Tuesday, 20 November 2018

Menulis untuk Berbagi



Beberapa hari yang lalu, tiba-tiba terlintas ide untuk mengajak perempuan (terutama ibu rumah tangga) di sekitar saya untuk belajar ngeblog. Berhubung saya masih belum paham minat tetangga-tetangga saya yang kebanyakan ibu muda, saya membuat status di whatsApp.
'Halo, Denpasar dan sekitarnya! Adakah yang berminat belajar ngeblog? Free! Woman only!'
Baru beberapa menit status terpasang, pesan masuk berdatangan "Mau Mba..!" namun sebagian bukan teman yang domisili di Denpasar dan sekitarnya, mungkin hanya sekadar menanggapi status saya. Ada 3 orang yang berminat dan waktunya bisa pas untuk bertemu. Hayuk lah angkut!

Kami mengagendakan bertemu di Masjid Baitul Makmur Denpasar Barat. Di masjid yang nyaman ini kami bisa duduk di pojok ruang salat perempuan. Susana masjid ramai oleh anak-anak TPQ dan anak SD yang beraktivitas di sekitar.
Tak banyak cakap, kami sharing seputar teknis membuat blog gratis dengan blogspot. Sembari membuat blog, kami juga membahas seputar bagaimana cara membeli domain, harga top level domain (TLD), optimasi blog, dll.
"Saya malah baru tahu kalau personal blog bisa menghasilkan uang juga."
Akhirnya saya pun sharing pengalaman saya mendapatkan 'penghasilan' dari blog. Duh, sebenarnya masih jauh kalau dibilang penghasilan karena jumlahnya masih terbilang sangat kecil dan tidak tentu. Tapi tak apa lah ya, kita sepakat maksudnya adalah menghasilkan uang dari blog_berapapun jumlahnya.

Baca: Mengapa Harus Menulis
'Memangnya siapa kamu?! Seberapa jago dirimu?! Pede banget mau ngajarin orang ngeblog!'
Hm.. Ada yang berpikiran seperti itu? Sorry to say pikiran kita berbeda. Bagi saya, berbagi sedikit ilmu yang dimiliki, seberapapun itu penting banget, wajib malah.
Awalnya saya juga kurang pede, namun saya kuatkan hati untuk terus maju. Terlebih beberapa orang sering mengatakan ingin belajar ngeblog meskipun tidak menanggapi ajakan saya. Hehe.
Sampaikanlah walau satu ayat, saya ingin mengamalkan hal ini, lewat kegemaran saya menulis.
Ya, saya ingin kegiatan saya yang lebih banyak di rumah ini tidak mengurangi ladang amal untuk bermanfaat bagi orang lain.
Jika dulu saya menulis dan ngeblog hanya sekadar sarana untuk mengeluarkan 20 ribu jatah kata-kata yang biasanya dihasilkan seorang perempuan, maka selanjutnya saya mencoba meluruskan niat menulis untuk berbagi, untuk ibadah.
Memilih platform blog sebagai media untuk menulis bukanlah tanpa alasan. Dulu, saya membuat blog hanya iseng dan karena penasaran saat teman sekelas di kampus membahas tetang blog terutama multiply yang sudah almarhum. Maka saya memberanikan diri membuat blog di blogspot tanpa memiliki ilmu tentang blog. Lahirlah www.istanarina.blogspot.com.
Setelah itu blog vakum sekian lama, saya tidak pernah memosting artikel di sana. Hingga saat saya getol mengikuti lomba menulis di dunia maya, mulai mendapat info seputar lomba blog, jadilah blog tersebut menjadi sarana untuk mengikuti lomba.
Beruntung setelah menikah dan mempunyai anak, di saat saya butuh beraktivitas dan keluar dari rutinitas, saya bertemu dengan teman-teman IIDN (Ibu-ibu Doyan Nulis) Semarang yang mengadakan workshop blogging. Inilah titik balik saya bersemangat negblog lagi, blogging with heart, tajuk acara saat itu yang sangat melekat di hati.
Lambat laun saya merasa nyaman untuk membagi tulisan di blog, apalagi setelah memiliki domain TLD (tapi membuat blog baru karena beberapa alasan dan kesalahan teknis) dan bisa menghasilkan *eh. Tapi itu hanya bonus, ya Temans. Mendapatkan persahabatan yang hangat dari para blogger itu lebih membahagiakan.

Baca juga: Menulis, Rahasia Hidup Abadi
Saya tidak tahu apakah tulisan yang saya publikasikan di blog ini benar-benar memberi manfaat untuk orang lain atau tidak. Namun semoga semangat saya terus terjaga untuk menulis. Inilah juga yang menjadi alasan saya menerima tantangan dari Blogger Perempuan untuk ngeblog rutin setiap hari selama 30 hari ke depan.
Bismillah, meskipun tema di hari pertama ini saya tulis diantara kesibukan mengurus dua balita, semoga selanjutnya selalu ada jalan. Aamiin...
Salam,

#BloggerPerempuan
#BPN30DayChallenge2018

26 comments:

  1. YaAllah ternyata udah dari jaman multiply juga. Istiqomah ya mbak. Aku kalo baca tulisan mbak Arina adem hawanya. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum.. Waktu multiply aku masih sebatas penasaran tapi ngga buat akun. Aku mahasiswa kismin yang sayang duit buat ke warnet. Wkwkwk

      Delete
  2. Semangat terus ya mba. Ngeblog itu udah kaya sesuatu yang bisa ngelegain hati juga kalo buat aku

    ReplyDelete
  3. Ngeblog itu terapi stress dengan menulis dan hobi yang menghasilkan ya rin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget Mba.. Kalo nggak nulis malah makin stress

      Delete
  4. Baca judulnyaa aja udah ademmm nihh bun hihihi

    ReplyDelete
  5. Wuih keren mbak Arina. Ilmu semakin dibagi semakin bikin kaya ya.
    Mbak Arina bikin tambah semangat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Din, nggak akan berkurang malah makin nambah

      Delete
  6. Aku pernah mbak nawarin kaya gitu, tapi kita bikin grup WA. Jalan sih, tapi setelah itu lenyap. Hahaha.

    Pengen sih ngajakin guru2 sini Mbak untuk nulis di blog. Beberapa aku tawarin, alasannya ya nggak ada waktu. Secepatnya ingin menawarkan diri juga untuk berbagi tentang blog.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat Mba! Semoga guru2 teracuni, kan dari diknas ada program 1 guru 1 buku itu kan? Lumayan ngeblog bisa jadi sarana latihan

      Delete
  7. Seneng kalo bisa berbagi sesedikit apapun ilmu yang kita punya. Aku kalah deh sama Arina. Udah kenal multiply sejak lama. apapun semoga artikel yg kita tulis bisa bermanfaat ya Rin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba.. Ssmoga jadi amaal jariyah.

      Eh itu aku cuma denger2 aja soal multiply, ga tau kek gmn 🙈

      Delete
  8. Wah terharu deh pada semangat belajar ngeblog teman-temanmu Rin, semoga ada yang jadi blogger beneran aamiin

    ReplyDelete
  9. Bener, banget sharing ia cariing..

    ReplyDelete
  10. Setuju...berbagi bisa lewat apa saja terutama ilmu yang bermanfaat..semangat teeus ya Rin 😘😘

    ReplyDelete
  11. Wah keren mba arina. Insyaallah dpt pahala ilmu yg bermanfaat yaaaa...

    ReplyDelete
  12. Berbagi melalui tulisan, bener banget. Meskipun sekarang seringnya mood-mood an kalo mau nulis, hiks.

    ReplyDelete
  13. Setiap yg keluar dari hati akan sampai ke hati. Selama kita nulisnya tulus, insyaallah akan ada manfaat yg diterima pembaca 😍

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam