Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Cek 8 Bagian Ini saat Servis Motor

bagian yang wajib dicek saat servis motor

Sudah nggak zaman lagi nih, ada meme yang mengolok-olok kaum hawa karena nggak pernah servis motor. Apalagi kasus dan keroposnya rangka eSaf yang baru-baru ini meresahkan. Nggak ada alasan lagi buat nggak mau belajar merawat kendaraan roda dua milik sendiri dan rutin melakukan servis sepeda motor. 

Servis merupakan pengecekan kendaraan bermotor secara rutin setelah mencapai pemakaian jarak tertentu. Gunanya, untuk memastikan kondisi kendaraan bermotor selalu prima. Umumnya, servis rutin ini dilakukan setiap 1-2 bulan sekali. 

Perhatikan 8 Bagian ini Saat Servis Motor 

Apa saja sih, bagian yang harus diperhatikan saat akan servis motor? Yang pasti, selain budget yang harus disiapkan secara rutin untuk perawatan motor, wajib juga memperhatikan 8 hal yaitu: Oli mesin, oli gardan, busi, kampas rem, filter udara, aki, ban, dan tune up motor rutin. 

Yuk, kita bahas satu-persatu

1. Oli Mesin

Terkadang, saking malasnya atau karena nggak ada waktu (atau belum ada anggaran sekadar ganti oli mesin seperti kasus motor saya dulu), akhirnya motor dibiarkan begitu saja, terus-menerus dipakai tanpa diservis secara rutin. Akibatnya, oli mesin kotor dan bahkan hampir habis ketika masuk bengkel. Tentu saja akan mengakibatkan efek domino, yaitu rusaknya bagian-bagian lain. Sayang sekali kan, kalau karena kelalaian kita sendiri berakibat motor jadi lebih cepat rusak. 

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Umumnya, disarankan untuk mengganti oli mesin setelah mencapai pemakaian 2.500 KM. 

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan/retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km. Artinya, penggunaannya bisa 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli. 

Dengan begini kita bisa juga menghemat anggaran untuk oli, yang biasanya berupa biaya pembelian ditambah jasa ganti olinya. 

2. Oli Gardan

Berbeda dengan oli mesin yang berfungsi sebagai pelumas berbagai komponen mesin, oli gardan berfungsi sebagai pelumas bagian kontak gigi di box gardan. Temans pengguna motor matic juga wajib mengganti oli gardan secara rutin. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT).

Waktu penggantian oli gardan sedikit berbeda dengan oli mesin. Jika oli mesin disarankan sekitar 2500 – 5000 KM jarak tempuh, disesuaikan dengan kualitas oli yang digunakan, maka peggantian oli gardan disarankan setiap 2x ganti oli mesin. Jadi, saat ganti oli mesin kedua, dibarengi dengan ganti oli gardan.

3. Busi

Busi merupakan kompenen penting dalam sepeda motor. Busi berfungsi mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala. Kita akan mengalami kendala saat menyalakan motor jika busi mengalami masalah. 

Untuk itu, harus dicek secara berkala dan dilakukan penggantian jika sudah tidak berfungsi dengan baik. Menjadi perhatian juga bagi Temans yang tinggal di daerah rawan banjir, karena sering mengalami masalah busi saat motor menerjang banjir. 

4. Kampas Rem

Jangan menyepelekan kondisi kampas rem, karena sistem pengereman sangat berpengaruh terhadap keamanan berkendara. Jika kampas rem sudah tipis, rem kurang pakem sehingga rawan terjadi kecelakaan. 

Pengalaman teman saya beberapa tahun silam saat berkunjung ke rumah saya menggunakan sepeda motor. Beliau melakukan perjalanan Semarang-Wonosobo berboncengan. Esoknya, kami berencana jalan-jalan ke Dieng. Rupanya kondisi motor kurang prima, dan setelah dicek, kampas remnya sudah tipis.  Bersyukur, sebelum berangkat ke Dieng kami cek kondisi motor terlebih dahulu, karena akan menempuh jalur di daerah pegunungan dengan kondisi jalan banyak menanjak dan berkelok. 

5. Filter Udara

Fungsi filter udara adalah menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator. Biasanya, pemeriksaan akan dilakukan terlebih dahulu, sebelum mekanik memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

6. Aki atau Accu

Kondisi aki sanat berpengaruh bahkan sejak awal menyalakan motor. Aki yang sudah soak juga akan membuat berbagai elemen tidak berjalan sebagaimana mestinya. Tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt. Jika tegangan aki tidak sesuai ketentuan, artinya sudah tidak layak dan perlu dilakukan penggantian. 

7. Ban

Jangan sepelekan juga kondisi ban, lho. Ini penting banget. Saya sendiri pernah mengalami kecelakaan motor tunggal dengan teman saya akibat ban yang sudah gundul. Hanya karena menghindari lubang kecil di jalan, ban yang sudah gundul kemudian selip dan membuat kami berdua terkapar di aspal hingga kaki berdarah dan baju robek. 

Pada saat servis motor, mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Rutin

Istilah tune up motor mengacu pada pemeriksaan rutin yang meliputi semua komponen yang berpengaruh terhadap performa motor secara keseluruhan. Pemeriksaan biasanya fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Buat Temans pengguna motor matic, terkadang tune up disertai dengan ganti oli mesin matic, ganti oli gardan, dan penggantian spare part. Mekanik akan terlebih dahulu melakukan pengecekan, jika Temans setuju, maka akan dilanjutkan dengan penggantian atau perbaikan part penting tersebut. 

Rekomendasi Bengkel Servis Motor Terbaik

Banyak orang yang khawatir ketika akan melakukan tune up motor rutin atau servis berkala lainnya dimanfaatkan oleh oknum mekanik dengan penggantian spare part yang sebenarnya masih layak pakai. Untuk itu, harus teliti dan menemukan rekomendasi bengkel servis motor terbaik agar terhindar dari hal-hal demikian. 

Bengkel terbaik yang direkomenasikan teman saya adalah Planet Ban. Di sini kita bisa mendapatkan layanan servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Wah, keren juga ya, pastinya yang kita harapkan adalah setelah diservis motor akan terasa seperti baru lagi. Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

keunggulan servis motor di planet ban

Manfaat dan Keunggulan Melakukan Servis di Planet Ban 

1. Servis Motor Rasa Baru

Jika Temans servis motor di Planet Ban, menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet (jarang rusak).

Servis terbaik ini akan leboh optimal jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli. Hasilnya, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng

Jika kamu servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika kamu melakukan service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru. 

2. Lebih Hemat

Ganti oli di Planet Ban, disarankan setelah mencapai jarak tempuh 5000km, tidak seperti di tempat lain yang umumnya hanya sampai jarak tempuh 2500 KM. Artinya, hanya kurang lebih 4-6 bulan sekali untuk ganti oli mesin. Jadi lebih hemat, bukan? Karena intensitas ke bengkel jadi lebih sedikit. 

Selain itu, Harga service motor di Planet sangat lengkap dan terjangkau. Untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,- gimana? Bisa makin banyak saving nih!

3. Ramah Lingkungan

Servis motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru lho! Dengan teknologi terpadu servis rasa baru. Hasilnya, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total. Keunggulan yang kita dapatkan ini membuat kita ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Ternyata banyak ya keunggulan dan manfaat servis di Planet Ban. Nah, jangan lupa Temans untuk selalu rutin merawat motor kesayangan dan perhatikan 8 hal di atas saat servis motor. 

Semoga bermanfaat, 

Salam, 

18 komentar untuk " Wajib Cek 8 Bagian Ini saat Servis Motor "

  1. Wah tips yang sangat membantu buat pemotor ya Bund. Mau motor yang awet ya harus rutin dirawat hihi.

    BalasHapus
  2. Kalau mau motor awet emang perlu dirawat ya, perlu servis rutin biar motor kita performanya juga bagus. Thanks buat tipsnya, kadang yang paling sering diperhatiin cuma oli, busi 🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paling nggak tetep dicek lah, nggak disuruh kerja rodi terus-terusan tanpa diperhatikan

      Hapus
  3. Setuju, meski emak2 kita juga harus ngerti urusan servis motor. Ya minimal ngerti waktunya kapan harus servis hehe.

    BalasHapus
  4. Ternyata ada banyak sekali ya bagian yang wajib ketika melakukan service motor

    BalasHapus
  5. Aku juga kalo servis rutin seringnya ke Planet Ban, nggak cuma layanannya yg bagus, tempatnya juga bersih dan bisa ditemuin di mana-mana

    BalasHapus
  6. Aku pun sama, semenjak berjauhan dengan suami harus merawat motor sendiri. Dari nyuci bagian luar sampai pergi ke bengkel untuk servis rutin. Apalagi motorku termaauk motor besar yang butuh perhatian khusus, telat servis aja langsung membengkak biayanya...karens ada onderdil yang harus diganti. Dan Planet Ban juga jadi langgananku intuk servis motor.

    BalasHapus
  7. Biasanya check busi yang selalu kelupaan, tempatku juga ada planet ban mbaa dan ada 2/3 tempat jadi enak kalo mau servis ndak jauh

    BalasHapus
  8. Emak-emak memang kadang gitu, ya. Wajib tahu sih, minimal rutin bawa ke bengkel deh kalo nggak paham

    BalasHapus
  9. Terimakasih sharing infonya Rin.. Meski bertahun menjadi pengendara motor tapi aku awam banget ttg mesin motor. Selama ini kalau servis ya tahu jadi saja, hehe.. Nah sekarang jadi ada pengetahuan baru nih .

    BalasHapus
  10. Biarpun cewek, kalau pengendara motor harus tahu ya bagian penting ini biar perhatian buat rajin servisnya

    BalasHapus
  11. Motor matic itu kalo dirawat dengan baik, dapat digunakan dalam jangka panjang. Dulu awal kenal Planet Ban untuk servis motor matic, agak kaget. Suamiku bilang servis per 3 bulan, kirain cuma bisa beli ban. Ternyata ada juga pelayanan untuk servis motor. Mantap sih pelayanan di bengkel ini

    BalasHapus
  12. Apakah aku termasuk wanita yang rare? selalu rutin service dan ganti oli? ehhehe...thanks infonya mba Arina, mau juga kapan kapan servis ke planet ban.

    BalasHapus
  13. motor kalau udah nggak sehat ini tuh, gampang dititeni ya mba.
    jadi nggak enak dinaikin dan mesinnya rewel. Allhamdulillah diingatkan buat rajin servis jadinya

    BalasHapus
  14. Aku dulu ga mau n
    Mikirin yg beginian mumet lah cukup tau makenya aja sampe akhirnya ngalamin mogok di jalan baru deh insyaf dan mulai belajar dikit soal permesinan dan servis ruti n

    BalasHapus