Sunday, 10 April 2016

Aktivitas Seru Saat Liburan di Rumah


Assalamu’alaikum, Temans.
Bosan jalan-jalan? Stay di rumah aja yuk! Eh, kebalik ya?! Hehe.
Agak gimana gitu ya ngomongin tentang liburan di rumah secara saya ini full time mother kebanyakan gaya. Aktivitas saya setiap hari di rumah bersama si-Kecil kecuali jika ada agenda kopdar ceria bersama emak-emak sosialita. Liburan itu artinya saat suami tidak masuk kerja meskipun bukan hari libur. Ko bisa?! Iya, karena mengabdi di lembaga sosial dan jadwal kerjanya sering tak menentu.
Saat liburan kami jarang sekali mengagendakan berwisata ke suatu tempat. Seperti beberapa waktu yang lalu saat long weekend saya mengajaknya pergi ke Cimory Bawen dan Umbul Sidomukti _yang sudah lama sekali kuidamkan_ rupanya dia pun menolak karena ada agenda kantornya. Apalagi libur akhir pekan biasanya tempat wisata penuh sehingga tidak bisa menikmati dengan leluasa, dan saya mengiyakan alasan yang satu ini.
Sabtu malam Minggu tiba-tiba dia bilang ingin mengajakku pergi di hari Senin. Nggak salah tuh weekdays jalan-jalan? Ternyata dia berniat ambil cuti sehari. Alhamdulillah... sejak rencana itu ia utarakan si-Kecil Hasna sudah kusiapkan untuk mbolang. Mulai ku-sounding bahwa kami akan berjalan-jalan naik motor ke tempat yang agak jauh. Bekal perjalanan sudah siap, bahkan sampai kaos tangan dan masker pun sudah kumasukkan ke dalam tas agar tidak ketinggalan.
Senin pagi kami siap berangkat, tiba-tiba Mbah kakungnya yang sedang pulang tertarik untuk ikut. Ada Mbah kakung tidak bersama Mbah Uti tentu kurang lengkap, bukan? Akhirnya beliau mengajak pergi naik mobil saja. Alhamdulillah... rejeki nomplok ini mah namanya.
Ish!. Ko malah bahas ini sih?! Eheheh *piss
Saat hari libur tapi hanya bisa jadi DRS alias di rumah saja, bagaimana perasaanmu?
Tidak perlu sampai berucap “Rangga, yang kamu lakukan itu jahat!” gitu kan?! Liburan di rumah bukan berarti tidak ada hal menyenangkan yang bisa dilakukan bersama keluarga. Justru ada banyak hal yang bisa meningkatkan bonding khususnya antara ayah dan anak. Saya tanya deh, sama para ayah yang bekerja di kantor, selama weekdays itu apakah punya waktu banyak bersama anak-anak? Jika jawabannya ya, alhamdulillah. Tapi jika tidak, weekend adalah waktu yang tepat untuk membayar waktu yang terlewatkan sebelumnya. oia, Bonding dengan istri juga perlu kan?!
Hey! Dunia belum berakhir bila kau putuskan aku eh maksudnya jika menghabiskan waktu libur di rumah. Banyak hal yang bisa dilakukan bersama keluarga.
Bersih – bersih Rumah
Kalau tidak sedang liburan, membersihkan rumah secara total biasanya sering dinomorsekiankan bukan? Terutama jika pekerjaan rumah sehari-hari pun sudah menumpuk. Saat liburan, akan mengasyikkan jika beberes rumah dan melibatkan anak-anak. Aktivitas ini juga bisa melatih anak-anak untuk bekerjasama dan bertanggung jawab. Selain itu, mengatur ulang kamar anak juga akan menyegarkan.
Memasak
Temans, kamu suka memasak? Kegiatan ini sangat fun dilakukan bersama keluarga di masa liburan. Setelah sibuk menyiapkan bahan untuk masak dan mengolahnya, waktu makan bersama terasa lebih lezat dan akrab. Apalagi memasak bisa untuk mengasah kecerdasan anak, lho!


Membuat Mainan Bersama Anak
Anak-anak bosan liburan di rumah? Kegiatan membuat mainan atau kerajinan bisa dijadikan alternatif membunuh kebosanan mereka. Lihat apa yang mereka sukai lalu pancing dan dampingi mereka untuk berkerasi dengan bahan-bahan yang ada di sekitar rumah.

Mengadakan Jamuan Makan
Sekali-sekali, tak ada salahnya kita mengundang saudara dekat atau tetangga untuk makan di rumah kita. Selain sebagai sarana bersosialisasi dengan tetangga, anak-anak pun akan senang dengan kedatangan banyak orang apalagi teman sebayanya.


Nonton Film
Nonton film di rumah pun bisa mengasyikkan lho. Pilih film keluarga yang mendidik sehingga bisa memberikan input positif bagi anak-anak. Buat suasana senyaman mungkin. Jika punya home teater akan lebih mengasyikkan namun jika tidak ada bukan berarti kita tidak bisa menciptakannya bukan? Bahkan dengan laptop dan bantuan LCD projector kita bisa mendapatkan tampilan yang bagus.

Berkebun
Kalau rumput tetangga terlihat lebih hijau, artinya kita harus lebih rajin merawat rumput kita sendiri supaya tetap hijau, tidak mengering karena kekurangan air. Berkebun juga sarana yang oke punya untuk dilakukan di masa liburan. Mencoba hidroponik atau bertanam secara konvensional sama saja manfaatnya.  


Bagaimana? Siap menghabiskan liburan di rumah? Yuk ah, Temans! No more galau kan?!
Salam,

14 comments:

  1. kami sekeluarga suka menghabiskan waktu di rumah
    anak kedua suka gambar hehehe
    salam sehat dan semangat

    ReplyDelete
  2. Paling suka ngabisin waktu liburan saat dirumah dengan masaaaak.. ayee

    ReplyDelete
  3. kalo saya ketika liburan di rumah suka maen games

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuhu.. main games asal jangan sampai lupa waktu, yes :D

      Delete
  4. Liburan nggak harus nunggu tanggal merah dan hari Minggu, kapan saja bisa liburan.. apalagi di rumah.. seruuu :) Asal tahu caranya ya, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuul banget :)

      yang penting hepi... hihi

      Delete
  5. kalo liburan pengennya bebersih rumah mbak tapi suami dan anak-anak maunya jalan-jalan. walhasil pulang jalan-jalan masih harus nginem di rumah. eee malah curhat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. berarti harus diagendakan pas libur agak panjang, 1 hari khusus buat bersih2 Mba.. :)

      Delete
  6. Memasak bersama keluarga itu sangat mengasyikkan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tentu! sangat menambah bonding keluarga :)

      Delete
  7. Saya dan keluarga biasa liburan di rumah saja. Kesempatan buat rame-rame beresin rumah dan sekitar. :) Kalaupun jalan2, paling gak sampai keluar kota.

    ReplyDelete
    Replies
    1. :) Alhamdulillah jadi ada kesempatan buat bersih-bersih rumah ya..

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam