Wednesday, 5 September 2018

3 Tips Memilih Baju Hamil dan Menyusui





Ibu hamil dan menyusui seringkali sangat sensitif karena adanya perubahan hormon dalam tubuhnya. Terlebih perubahan bentuk tubuhnya, bagi sebagian orang bisa menyebabkan kurang percaya diri. Jadi, kurang bijak jika mengatakan gemuk, bulat, atau body shaming lainnya terhadap ibu hamil. Salah-salah jika si ibu tengah bad mood dan berujung stress, bisa membahayakan diri dan janinnya.
Dua kali menjalani kehamilan dan menyusui, saya justru berubah menjadi sangat cuek urusan penampilan. Terlebih setelah tidak lagi tinggal bersama mertua dan melakukan pekerjaan rumah sendiri, waktu untuk mematut diri di depan cermin hampir tak ada lagi.
Wong buang hajat saja sambil ditangisin dua balita, mandi yang penting kena air dan sabun lalu bilas secepat kilat. Lupakan sejenak soal lulur apalagi creambath dan perawatan lainnya. Tetap, kapan-kapan harus diagendakan manggil tukang pijat dan luluran sendiri di kamar mandi supaya menjaga bunda tetap waras. Hehe.

Biasanya setelah gedubrakan di pagi hari menyiapkan segala sesuatu untuk sekolah si Kakak, saya pun mengantarkan sekolah dengan pakaian yang itu-itu saja. Selain memang sedang berusaha mengurangi baju di lemari, penting juga mempertimbangan bahan pakaian yang tidak mudah kusut. Hanya punya waktu singkat untuk menyetrika, utamakan seragam sekolah si Kakak, dong! Buat bunda cukup digantung aja setelah kering.
"Bunda ko’ pakai baju itu? Kan mau nganterin aku sekolah... "
"Iya sayang, ini Bunda sedang siap-siap nganter sekolah Kakak. kenapa?"
"Itu kan baju yang biasa Bunda pakai di rumah, bukan buat pergi-pergi.."
"Nggak apa-apa, Nak. Masih rapi ko’, bajunya juga baru Bunda setrika."
Percakapan pagi itu membuat saya terkikik geli. Alih-alih ingin memakai pakaian yang baru disetrika, rupanya si Kakak jeli mengamati pakaian 'dinas' yang dipakai di rumah atau dipakai saat bepergian.
Apa perlu beli baju lagi ya? Hm...
Saya jadi merenung juga, barangkali ada yang salah. Namun setelah dipikir-pikir, ungkapan si Kakak sebatas karena dia mengamati mana yang biasa dipakai di rumah dan mana yang dipakai bepergian.
Tapi akhirnya saya stalking juga beberapa baju menyusui yang cukup stylish tanpa meninggalkan kesan sederhana. Saya lebih suka sesuatu yang simpel, tidak neko-neko. Terlebih suami saya juga sering mengingatkan bahwa bagi seorang muslimah, esensi berpakaian adalah menutup aurat, bukan memamerkan pakaian.
Nah, ini sih kembali kepada niat dan selera orang ya, Temans. Berhubung kami sama-sama suka yang simpel, jadi klop deh.
Ngomong-ngomong, kalau milih baju menyusi, ada beberapa pertimbangan buat saya. Cek yuk, apa saja barangkali Kamu juga lagi nyari baju menyusui buat diri sendiri atau buat kado.

Pertama, Pastikan Pakaian Tersebut Nyaman
Pakaian yang nyaman adalah nomor satu untuk ibu hamil dan menyusui. Gerah, badan mudah panas, berkeringat, dll sering menjadi masalah. Nggak asyik kan, jika sedang beraktivitas ternyata pakaian kita tidak nyaman dan bikin bad mood?
Hati yang bahagia adalah kunci utama supaya ibu menyusui bisa lancar menyusui. Jika sudah bad mood, biasanya akan berpengaruh terhadap aktivitas lain. Jika busui stress, akibatnya bisa fatal karena memengaruhi produksi ASI. Kasihan anaknya, Bu..!
Bagaimana tahu bahannya nyaman atau tidak jika belinya online?
Tenang, kita bisa melihat dari keterangan bahan yang digunakan untuk membuat pakaian tersebut.
Masalahnya, biasanya kualitas kain juga bermacam-macam. Saya pernah membeli gamis menyusui dari produsen yang berbeda dengan bahan yang sama namun harga berbeda. Ternyata harga gamis yang lebih mahal bahannya paling bagus dibanding gamis lain yang harganya lebih murah. Belum tentu juga yang harganya murah kualitasnya tidak baik, namun umumnya memang ada harga ada kualitas.
Perhatikan juga review dari pelanggan yang telah menggunakan pakaian tersebut sehingga bisa menambah informasi seputar kemungkinan nyaman/tidaknya.

Kedua, Akses untuk Menyusui Mudah
Ibu menyusui pasti membutuhkan pakaian yang mudah untuk menyusui setiap saat dibutuhkan. Ribet sekali jika ada akses untuk menyusui tetapi sulit dibuka.
Pernah punya pengalaman seperti itu? Saya pernah. Waktu itu membeli gamis bukaan depan saat masih hamil anak pertama. Karena belum punya pengalaman, hanya mementingkan bukaan depan tanpa memikirkan yang lain. Gamis itu menggunakan kancing depan di sebelah kiri, dan kancing paling atas di bagian pundak kiri. Susahnya adalah saat akan menyusui sebelah kanan, bagian depan harus terbuka seluruhnya. Kapok deh saya memilih gamis dengan bukaan seperti itu. Paling aman memilih bukaan depan dengan risleting/kancing, dan bukaan samping di bawah ketiak.
Akses menyusui mudah, dan aman meskipun aktif bergerak

Ketiga, Mudah di-Mix & Match dan Tetap Bisa Digunakan Saat Tidak Hamil/menyusui
Saya termasuk ibu-ibu yang nggak mau rugi untuk urusan pakaian dan barang-barang lain. Pengalaman saat hamil anak pertama, saya harus membeli beberpa gamis menyusui karena stok baju menyusui saya terbatas. Setelah itu, anak sudah lulus ASI pun saya tetap memilih baju dengan akses menyusui supaya bisa dipakai kapan saja.
Saya juga pernah punya pengalaman buruk saat menyusui dengan baju atasan dan rok. Waktu itu atasan tersingkap saat saya menggendong si Kecil. Malu karena terlihat auratnya, untungnya posisi saya berada di rumah dan hanya ada keluarga, tidak sedang ada tamu. Sejak saat itu saya lebih memilih menggunakan gamis daripada pakaian atas-bawah. Kalaupun sesekali memakai baju atasan, saya pilih yang cukup panjang. Sedikit di atas lutut atau di bawahnya. Jadi aman kan, nggak mudah tersingkap.
Pilih yang mudah di-mix & match juga supaya baju tidak menumpuk tapi bisa terlihat berbeda. Prinsipnya, dengan baju yang sama, bisa tampil dengan gaya yang berbeda. Pilihannya tentu memilih warna netral yang mudah dikombinasikan dengan jilbab/outer yang berbeda.

Maternity & Nursing Wear Mooimom yang Stylish dan Nyaman
Baru-baru ini saya stalking web Mooimom lagi. Waktu itu pernah kepo juga saat mencari korset yang nyaman setelah melahirkan. Dan kali ini, ngubek-ubek mencari baju menyusui.

Suka dengan packagingnya, plastiknya bisa digunakan kembali
Dapat?! Alhamdulillah.. Setelah menimbang ini-itu sampai pusing karena pilihannya bagus-bagus dan beragam akhirnya dapat yang 'saya banget!' . Apa tuh?! Ada kemeja hamil dan menyusui bahan katun warna biru motif garis ((tahu dong kalau saya pecinta warna biru)). Satu lagi, tunik polos warna marun yang sedikit mengkilap sehingga terkesan lebih mewah tapi tetap sederhana.
Bahas satu-satu aja deh, biar Kamu nggak penasaran.
Seperti yang sudah saya tulis di atas, kemeja ini terbuat dari 95% bahan katun. Sisanya sebanyak 5% adalah bahan spandek sehingga sedikit stretch.
Saya memilih warna biru karena suka dengan warna ini, terlihat kalem dan adem. Selain itu, saya juga memiliki rok warna hitam, navy, dan krem yang cocok dipadukan dengan kemeja warna biru motif garis ini. Jilbabnya bisa menggunakan warna putih/krem/biru/hitam/babypink polos. Manis kan? Dan yang lebih penting, saya tidak perlu beli jilbab baru. *piss!
Pokoknya sejak pertama melihat kemeja ini saya langsung tertarik meskipun masih tetap ngubek-ubek dan mencari yang paling sreg di hati.
Akses menyusui dari depan dengan kancing full sampai bawah. Bagian dalamnya terdapat inner shirt yang bisa dilepas/pasang sesuai kebutuhan. Bahan inner-nya adem dan menyerap keringat. Adanya inner ini bikin lebih aman saat menyusui, loh!
Tuh, ada inner-nya jadi mudah banget buat menyusui
Kemeja lengan panjang ini memiliki tali yang dilengkapi kancing di lengan. Karena itu bagian lengan bisa dipendekkan agar lebih stylish terutama bagi busui yang tidak berhijab.
Ukurannya allsize, namun bagian belakang terdapat tali sehingga bisa disesuaikan dengan badan. Lebih aman kan? Apalagi jika saat hamil trimester ketiga.
Kalau Kamu pink lover, kemeja ini tersedia juga dalam warna pink yang kalem dan elegan.
Hampir sama dengan kemeja garis, saya memilih tunik ini karena jatuh cinta dengan warnanya. Jangan heran jika baju-baju saya lebih banyak warna biru, marun, dan krem. Etapi baju saya juga hanya itu-itu saja sih, hihi.
Tunik Menyusui Mooimom dengan bahan yang halus dan adem. Nyaman!
Berbeda dengan kemeja, tunik dengan bukaan depan ini menggunakan kancing sampai bawah dada. Bagian lengan juga dilengkapi dengan tali dan kancing.
Takut kebesaran di badan? Tenang, ada tali di pinggang yang bisa dilepas/pasang. Sesuaikan saja dengan badan, lalu bentuk pita di samping/depan. Voila!
Terbuat dari 95% bahan katun, sesuai banget dengan kriteria baju nyaman untuk saya. Ukurannya juga cukup panjang untuk saya dengan tinggi badan 157cm.
Tunik warna marun ini lebih terkesan elegan karena sedikit mengkilap. Meskipun tetap cocok digunakan sehari-hari. Bahannya juga nyaman, adem saat dipakai. Selain warna marun, tersedia warna hijau botol yang tak kalah elegan.
Mudahnya belanja di Mooimom
Sejak tahu ada Mooimom yang menyediakan berbagai 'alat perang' ibu hamil dan menyusui,  saya jadi sering buka medos Mooimom Indonesia.
Brand dari Belanda ini sangat memahami kebutuhan bumil dan busui. Mulai dari kebutuhan hamil, pasca hamil, menyusui, bayi, tersedia sangat lengkap di sini. Nah, kalau Kamu mau belanja ke Mooimom, perharikan beberapa hal berikut ya, Temans.
1. Like dan follow facebook fanpage Mooimom Indonesia untuk mendapatkan berbagai informasi seputar produk dan kesehatan.
2. Jangan lupa juga follow akun media sosial yang lain seperti Instagram dan Youtube. Saya senang stalking IG-nya apalagi sekarang sering ada quote seputar pengasuhan anak dan ada giveaway juga! :P. Quote-nya seringkali sesuai dengan kondisi saya saat membacanya, jadi reminder banget deh. Tentu saja, informasi tentang produk juga bisa didapatkan di instagram/youtube.
3. Jika tertarik dan ingin membeli, langsung saja melalui web Mooimom Indonesia. Di sini, terpampang lebih jelas gambar dan detail produk. Info mengenai ketersediaan produk juga terdapat di masing-masing gambar. Jangan kecewa jika beberapa produk sering sold out, ya Temans. pokoknya kudu jeli dan jangan terlalu lama untuk memasukkan ke dalam keranjang.
Selamat belanja....! Jangan kalap ya!
Pastikan juga saat memutuskan untuk memasukkan ke keranjang belanja, semuanya telah disesuaikan dengan kebutuhan, ukuran tubuh, dan budget. Tenang, ada panduan untuk memilih ukuran yang pas di setiap produk.
Sejauh ini saya cocok dengan produk dari Mooimom karena bahannya berkualitas dan sangat mengerti kebutuhan bumil dan busui. Thanks, Mooimom!
Semoga bermanfaat,
Salam,

29 comments:

  1. Membantu sekali saat akan menyusui adek yah mbak,
    Motif bajunya jga bagus mbak xixixiixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, motifnya simple tapi motif sepanjang masa 😊

      Delete
  2. Baju2nya cantik..membuat Busui satu ini makin cantik & menarik ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baju hamil-menyusui Mooimom emang cantik2 Mba...😍

      Thanks to 'kamera jahat' yang bikin Emak kucel ini jadi bening pas difoto 🙊🙊

      Delete
  3. baju menyusui sekarang cantik2 ya

    ReplyDelete
  4. Mooimom memang paling recomended deh buat para bumil dan busui. model bajunya cantik2 juga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa... Kusukaaa! Apalagi modelnya banyak yg simpel

      Delete
  5. moimoon ini dah jadi incaranku sejak lama, tapi lha aku belum dapat kesempatan tuk hamil dan menyusui lagi jadi ya...eng ing eng, hehehe

    ReplyDelete
  6. Cantik dan modis ni bajunya ya..

    ReplyDelete
  7. Model bajunya kekinian dan fungsinya keren deh..baju menyusui..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi nggak ada alasan busui ga bisa tampil modis. Hihi

      Delete
  8. Praktekin ah tipsnya trs cus meluncur ke mooimom...
    Makasih share pengalamannya ya mbk

    ReplyDelete
  9. Wah keren bajunya. Nice choice 😍

    ReplyDelete
  10. Bajunya bagus-bagus, gemes. Pengen cepet hamil rasanya hahahah Mba Rinnn doakan aku yaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. Semoga dimudahkan ikhtiarnya.. InsyaAllah sudah disipain yang terbaik sama Allah 😘

      Delete
  11. Baju - baju busui nya cakep-cakep ya mbak. Bisa tetap stylish meski sedang masa menyusui sang buah hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, nggak ada alasan busui tampil lusuh ya 🙊

      Delete
  12. mbak arina pa kabar?sekarang di bali ya? aku suka model yang plg atas tu mbak seger...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah baik Mba, iya di Bali sekarang 😊

      Delete
  13. Walo udah nggak menyusui, aq naksir sama yg birunya. <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya birunya cantiik.. Bisa ko dipakai pas ga hamil/menyusui 😊

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam