Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengatasi Kejenuhan Beraktivitas di Rumah

Tips mengatasi kejenuhan di tengah rutinitas

Mengalami kejenuhan saat masih beraktivitas di rumah saja tapi bingung bagaimana mengatasi jenuh? Duh, ini “penyakit” yang dialami oleh banyak orang, apalagi ibu rumah tangga yang lelah mental karena setiap hari dihadapkan pada rutinitas yang itu-itu saja. Belum lagi masa pandemi yang menyebabkan kita lebih banyak berkutat di dalam rumah. 

Bagaimana caranya mengatasi kejenuhan tersebut? Saya yakin setiap orang punya cara yang berbeda, sesuai dengan kenyamanan dan kondisi masing-masing. Nah, buat yang belum ada ide untuk mengatasinya, semoga 3 cara sederhana mengusir kejenuhan yang biasa saya lakukan ini bermanfaat.

3 Cara Sederhana Mengusir Rasa Jenuh 

Jalan-jalan

Saat rasa jenuh menghampiri, artinya saya dengan butuh pengalihan dari rutinitas. Maka saya butuh udara segar, butuh melihat sesuatu yang lain, dan butuh menggerakkan badan meski sejanak. Solusi paling tepat adalah jalan-jalan. 

Masa pandemi begini, rasanya was-was ya, untuk jalan-jalan ke tempat ramai. Jadi, carilah tempat sepi yang nyaman untuk didatangi. Sederhana saja, terkadang kami hanya sekadar jalan keliling komplek tanpa turun dari sepeda motor. Atau sesekali melipir ke sawah lalu duduk menikmati udara segar sambil menunggu senja. Lain kali bisa mencoba datang ke pantai, sekadar duduk dan menikmati camilan sambil menanti senja turun, atau naik bus bareng anak-anak. Ah ya, terkadang sekadar beli eskrim ke minimarket saja sudah cukup membuat otak dan jiwa kembali segar. Sederhana saja, bukan?

Mencoba Resep Baru 

Saya pernah bercerita, jika saya sedang marah atau emosi tidak stabil, saya suka membuat donat. Aktivitas nguleni adonan dan memukul-mukulnya membuat emosi negatif tersalurkan. Setelah itu, saat donat sudah siap dinikmati dan semua senang, rasanya bahagia tak terkira meskipun badan juga lelah.  Namun sekarang saya jarang membuat donat karena anak-anak tidak sabar menunggu saat adonan di-resting.

Meski tak suka lagi membuat donat, saya masih suka mencoba resep baru untuk mengatasi kejenuhan. Resep sederhana yang tidak membutuhkan banyak bahan dan  cara membuatnya pun praktis. Lebih lagi jika bisa dipraktikkan bersama anak-anak. 

Sekadar membuat burger bersama anak-anak dari bahan yang dibeli di supermarket pun, rasanya sudah bisa membuat hati dan pikiran menjadi lebuh segar. Ingin mencoba?

Main Game Klasik

Siapa tak kenal game klasik Solitaire? Pengguna windows sejak dulu pasti kenal dan pernah memainkannya di sela beraktivitas di depan komputer. Yang klasik memang sering bikin nggak bisa move-on dan tetap asyik, ya kan? Sama seperti game ini. sampai sekarang masih suka aja tuh maininnya sebagai pengalihan dari rasa jenuh saat berkutat di depan layar laptop.

Yakin, main yang klasik nggak bikin makin jenuh? Ya iya dong, soalnya mainnya di website Solitaire dan di sana juga banyak pilihan games menarik lainnya. Mau tahu games favorit saya dan suami? Yuk, intipin! 

serunya bermain hidden object di Solitaire

Hidden Object Games

Sejak dulu saya suka main games hidden object, apalagi saat bersama teman-teman di kos. Modal pinjam komputer atau laptop milik teman, ramai-ramai main hidden object sampai mata pedas kalau levelnya sudah tinggi. Tapi seru, karena main bareng jadi banyak mata yang meneliti setiap benda yang harus dicari.

Di Solitaire Hidden Object Games ini ada banyak pilihan “tempat”, yaitu Castle, China, Circus, Garden, Hotel, Kitchen, Pirate, dan Princess. Di tiap pilihan rata-rata ada 10 level meskipun ada juga yang hanya tersedia 3 dan 8 level. Mana favoritmu, Temans?

bermain sudoku di website solitaire

Logic Puzzle Games

Buat Temans yang doyan matematika dan atau otak kirinya lebih dominan, bakalan cocok banget sama games ini. Di kategori Logic Puzzles, ada pilihan games menarik yaitu: Battleship, Chess, Crossword, Minesweeper, Nonogram, Sokoban, Sudoku, Tetra Blocks. 

Suami saya suka banget tuh main Sudoku, jadi waktu saya sodorin di Solitaire ada Sudoku, langsung kegirangan dan mencobanya. Yeay! Sekarang kalau lagi bosan ngerjain tugas di rumah, bisa sejenak melipir main Sudoku dulu biar fresh.  

Word Games 

Berbeda dengan suami yang lebih suka utak-atik angka, saya memilih untuk utak-atik kata. Seru dan menyenangkan sekali ketika berhasil memecahkan “misteri” Teka-teki Silang, Scramble, atau permainan kata lainnya. Kamu bisa memilih Crossword, Word Search, Letter Logic, Letter Scramble, dan Wordoku. Favorit saya sih masih Scramble, biar sekalian mengingat dan menambah kosakata Bahasa Inggris. Temans suka yang mana? Kuy! Langsung pilih aja mana yang disuka.   

Ternyata Solitaire isinya nggak cuma main poker aja kan? Banyak pilihan menarik yang bisa jadi alternatif saat kita butuh hiburan dan biar otak fresh di tengah rutinitas. Okenya lagi, kita bisa memainkannya via aplikasi atau langsung di websitenya. Sesuaikan aja dengan kondisi masing-masing, ya. 

Apapun yang menjadi pilihan Temans untuk mengatasi kejenuhan, pastinya harus dinikmati agar sesuai tujuan.  Kalau ada yang sama dengan saya, yuk mari kita toss! Nah, kalau Temans punya cara lain mengatasi jenuh, bolehlah sharing di komentar, siapa tahu jadi ide yang patut dicoba.

Semoga bermanfaat,

Salam, 

2 komentar untuk "Mengatasi Kejenuhan Beraktivitas di Rumah"

  1. Nah mantep ini udah bosan banget sering di rumah, memang cuma game yang asyik dilakukan, nih buatb refreshing juga.

    BalasHapus
  2. Bener mba, buatku yg hobi traveling, dan gara2 oandemi udh 2 tahun ga bisa ke bandara 🤣, jalan2 ke Indomaret aja udh happy hahahaha. Yg penting kluar. Kadang saking stressnya, ngajakin suami muterin tol naik mobil. Trus balik ke rumah. Rasanya kalo ngeliat jalanan udh gembira aja bawaan.

    Solitaire ini games kesukaanku jugaaaa 😁. Sejaka tahu plays org, aku jadi sering lagi mainin games ini. Bener2 inget zaman dulu 😄. Seneng aja Nemu website yg punya banyak pilihan games tanpa harus disave dan install.

    BalasHapus