Friday, 28 September 2018

5 Item Fashion Pria Wajib untuk Gaya Hidup Minimalis


5 fashion pria wajib untuk gaya hidup minimalis

Umumnya kaum pria lebih simpel untuk berbagai urusan termasuk fashion. Lihat saja perputaran mode, fashion wanita selalu lebih bervariasi dibanding pria.
Meskipun demikian, bukan berarti kaum pria tidak bisa mengikuti tren kekinian. Parameternya ada pada idola masa kini yang selalu diikuti aliran fashion-nya oleh para penggemar. Mode fashion pria cenderung sama dari tahun ke tahun. Kebanyakan para desainer bermain pada warna dan kreasi pakaian. Misalnya tren warna tahun ini adalah hitam, pink,  dan sentuhan warna-warni cerah, printed T-shirt menggantikan T-shirt polos pada tahun sebelumnya, dll.
Ada juga item yang tidak akan lekang dimakan zaman, dan wajib menjadi pilihan terutama bagi kamu yang ingin menerapkan gaya hidup minimalis. Yup! Hidup minimalis umumnya dimulai dari isi lemari terlebih dahulu. Jika ternyata masih banyak pakaian yang tidak terpakai sampai sekian lama, sebaiknya keluarkan dari lemari. Pakaian-pakaian tersebut bisa kita sumbangkan ke pasar amal maupun kepada yang membutuhkan. Tentu, dengan catatan pakaian tersebut masih sangat layak pakai. Jika tidak lagi layak pakai, gunakanlah untuk lap, keset, atau dikreasikan menjadi benda lain yang lebih artistik.

Gaya hidup minimalis sangat cocok dengan tren masa kini, karena lebih minim sampah sehingga lebih ramah untuk lingkungan.
Kamu ingin menerapkan gaya hidup mininalis juga? Ini dia beberapa item fashion pria yang wajib dimiliki.
1. Kemeja Batik
Kemeja batik menjadi outfit wajib yang pertama. Kain nasional ini mulai digemari dan digunakan oleh masyarakat luas sejak batik ditetapkan sebagai warisan budaya dunia. Penobatan oleh Unesco tersebut membuat seluruh masyarakat Indonesia makin mencintai batik dan menggunakannya dalam busana sehari-hari.
Jika dulu batik terkesan old, maka sekarang siapapun kaum muda pun bisa luwes mengenakan baju batik dengan model yang lebih up to date. Biasanya batik juga menjadi seragam wajib sekolah maupun instansi pemerintah dan swasta.
Kemeja batik wajib dimiliki dan masuk dalam bucket list fashion pria yang harus ada di lemari. Kemeja batik bisa digunakan dalam acara resmi seperti menghadiri undangan pernikahan, upacara adat, dan agenda lainnya. Kemeja batik juga bisa dikombinasikan dengan celana kasual (misalnya jeans) untuk acara semi-formal. Untuk yang bergaya hidup minimalis, cukup dengan memiliki 1-3 potong kemeja batik lengan panjang dan lengan pendek.
2. Kemeja Lengan Panjang Polos
Kaum pria membutuhkan outfit kemeja lengan panjang polos untuk acara resmi. Selain lebih mudah dipadupadankan dengan outfit lain, kemeja polos juga lebih cocok jika dikenakan bersama jas dalam kesempatan tertentu. Umumnya untuk busana kerja pun lebih disarankan kemeja lengan panjang polos.
3. Polo Shirt
Kaos berkerah atau yang lebih dikenal dengan Polo shirt cocok untuk dikenakan dalam suasana semi-formal hingga non formal. Memiliki beberapa potong polo shirt akan sangat bermanfaat. Untuk olahraga, untuk bepergian bersama keluarga di akhir pekan, menghadiri gathering, dll.
4. Celana Kain/ Celana Formal
Celana bahan kain juga menjadi item wajib di luar seragam kantor. Menghadiri acara resmi, padukan kemeja batik dengan celana panjang formal. Rapi dan terkesan formal pastinya.
Sebagian orang bahkan menggunakan celana jenis ini untuk segala kondisi, mulai dari keseharian, acara formal maupun semi formal dan kasual.
5. Celana Denim Kasual
Kamu pencinta denim/bahan jeans? Sangat wajib memasukkan celana jeans ke dalam list. Cukup 1-2 potong saja karena celana bahan ini bisa digunakan hingga 2-3hari jika pemakaian normal/tidak terlalu lama. Usahakan tidak terlalu banyak menyimpan celana bahan denim/jeans karena memakan tempat. Bahan denim/jeans juga lebih awet dibanding bahan celana lain sehingga bisa bertahan lebih lama meskipun sering dipakai.
Bagaimana memilih warnanya?
Memilih warna pakaian bisa disesuaikan dengan warna kegemaran, karakter maupun warna yang sedang menjadi tren di tahun ini. Misalnya tahun ini warna hitam dan pink untuk fashion pria. Namun jika ingin lebih simpel, pilihlah warna netral supaya lebih mudah digunakan dan tetap apik meski bukan warna idola di tahun tersebut. Pilihan warna netral juga lebih aman ketika mendadak harus mengenakan pakaian senada dengan pasangan.
Lalu, apakah seseorang yang menerapkan gaya hidup minimalis tidak bisa mengikuti gaya busana kekinian? Tentu saja tidak.
Hal yang disarankan jika akan membeli baju baru adalah 'mengeluarkan' baju yang lama dari lemari. Seperti yang sudah disebutkan di atas, bisa disumbangkan ke pasar amal, korban bencana, maupun dijual kembali.
Sekarang banyak orang yang mencari barang prelove/second hand sebagai alternatif agar bisa gonta-ganti outfit dengan budget minim.
Memiliki sedikit barang akan sangat memudahkan terutama saat harus pindah rumah, packing untuk traveling, dll. Jika sudah terbiasa untuk urusan pakaian, maka akan memudahkan juga untuk urusan yang lain.
Memiliki barang yang jumlahnya sedikit juga membantu ketika kelak kita dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang kita punya.
Semoga bermanfaat,
Salam,

