Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Must Have Modest Fashion Items

modest fashion mush have items

Halo, siapa nih yang menganut gaya modest fashion dalam berpakaian, baik bahijab maupun tidak?Vibes-nya tuh adem gitu ya kalau melihat gaya fashion bersahaja ini. Anggota tubuh tertutup, terlihat simpel tapi juga bisa tampil elegan dan manis. Sedikit kita bahas tentang gaya berbusana ini, yuk.

Sekilas tentang Modest Fashion, Tren Berbusana Menutup Tubuh

Bicara tentang modest fashion, banyak orang yang menyamakannya dengan hijab fashion. Sebenarnya, modest fashion lebih luas lagi karena lebih umum. Selain itu, tiap negara/daerah juga punya ciri khas atau kearifan lokal masing-masing dalam modest fashion.

Gaya berbusana menutup tubuh ini memang diinisiasi dan diangkat ke permukaan oleh muslim, tetapi tidak hanya muslim yang menerapkannya.

Dalam masyarakat tradisional pun kita banyak mengenal pakaian tertutup sejak dulu. Lihat saja busana khas masyarakat Minang, Kebaya Khas Jatim, baju kurung Malaysia, Hanbok Korea, Kimono Jepang, juga pakaian khas negara lain.

Dilansir dari kompas.com, modest fashion berkaitan dengan kesadaran dalam hal menutupi bagian tubuh, baik karena alasan agama, etnis, atau alasan lain.

Franka Soeria, Council of Modest Fashion memaparkan bahwa modest fashion adalah fashion yang meaningful.

Menurut Franka, Modest fashion digerakan oleh perempuan untuk perempuan. Perempuan mendefinisikan kembali apa arti cantik bagi mereka. Mereka lah yang mengambil kontrol atas dirinya sendiri.

"Cantik atau keren tidak berarti selalu melulu memakai baju terbuka, apabila perempuan memilih tampilan elegan dengan lebih tertutup untuk dirinya, so be it!", tutur Franka .

"Kalau perempuan punya hak memakai baju terbuka, maka ia pun punya hak memakai baju tertutup", ujar Franka

Inilah Item Wajib buat Kamu yang Memilih untuk Berbusana Tertutup Bersahaja (Modest Fashion)

1. Kemeja Lengan Panjang

Untuk tampil bersahaja dan melindungi tubuh, kemeja lengan panjang wajib dipunya. Khususnya kemeja lengan panjang model oversized sehingga menutupi bagian belakang sampai di atas lutut.

2. Blazer

Untuk acara resmi, blazer memang umum digunakan dan cocok untuk pengguna modest fashion. Namun saat ini blazer tak hanya digunakan dalam kesempatan acara resmi, sesuaikan saja dengan gayamu untuk mix and match koleksi modest fashion yang kamu miliki.

3. Kulot

Memadukan blazer dan kulot, why not? Bagus banget kan hasilnya. That's why kulot juga menjadi must have item yang harus ada di lemari kamu.

4. Rok A-Line

Rok A-line membuat pemakainya tampil elegan, sederhana, dan manis. Rok ini juga bisa digunakan untuk berbagai acara baik kasual maupun formal. Termasuk ke dalam fashion item yang tak lekang zaman.

5. Tunik

Tunik, atasan dengan panjang melebihi model blouse, biasanya juga menjadi pilihan wajib bagi para pengguna modest fashion. Tunik juga bisa dipadu padan dengan kulot, rok, atau celana panjang model lain sesuai selera masing-masing.

6. Pleated Skirt/Rok Plisket

Rok plisket pastinya bikin pemakainya tampil lebih elegan tetapi tidak mengurangi ruang gerak kaki. Rok ini juga termasuk item busana yang tidak terpaku zaman.

7. Sport Wear

Baju olahraga khususnya baju renang juga harus menjadi perhatian supaya gaya modest-nya nggak setengah-setengah. Ya nggak sih, bagi muslimah atau pengguna modest fashion rasanya pasti lebih nyaman jika berenang dengan baju renang tertutup atau biasa kita kenal dengan baju renang muslimah/ muslim swimwear.

Selain melindungi bagian tubuh agak tidak terekspos berlebihan, baju renang muslimah juga membantu melindungi dari sinar UV terutama saat berada di kolam renang outdoor. Terapkan hal yang sama untuk olahraga lainnya, pilih busana olahraga yang nyaman dan menutup tubuh.

Salah satu rekomendasi baju renang muslimah adalah produk dari Lyra.

Lyra yang berpusat di London ini, berupaya untuk berinovasi dengan modest swimsuit atau burkini. Studio Lyra di London, pabrik kain di Bergamo Italia, dan proses produksi di Istanbul. Wow!

Lyra swimwear
Model Lyra swimwear yang kusuka

Proses kreatif hingga menjadi selembar baju renang ini bukanlah perjalanan yang mudah dan singkat. Dimulai dari pembuatan dan pemilihan desain, lalu berlanjut pemilihan kain yang benar-benar dipastikan kualitasnya. Kain yang digunakan adalah kain khusus untuk baju renang terbaik di Italia yang telah melalui riset panjang.

Kain tersebut bisa melindungi dari sinar UV, 4x perlindungan SPF, dan juga melindungi dari pasir terutama saat digunakan di pantai. Lyra sangat memerhatikan setiap tahapan produksi dan memastikan produknya sampai ke tangan pengguna tanpa cacat sedikit pun.

Setelah melalui 11 tahapan produksi, pengecekan dan seterusnya, barulah produk baju renang Lyra siap untuk didistribusikan ke seluruh dunia.

Ada yang sudah mencoba produk Lyra?

Oh ya, sebaiknya pilih warna yang netral supaya item fashion bisa di-mix and match semaksimal mungkin agar tidak terlalu banyak menumpuk pakaian. Namun semuanya kembali kepada pemakainya, sesuai selera masing-masing.


Semoga bermanfaat,

Salam,


 

Sumber tulisan:

Website resmi Lyra

Artikel kompas.com:

https://www.google.com/amp/s/amp.kompas.com/parapuan/read/532902143/ternyata-ini-makna-modest-fashion-yang-sering-dianggap-busana-muslim

Posting Komentar untuk "7 Must Have Modest Fashion Items"