Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Kamu Harus Menggunakan Aplikasi Flip

alasan mengapa menggunakan Flip

Sudahlah laba hanya sedikit, masih kepotong untuk biaya administrasi dan transfer bank. Hiks. Itulah salah satu "derita" yang dialami oleh online shopper apalagi yang statusnya reseller atau dropshipper. Iya, seandainya bisa transfer antarbank tanpa biaya admin, itulah harapan saya waktu itu. 

Sejak saya mengelola online shop beberapa tahun yang lalu dan suami membuka usaha penerjemahan dokumen, kami membuka beberapa rekening bank. Tujuannya agar customer bisa memilih transfer ke rekening yang sama agar tidak kena biaya, dan kami pun lebih leluasa untuk urusan pembelian ke supplier.

Kurang lebih tahun 2016, beberapa teman menyarankan untuk menggunakan aplikasi Flip, agar transfer antarbank bisa tanpa biaya admin. Saya yang waktu itu belum paham cara kerjanya justru malah mikir yang nggak-nggak. Gimana bisa tanpa biaya transfer? Selisih biaya transfernya digimanain? Belum tahu banyak tapi justru antipati, itulah saya terhadap flip pada waktu itu. 

Harap maklum, untuk browsing dan aktivitas lain di dunia maya masih terbatas karena belum bisa akses wi-fi. Mau tak mau, harus menghemat kuota internet dan mementingkan untuk blogging atau jualan online. 

Tahun 2020, setelah  berkali-kali teman merekomendasikan flip, barulah saya mulai menggali lagi informasi. Ternyata, sistem flip lebih seperti membantu orang lain untuk transfer menggunakan rekening bank yang sama sehingga tidak dikenai biaya. Mulia banget ya, niat founder flip, yang mana mereka dulu masih mahasiswa. 

Flip adalah pionir penyedia layanan transfer beda bank gratis. Didirikan oleh Rafi Putra Arriyan, Luqman Sungkar, dan Ginanjar Ibnu Solikhin pada tahun 2015. Mereka merupakan mahasiswa di Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Indonesia.

manfaat menggunakan aplikasi Flip
Dana yang berhasil dihemat dan saldo di Flip

Alasan Menggunakan Aplikasi Flip 

Flip Resmi Terdaftar OJK

Berhubungan dengan uang itu memang harus ekstra hati-hati apalagi jika melibatkan pihak ketiga. Terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjadi syarat mutlak untuk menggunakan jasanya. Meskipun saat ini ada juga oknum yang menyalahgunakan izin OJK. 

Transfer Antarbank Gratis tanpa Biaya Admin

Biaya transfer antarbank rata-rata 2.500 – 6.500, bukan biaya sedikit bagi pengais receh macam saya. Apalagi jika dalam sehari transfer berkali-kali. Flip adalah solusi yang sangat membantu karena dengan aplikasi ini kita bisa transfer uang tanpda dikenakan biaya alias gratis tis gretong. Namun Flip membatasi transaksi transfer antarbank maksimal sejumlah 5 juta/hari. 

Transaksi Aman

Keamanan transaksi adalah salah satu hal yang dijamin oleh Flip. Sejauh ini, saya selalu menggunakan flip untuk transaksi di luar BCA. Pernah satu kali salah transfer dan otomatis transaksi tidak bisa diteruskan ke bank tujuan. Saya lupa mencantumkan kode unik, hanya transfer nominal yang akan saya transfer. Akibatnya, transaksi tidak berhasil. 

Saya pun langsung mengikuti panduan untuk konfirmasi dan mengurus pengembalian dana. Setelah saya kirimkan bukti sesuai prosedur, dana dikembalikan dalam jangka waktu kurang lebih 24 jam. 

Selisih Dana Masuk sebagai Saldo

Setiap transaksi di Flip, kita akan diberi kode unik sebagai penanda transaksi. Tenang, 3 digit di belakang nominal tersebut dikembalikan oleh flip dan masuk sebagai saldo flip. Saldo ini bisa digunakan untuk membeli pulsa/token listrik dan bisa ditransfer juga jika saldo mencukupi, bisa juga ditarik kembali. 

Bisa Transfer 24 Jam

Sebelumnya, jam operasional Flip mulai pukul 07.00 – 20.00 WIB, tetapi sejak akhir tahun 2021, Flip membuat perubahan yang cukup memuaskan. Transaksi untuk bank tertentu (semua bank nasional dan beberapa bank lain) bisa dilakukan selama 24 jam. Jadi tenang nih kalau sewaktu-waktu mau transfer apalagi jika kita pengguna bank-bank nasional tersebut. Namun saya memilih untuk menghindari transfer terlalu malam, karena jika terjadi hal yang tidak diinginkan, tidak bisa langsung mengurusnya ke cabang terdekat. 

Kirim Uang ke Luar Negeri

Saat ini, Flip juga melayani transfer dari Indonesia ke luar negeri yang meliputi 12 negara, yaitu Malaysia, Singapura, Korea Selatan, Jepang, India, Thailand, China/Tiongkok, Filipina, Australia, Hong Kong, UK, dan Turki. Catatannya, jika uang yang diterima Flip sebelum pukul 09.00 WIB, dana akan sampai di penerima pada hari Selasa. Jadi ada selisih minimal 1 hari untuk transaksi ke luar negeri. Untuk yang ini saya belum bisa berkomentar karena belum pernah mencoba. Barangkali ada Temans yang pernah melakukan transaksi transfer ke luar negeri dengan Flip, boleh banget untuk ngasih insight seputar itu. 

Well, Flip sebagai aplikasi transfer antarbank tanpa biaya admin memang sangat membantu dan bermanfaat khusunya untuk onlineshopper dan UMKM. Semoga makin berkembang dan meluas manfaatnya. Aamiin. 

Oh ya, ini murni berdasarkan pengalaman saya, ya. Memang Flip sangat direkomendasikan untuk dugunakan.  Temans yang belum punya Flip dan ingin mendaftar, bisa menggunakan kode referal MIIR2595 atau ke Playstore/Appstore untuk mengunduh aplikasi Flip

Semoga bermanfaat,

Salam,  

1 komentar untuk " Alasan Kamu Harus Menggunakan Aplikasi Flip"

  1. Memang flip membantu banget masalah kirim uang, belum lagi bisa kirim uang ke luar negeri. Masih ada kemudahan lainnya, biasanya juga kalau transfer ada uang admin yang bikin sedih banget :) ini mah mudah banget apalagi ga perlu keluar rumah hehe.

    BalasHapus