22 comments:

  1. Batik. Iya, harus punya itu..soalnya bisa dipake dobel. Pas kerja+datang ke acara resmi

    ReplyDelete
  2. Setuju deh aku, Mbak. Cowok single kalo pakai kemeja batik gantengnya nambah kalo menurutku. Hehehe.

    ReplyDelete
  3. Batikku banyak baju ngantor dan ngajar dulu, iya betul sumbangin aja ke dompet dhuafa biar bisa disumbangin ke korban bencana :)

    ReplyDelete
  4. Dari kesemuanya kayanya udah nyebutin jenis baju apa aja yg dipake cowok. Simpel ngga riweuh kayak cewek 😁

    ReplyDelete
  5. Baju batik bojoku banyak.secara rutin pakai kalau kerja.wkwkwk.tp aku lagi nyari celana denim casual buat dia nih mbaa...cuma kadang suka asal pakai..yg buat ngajar dipakai juga buat kondangan.wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Nemenin suami cari baju itu gampang2 susah. Gampang karena pilihan model nggak banyak, susah juga krn kadang modelnya mirip2 yg dipunya. Berasa nggak beli baju baru. Xixi

    ReplyDelete
  7. Wah nice tips. Kalo suamiku lbh suka kemeja lengan pendek sih

    ReplyDelete
  8. Fashion item cowoknya keren2, apalagi kalo ditunjang dengan perut rata, pake apa aja pasti tampak keren.

    ReplyDelete
  9. Iyaa item busana di atas para cowok wajib punya yaa..

    ReplyDelete
  10. Bojoku ga suka pakai celana kain paling kalo kondangan 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebalikan bojoku, kebiasaan pakainya celana kain, all situation 😁

      Delete
  11. Sekarang suamiku nyetok batik, krn kalo ke masjid sukanya malah pakai batik bukan koko, hahahaa

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam