Wednesday, 12 October 2016

Cara legalisir Ijazah dan Transkrip Nilai FIB Undip


Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum,
Semarang mendung nih, Temans! Bagaimana di tempat kalian? Semoga meskipun mendung tetap semangat untuk berkarya. Mendung-mendung gini memang enaknya tidur ya. Eh!
Ngomong-ngomong beberapa waktu yang lalu saya dapat broadcast di WhatsApp seputar adanya penerimaan tenaga kerja baru di kementrian. Seleksinya serentak dan infonya bisa dilihat di link yang ada di BC itu. Tapi sayang chat-ny
a dicari belum ketemu, mungkin sudah kehapus karena saya sekarang rajin ((rajin)) sekali hapus chat supaya henpon tidak lemot seperti sebelum-sebelumnya.
Nah, dari sekian persyaratan administrasi untuk ikut seleksi pasti ada IJAZAH, TRANSKRIP NILAI, dan SURAT AKREDITASI KAMPUS saat kita lulus atau tahun saat seleksi berlangsung. Buat Teman-teman yang masih fresh graduate biasaya lebih mudah karena tidak perlu lagi legalisir ijazah dan transkrip nilai karena masih banyak stok. Kalau yang sudah lulus lama (seperti saya) ini jadi kerepotan kalau mau daftar-daftar. Untungnya saya sekarang tinggal di Semarang jadi bisa dengan mudah mblandang ke kampung untuk legalisir.

Nostalgia di Kampus FIB Undip
dok. Pribadi

Siang-siang, langitnya biru cantik sekali
kampus FIB Undip dilihat dari parkiran
dok. pribadi


Beberapa waktu yang lalu, saya ke kampus untuk nostalgia eh nggak ding, wong dulu saya kuliah di kampus Pleburan sementara perginya ke kampus Tembalang. Lumayan juga sih, nostalgia sedikit karena beberapa pegawai dan dosen masih ada yang mengenali kami.
Errh, sudah-sudah! Skip seputar nostalgianya! Hahaha
Intinya waktu itu kami niatnya juga mau legalisir sama minta surat aktreditasi, ternyata ada aturan baru untuk legalisir jadi kami hanya minta akreditasi saja.
Saya bagi nih informasi yang ada di kertas di loket TU FIB Undip

MEKANISME LEGALISASI IJAZAH DAN TRANSKRIP NILAI BERLAKU MULAI BULAN FEBRUARI 2016
1.       Membayar biaya legalisasi ijazah dan transkrip nilai di Bank Mandiri dengan rekening:
GNC FIB
Nomor rekening: 136.00.0664458.4
Biaya legalisir Rp.2.000/lembar
Pembayaran dilakukan di Teller atau melalui Transfer ATM (Tidak diperkenankan menggunakan e-banking atau SMS Banking)
2.       Bukti Pembayaran/transfer diserahkan beserta lembar ijazah ataupun transkrip nilai yang akan dilegalisasi ke bagian kemahasiswaan
3.       Pengambilan berkas legalisasi ke bagian kemahasiswaan
LEGALISASI SERTIFIKAT TOEFL SEU (Minimal 5 lembar)
1.       Membayar biaya legalisasi ke bagian keuangan dengan biaya Rp.1.000/lembar
2.       Pengambilan berkas legalisasi di bagian kemahasiswaan

Ada ATMN Mandiri yang dekat kampus, tepatnya di depan kampus FISIP
di seberang FIB
dok. pribadi
Semoga cukup jelas, ya Temans... kalau jumlah maksimal berapa lembar tidak disebutkan tuh, dan tidak ada keterangan harus menyertakan ijazah dan transkrip nilai yang asli juga.
Terus, kalau mau minta surat akreditasi kampus bagaimana?
Mudah sekali...! untuk meminta surat akreditasi kampus tahun ini, datang saja ke kampus lalu ke bagian akademik. Cari saja Mba Lindra (kalau yang angkatan saya tahun 2005 pasti kenal siapa Mba Lindra. Hehe). Mbak Lindra akan memberikan fotocopy berkas akreditasi dari BAN-PT yang menyebutkan nilai akreditasi fakultas dan jurusan lengkap dengan beberapa lembar lampiran. Kalau butuh beberapa, sebaiknya difotocopy lalu minta stempel ke loket yang tersedia di depan jurusan Sastra Inggris.
Sedangkan untuk meminta akreditasi jurusan di TAHUN KITA LULUS (misalnya saya lulus tahun 2010), hubungi Mba Wulan di ruang jurusan Sastra Inggris. Mba Wulan akan memberikan kita surat akreditasi dari BAN-PT yang langsung dicetak dari komputernya.
Begitu, ya temans.. kalau misalnya ada yang butuh surat akreditasi tahun 2010 saya punya salinan-nya yang sudah saya scan. Silakan bisa hubungi saya ya.. tapi kalau untuk yang akreditasi tahun 2016 belum saya scan, karena waktu mendaftar sebelumnya hanya butuh akreditasi saat lulus.
Semoga bermanfaat,
Salam,


10 comments:

  1. Yang kampus FIB Pleburan itu sekarang kosong ya. Pernah lewat, kondisinya tak terawat. *Nostalgia jaman kuliah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih dipakai Mba, buat D3

      eh, Mba Rochma dulu Sastra juga?

      Delete
  2. Replies
    1. Nggak Mba, malah nggak kepakai banget tuh kartu IKA Undip. kalau buat aku sih.. hehe

      Delete
  3. Sama mba di tasik juga udah beberapa hari kebelakang selalu mendung nih tapi saya gak patah semangat buat ngblog lhoo :-)

    kalau masalah kampus sih saya nyerah deh mba saya bukan anak kuliahan :-)

    ReplyDelete
  4. Aku pikir pake kartu alumni, eh ternyata ga yo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak Mba, di fak saya nggak pakai.Nggak tau sih kalau Fak lain ;)

      Delete
  5. Biayanya meski tidak mahal mesti melalui bank ya, Mbak, salut banget ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas, sama aja dengan legalisir sebelum biayanya via rek bank

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam