Monday, 31 December 2018

Up And Down My Blog in 2018



Ada apa dengan tahun 2018 istanArina? Tetap ada cerita, tentunya. Tapi, cerita yang bisa dibilang kurang gereget kali ya, hehe.
Sebenarnya di dunia nyata sungguh gereget sekali hidup saya. Saya punya bayi baru berusia 3 bulan saat memasuki tahun 2018, dengan si Kakak balita yang masih cemburuan dengan kehadiran adiknya. Belum lagi kakek yang over-protective dengan adik bayi yang membuat si Kakak makin sering mencari perhatian.
Dalam kerempongan itu, saya masih sangat butuh bantuan dari suami, namun suami mendapat tugas kerja di pulau seberang, Bali. Senang sekaligus hancur hati begitu mendapat kabar yang artinya kami harus menjalani long distance marriage (LDM) sampai waktu yang belum ditentukan. Membayangkan akan LDM selama 2 tahun membuatku patah hati. Untunglah suami berubah pikiran sehingga kami bisa secepatnya boyong ke Bali. Artinya, inilah pertama kalinya saya dan anak-anak naik pesawat. Pindahan ke Bali berempat dengan membawa 10 tas dan koper serta bawaan lainnya. Kebayang ya repotnya? Hehe.

Setelah hampir 5 tahun menikah akhirnya kami hidup terpisah dengan orang tua. Ada rasa berat sekaligus senang karena bisa lepas dari 'ketiak' orangtua. Namun kami juga harus menghadapi berbagai tantangan di perantauan.
Tahun 2018 juga merupakan tahun tak terlupakan, di mana ketiga adik saya menikah. Pertama adik ipar menikah bulan Maret, menyusul kedua adik kandung saya menikah bersamaan di Bulan Juli.
Up and down blogging-nya gimana nih? Iya yak malah bahas yang lain. Beklah.. Mari lanjutkan.
Pertama kita bahas semangatnya dulu ya, yang negatif alias down-nya terakhir aja.

1. Berhasil posting sebanyak 99 Artikel di Blog
Artikel yang saya posting di blog sebagian berupa content placement dan lainnya saya tulis sendiri. Memang sih, kalah jauh dengan 2 tahun sebelumnya dimana saya bisa posting sebanyak 134 artikel.
Alhamdulillah... Saya cukup amazed dengan pencapaian ini karena sempat merasa sangat down dan malas nulis, apalagi sibuk dengan bayi.

Alhamdulillah, meskipun lebih sedikit dari tahun sebelumnya, tetap harus disyukuri

2. Punya 2 domain berbayar / Top Level Domain (TLD)
Yaampuun... Ini sebenarnya baru... banget. Baru beberapa hari kemarin akhirnya saya nekat beli domain untuk blog lama saya. Please welcome www.istanarina.com
Berawal dari keprihatinan terhadap blog bersejarah yang jarang sekali di-update, saya pun ingin menyemangati diri sendiri dengan membeli domain. Iya kan, sudah bayar sewa domain masa blog dianggurin aja?
Blog utama ini saya gunakan sebagai blog ber-niche lifestyle sedangkan untuk blog lama dengan domain baru saya fokuskan untuk tema seputar parenting.



3. Mengikuti Blogger Gathering di Bali
Di Semarang terutama tahun 2017 banyak sekali blogger gathering dan event yang saya ikuti. Sejak saya hamil ke dua hingga bayi lahir saya rajin mengikuti acara.
Setelah pindah ke Denpasar, jarang sekali ada informasi/undangan seputar blogger gathering. Akhirnya ketika ada undangan dan suami sedang off, saya usahakan untuk datang. Senangnya bisa bertemu dengan teman-teman blogger Bali meskipun hanya beberapa orang. Semoga ini jadi awal yang baik buat bisa ikut gathering-gathering selanjutnya.
 
Bersama rekan  blogger Bali dalam gathering

4. Bisa tuntas mengikuti challenge menulis Blogger Perempuan selama 30 hari
Bersyukur dan cukup amazed juga akhirnya saya bisa menuntaskan tantangan itu. Awal-awal sih rajin banget posting, dan sehari sebelumnya pasti artikel sudah siap, tinggal edit sedikit dan posting. Eh, hari-hari akhir jadi sering menyepelekan kalau kebetulan ada acara. Jadinya ngebut 4 artikel dan 2 edit di hari terakhir. Finally, yeaaay!
Dipikir-pikir hanya itu deh pencapaiannya. Hihi. Nggak apa-apa, alhamdulillah semuanya tetep kudu disyukuri karena jungkir balik-nya ngeblog juga kudu diapresiasi paling tidak oleh diri sendiri.
Sekarang bahas kekurangannya ya...,

1. Jarang ikut komba blog
Saya pernah sangat getol mengikuti lomba blog ini itu meskipun hanya sesekali nyantol sebagai pemenang.
Namun, tahun 2018 saya merasa tidak ada semangat untuk 'berlaga' apalagi untuk menulis lomba seputar review gadget. Padahal lomba blog juga bisa jadi cara untuk update blog dan menggali ide menulis.

2. Belum ada progres teknik menulis
Target ngeblog 2018 saya masih jauh dari pencapaiannya. Salah satunya adalah tentang teknik menulis. kualitas tulisan saya seolah mandeg atau malah mengalami kemunduran. Bisa jadi karena saya ngeblog lebih banyak sekadar untuk menumpahkan ribuan kata yang seharusnya keluar. Akibatnya, tulisan banyak yang random kurang tertata.

3. Isi blog masih terlalu random
Memang sih, blog saya ini blog gado-gado yang bahasa kerennya lifestyle. Harusnya sih meskipun gado-gado saya harus punya batasan tema artikel apa saja yang bisa masuk.
Wis lah yo, nggak usah dipikir banget, dinikmati aja proses ngeblognya biar nggak pusing. Wong niatnya ngeblog juga biar happy. Setuju?!

 
Semangaaat!
4. Skill lain untuk daya dukung blogging belum optimal
Skill seperti desain grafis untuk membuat infografis menurut saya sangat penting. Apalagi blogger sekarang dituntut untuk menguasai skill pendukung ngeblog. Tapi lagi-lagi jika tujuannya ngeblog untuk self healing, mau seperti apapun enjoy aja.
Skill yang tak kalah penting adalah penguasaan PUEBI (Panduan Untuk Ejaan Bahasa Indonesia) ini edisi terbarunya EYD_bagi yang belum tahu. Butuh kesabaran dan ketelitian serta konsisten juga. saya pun masih on process sehingga hampir setiap menulis dan edit saya membuka KBBI online dan sesekali membuka PUEBI online.
Itu dia up and down ngeblog saya selama 2018, Temans. Lumayanlah.. Tetap seru terutama momen-momen saat ngejar deadline atau baper sama agency. Ups.
InsyaAllah #2019TetapNgeblog dengan lebih produktif dan lebih berkualitas. Aamiin. Semangaaat!!
Semoga bermanfaat,
Salam,

4 comments:

  1. Alhamdulillah, lumayan juga sih itu hampir 100 postingan. Jd keinget blm ngitung postingan tahun lalu. Hahaha
    Selamat ya mbaa semoga kedepannya lbh produktif. Apalagi udh punya 2 blog tld :)

    ReplyDelete
  2. keren mbak bisa istiqamah...smoga sya 2019 bisa istoqamah ngeblognya...sma mbak sya gado2 isi blognya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. Yaa Rabb.. Gado2 kan enak ya Mba *eh LOL

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam