Friday, 27 April 2018

3 Jurus 'Berjodoh' dengan Biro Penerjemah Tersumpah


Temans, mau melamar beasiswa ke luar negeri atau urusan imigrasi lainnya tetap harus mengurus dokumen resmi seperti ijazah, KTP, paspor, akta lahir, dll, ya. Tapi butuh penerjemahan dokumen tersebut. 

Takut salah malah ketemu penerjemah yang belum tersumpah. Apalagi penerjemah tersumpah (sworn translator) belum ada di setiap kota di Indonesia. Nah, memilih jasa penerjemah tersumpah secara online menjadi alternatif yang bisa dilakukan.

Karena sifatnya online, kita harus jeli dan berhati-hati memilih biro penerjemah tersumpah agar data kita aman dan hasilnya pun valid, benar-benar diterjemahkan oleh penerjemah tersumpah yang masih memiliki sertifikat dan nomor registrasi sebagai sworn translator. 
Jika akan menggunakan jasa penerjemah tersumpah melalui biro,  harus memerhatikan 3 hal berikut:

1. Pelajari Website Biro Penerjemah Tersumpah
Biasanya, biro penerjemah tersumpah memiliki website sebagai media untuk promosi jasa yang diberikan. Untuk itu, pelajari dari website  bagaimana kinerja biro tersebut, proses pengerjaan dokumen, layanan yang diberikan dan metode pembayarannya.

Perhatikan juga alamat kantornya, apakah sudah berbadan hukum atau belum, dan apakah memiliki cabang di Kota lain, jika memiliki cabang tentu akan lebih mudah menggunakan jasa-nya dari cabang terdekat. 

2. Tanyakan Mengenai Penerjemah Tersumpah
Jika Anda ingin mengetahui sertifikat penerjemah tersumpah yang digunakan di biro tersebut, Temans bisa langsung menghubungi kontak yang tersedia di website.  Baik email maupun nomor telpon/HP bisa dimanfaatkan untuk meminta informasi tersebut.

Meskipun demikian, jangan banyak berharap mendapat contoh dokumen hasil alih bahasa. Biro memiliki kewajiban untuk menjaga kerahasiaan dokumen-dokumen dari klien yang pernah diterjemahkan. 

3. Tanyakan Format Hasil Penerjemahan
Setiap biro penerjemah tersumpah memiliki format masing-masing. Sebagian menggunakan format sesuai dengan dokumen sumber, sedangkan sebagian menggunakan format umum milik masing-masing biro (misalnya menggunakan kertas A4, font currier new 12, spasi 2 dll sesuai dengan kebijakan biro tersebut).

Format ini akan berpengaruh pada berapa banyak lembar hasil penerjemahan dan biaya per lembar-nya. 

Biar lebih mudah, Temans bisa bermitra dengan Nusantara Translator.

Biro penerjemah tersumpah di Semarang ini merupakan cabang CV Indo Translation Service di Jakarta.  Sudah berdiri sejak tahun 2008 sudah tentu memiliki pengalaman dalam bidang alih bahasa, legalisasi dokumen, copywriting, Proofreading, editing, interpreting, dll. Dan tentu saja sangat menjaga kerahasiaan data Temans semua. 

Tentukan 'jodoh' dokumen yang Temans perlukan dengan penerjemah tersumpahnya, sekarang!

Semoga bermanfaat, 

1 comment:

  1. Adaanya nusantara translator memudahkan banget ya buat yang mau study ke luar negeri.

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam