciptakan pemuda muslim yang sempurna IMAN dan ILMU yang siap menegakkan Islam. berkarakter Islami, Mandiri dan berjiwa Sosial Tinggi
- Sebagai Bank SDM Lembaga
- Sebagai Organ pelaksana Fungsi 3 yaitu Pendistribusian dan Penyaluran.
- Sumber Dai – dai dalam pembinaan.
- Sebagai sarana pengembangan semangat Entrepreneurship di kalangan pemuda.
Program SABAB LAZISBA Semarang
Silakan ya Temans, yang mau bergabung menjadi donatur/muzakki baik untuk infaq umum maupun untuk program di atas, boleh banget loh! Atau bagi Teman-teman pelajar/mahasiswa/umum yang ingin bergabung dalam barisan SABAB pun bisa sekali. Banyak anak asuh dan program yang membutuhkan relawan tangguh seperti Temans semua.
Seperti kegiatan tahunan 'Kemah Ceria' yang mengumpulkan anak asuh penerima Beasiswa, pastinya butuh banyak relawan untuk menghandle acara. Sttt! video keseruan Kemah Ceria bisa dilihat di Youtube-nya Lazisba yak!
Yuk, menjadi donatur cerdas dengan menyalurkan dana kita melalui Lembaga Amil Zakat.
Semoga bermanfaat,
Salam,





Rekening Donasi Lazis Baiturrahman
BSM 0500217029
CIMB Niaga Syariah 5350100068007
BNI Syariah 0268583724
Bank Jateng Syariah 5031000799

Join Us
Sobat Zakat Lazis Baiturrahman
FB / Fanspage : Lazis Baiturrahman
IG : @lazisbaiturrahman
Twitter: @lazisbaiturrahm
Youtube: Lazis Baiturrahman 
Call center : 085100999774

5 comments:

  1. Mumpung pas momenya bulan Muharam ya say mau lah jadi donatur nya lazis

    ReplyDelete
  2. Semakin mudah kalo mau sadakoh karena LAZ

    ReplyDelete
  3. Semoga selalu amanah. :D Alhamdulillah kalau ada lembaga amil zakat yang terpercaya

    ReplyDelete
  4. Kalo sedekahnya lewat LAZ, Insya Allah tepat peruntukan ya Mbak :)

    ReplyDelete
  5. Programnya banyak banget ya mbak. Semoga Lazisba semakin besar dan terpercaya :)

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam