Thursday, 7 June 2018

Segarnya Tom Yam Udang dan Bakso Kuah So Good



Tom yam (bahasa Thai: ต้มยำ, IPA: [tôm jām], juga kadang-kadang disebut tom yam atau dom yam) adalah sup yang berasal dari Thailand. ... Di Thailand, tom yum biasanya dibuat dengan udang (tom yum goong), ayam (tom yum gai), ikan (tom yum pla), atau makanan laut yang dicampur (tom yum talay atau tom yum po taek) dan jamur. (wikipedia)

Assalamu'alaikum, memasuki 10 hari terakhir Ramadan, masih masak sendiri untuk menu buka puasa atau sudah menyerah dengan mie instan, Temans? Etapi warung makan masih banyak yang buka, ko.

Saya berusaha untuk tetap masak, meskipun lebih banyak ibu mertua saya yang masak. Muehehehe. Sebenarnya kenapa tetep rajin masak juga supaya jadi ibadah, menyiapkan berbuka untuk keluarga.

Idealnya setiap hari ngasih makanan berbuka untuk orang yang berpuasa supaya mendapat pahala sebagaimana orang yang berpuasa tersebut tanpa mengurangi pahalanya. MasyaAllah kan? Kan?
Tapi saya belum bisa seperti itu, masih level bagi takjil yang jumlahnya juga belum banyak, untuk tetangga saja. Jadi semoga dengan menyiapkan makanan berbuka juga bernilai seperti memberi makanan berbuka untuk orang yang berpuasa.
"Barang siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga,” (H.R. Tirmidzi)."

Keren banget kan? Bayangkan bagaimana jika seseorang setiap hari membagi 1000 nasi bungkus untuk berbuka puasa selama sebulan penuh dan rutin setiap tahun. Ini beneran ada, Temans! Di salah satu sudut Kota Semarang.

Kembali lagi ke urusan menu buka puasa, sebagai Emak rempong saya inginnya masak satu macam tapi bisa mencukupi kebutuhan sayur dan protein (lauk). Jika terasa kurang 'nendang' saat disantap, cukup ditemani kerupuk dan sambal. Hmmm.. Yummy!

Kalau saya, sukanya buka dan sahur dengan makanan berkuah. Sup, lodeh, sayur asam, dan sejenisnya lah yang hampir selalu menghiasi meja makan.
Segar nikmat gitu deh kalau makan yang berkuah. Lagian beneran bisa dicampur-campur. Misalnya sup bisa dengan tambahan bakso dan ayam, sayur lodeh bisa ditambah tempe/tahu/udang, sayur asam dengan potongan daging, asam-asam buncis dengan putih telur/telur puyuh, dan kreasi lainnya. Pokoknya Emak nggak mau repot. Hehe.

Waktu itu tiba-tiba ingin masak Tom Yam, kebayang segar asam pedas kuahnya. Sup khas Thailand ini sangat populer di Indonesia dan digemari banyak orang.
Lagi-lagi biar praktis, masak Tom Yam-nya saya buat dengan sayur dan seafood. Niat awalnya saya ingin masak Tom Yam seafood dan bakso sapi (karena saya kurang suka bakso ikan jadi pakai bakso sapi).

Pagi-pagi semangat jalan kaki ke penjual ikan yang mangkal dekat rumah, rencana beli cumi-cumi dan udang ukuran sedang. Ternyata saya harus berlapang dada ((haha. Lebay)) karena si Ibu tidak membawa cumi-cumi. Harganya sedang meroket, kata si Ibu.
Baiklah, akhirnya hanya beli udang dan ikan untuk persiapan masak selanjutnya.

Bahan segar dikombinasikan dengan produk berkualitas So Good
Bakso sapi saya gunakan produk So Good BAKSO KUAH INSTAN. Produk So Good memang telah terbukti kualitasnya dan bakso kemasan ini juga sangat membantu bagi kami yang sekarang tinggal di daerah minoritas umat islam. Jika ingin bakso tapi ragu dengan status halal bakso yang dijual keliling, kami memilih bakso kuah So Good sebagai alternatif.
Baksonya terbuat dari bahan berkualitas, lengkap dengan bumbu baksonya. Jika ingin makan bakso tinggal rebus dan tambahkan mie dan sayur. Nomnomnom!

Oke, mari kita lanjut resep Tom Yum Udang dan Bakso So Good-nya ya!

Bahan-bahan yang diperlukan:
1. 1 bungkus Bakso Kuah Instan So Good lengkap dengan bumbunya. Potong bakso jadi 2, potong lagi menjadi 4 bagian tanpa terputus agar membentuk bunga saat dimasak
2. 200 gram Udang ukuran sedang, buang kepala (kupas jika tidak suka masak udang dengan kulitnya)
3. 150 gram kembang kol, potong sesuai kuntumnya
4. 2 buah wortel, belah dua lalu potong tipis
5. 2 kotak tahu putih, potong dadu, goreng sebentar
6. Kurang lebih 1 - 1,5 liter air

Bumbu-bumbu yang dibutuhkan:
1. 8 butir bawang merah
2. 4 siung bawang putih
3. 4 cabai merah keriting, rebus (tambahkan jika suka pedas)
4. 2 butir kemiri
5. 1 ruas lengkuas
6. 2 lembar daun jeruk
7. 2 lembar daun salam
8. 2 batang sereh, memarkan
9. 1 buah tomat merah, potong memanjang
10. 2 sendok makan asam jawa, larutkan dengan sedikit air
11. 2 batang bawang daun, iris tipis
12. 1 butir jeruk nipis, peras, ambil airnya
13. 1 sendok makan garam (atau sesuai selera)
14. 1 sendok makan gula pasir (atau sesuai selera)
15. 6 sendok makan minyak goreng untuk menumis

Cara memasak:
1. Haluskan bawang merah, bawang putih, cabai yang telah direbus, dan kemiri
2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan daun jeruk, daun salam, sereh dan lengkuas
3. Masukkan air, tunggu sampai mendidih
4. Masukkan kembang kol dan wortel
5. Masukkan tahu dan udang
6. Tambahkan gula dan garam
7. Tambahkan bumbu instan Bakso Kuah So Good
8. Tambahkan air adam jawa dan perasan jeruk nipis
9. Koreksi rasa, setelah sayur matang, matikan api
10. Tambahkan irisan bawang daun
11. Angkat dan Tom Yam Udang dan Bakso So Good siap dihidangkan


Segarnya Tom Yam siap dinikmati untuk berbuka puasa

Alhamdulillah, rasanya segar sekali untuk menu buka puasa di cuaca yang panas. Seneng deh akhirnya kesampaian masak tom yam sendiri. Rasanya nggak kalah sama tom yam yang pernah kumakan sebelumnya. ((malah jadi muji diri sendiri, nih))

Makannya ditemani nasi hangat dan kerupuk udang. Alhamdulillah... Nikmat mana lagikah yang kau dustakan?

Semoga bermanfaat,
Yuk masak!

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam