Thursday, 22 February 2018

4 Kiat Cerdas Menyiapkan Makanan Bayi 1 Tahun yang Tepat untuk Buah Hati

Kiat Cerdas menyiapkan MPASI, Makanan bayi 1 tahun

Kehidupan menjadi seorang ibu itu akan terus bergerak dan berputar. Setelah melalui masa berat hamil dan melahirkan, akan menghadapi masa-masa berat menyusui. Setelah ASI Eksklusif selama 6 bulan, datanglah masa tantangan selanjutnya yakni saat anak belajar makan. Saat inilah ibu mulai makin pusing bagaimana mengatur menu makanan, menghadapi si bayi yang mulai kenal GTM (Gerakan Tutup Mulut) saat waktunya makan, dan sebagainya. Seru ya? Itulah seni-nya menjadi seorang ibu yang tak ada habis-habisnya.
Untuk urusan MPASI (Makanan Pendamping ASI), pun tak segampang yang dibayangkan. Ada banyak keriteria agar nutrisi bayi tercukupi dan bisa diterima oleh saluran pencernaan bayi. Memilihkan makanan bayi memang wajib sekali mempertimbangkan usia bayi, supaya nutrisi dan teksturnya benar-benar pas. Semakin dewasa bayi mulai aman diperkenalkan dengan berbagai jenis bahan makanan sehingga tidak seribet ketika memperkenalkan makanan padat untuk pertama kalinya. Bagi ibu yang penasaran dengan pilihan makanan bayi 1 tahun terbaik maka bisa berkonsultasi dengan bidan ataupun dokter anak, sehingga tidak melakukan kesalahan agar tumbuh kembang buah hati terdukung sempurna.

Bayi di usia 12 bulan atau 1 tahun memang sudah aman diperkenalkan dengan makanan yang mengandung nutrisi kompleks. Misalnya mencampurkan antara sayuran dengan sumber protein, sehingga sudah bisa diperkenalkan dengan yang namanya daging atau beberapa jenis seafood. Apabila mengalami kesulitan pada saat memperkenalkan makanan terbaru maka bisa mencoba mencari aneka tips yang membantu. Sebab memberikan makan pada buah hati tidak bisa sembarangan dan asal dipaksa kalau tidak ingin ada dampak buruknya.
Kiat Menyiapkan Makanan Pada Bayi 12 Bulan
Sepertinya tidak hanya satu atau dua ibu yang kerap galau dalam menyiapkan makanan untuk bayinya yang sudah menginjak umur 12 bulan. Dijamin semua ibu akan mengalami fase tersebut namun jangan asal menyediakan makanan saja apalagi pilihan instan (ini jadi pilihan terakhir aja). Memang benar makanan bayi instan lebih praktis namun tidak sesehat makanan bayi yang disiapkan sendiri. Meskipun harus rela ribet sebentar di dapur dan tidak bisa asal order di situs belanja online seperti ketika memberikan asupan instan ke bayi.
Supaya lebih yakin makanan bayi 1 tahun yang disiapkan pas dan tepat dengan kebutuhan si kecil, maka perhatikan beberapa kiat di bawah ini:
1.            Pastikan memakai bahan segar,
Menyiapkan makanan bayi kaya nutrisi adalah kewajiban maka jangan sampai memakai bahan dasar sembarangan. Pastikan dalam kondisi segar karena berbekal bahan makanan segar kita bisa memberikan nutrisi lebih kompleks ke tubuh si kecil, kalau sudah rusak dijamin kandungan gizinya ikut rusak juga.
2.            Tekstur sesuai dengan perkembangan gigi anak,
Tekstur makanan bayi ialah seperti bubur, namun ketika anak sudah menginjak usia satu tahun kadang sudah mulai tumbuh beberapa gigi. Baiknya tidak dipukul rata dulu karena memang setiap anak memiliki masa tumbuh kembangnya sendiri. Apabila si kecil sudah memiliki gigi meski hanya dua atau beberapa maka baiknya berikan makanan bertekstur. Haluskan kasar saja jangan sampai terlalu lembut agar si kecil merangsang giginya mengunyah.
3.            Baiknya memperhatikan kandungan gizinya,
Pada saat membuat menu harian untuk si kecil baiknya di variasikan, sehingga per hari diganti agar anak tidak bosan dan menolak makanan terbaiknya. Tidak mengapa menyediakan menu yang sama seharian penuh asalkan kandungan gizinya sudah tepat. Mengetahui kandungan gizi makanan bayi yang kita buat tidak harus dilaporkan ke dokter atau bidan. Cukup lihat adakah sumber karbohidrat, protein, dan sebagainya untuk menjadikan makanan tersebut kaya nutrisi meski porsinya terbatas.
4.            Perkenalkan sedikit demi sedikit,
Supaya si kecil menikmati makanan yang kaya nutrisi setelah bersusah-payah membuatnya di dapur, maka penting untuk menyesuaikan dengan selera makan si kecil, sehingga menakar porsi sesuai kapasitasnya. Memaksa anak menghabiskan seporsi besar bukannya tindakan cerdas karena bisa jadi malah nanti melakukan penolakan. Kenalkan sedikit demi sedikit, tetap berikan kalau anak tidak menolak dan kalau sudah kenyang maka akan menutup mulut. Memperhatikan cara pemberian makanan bayi 1 tahun tentu penting dilakukan semua ibu.
Setiap anak memang berbeda dengan anak lainnya. sehingga tidak bijak ketika kita membandingkan anak si A yang lahap makan dan tubuhnya gempal dengan anak si B yang kurus karena tidak mau makan. Indikator tumbuh kembang setiap anak berbeda karena dipengaruhi banyak hal, termasuk asupan nutrisi.
Tak dipungkiri, saat anak GTM bisa membuat ibu stress memikirkan bagaimana mengatasinya. Mulai dari mengubah menu, mengulang menu yang pernah dibuat, mengganti cara masak, dll biasanya dilakukan. Jika anak tetap GTM? Biasanya ada penyebab lain yang mengiringinya.
Hm.. dan saya pun harus mulai belajar (lagi) tentang MPASI. Ada yang ingin sharing?
Semoga bermanfaat,

Salam, 

4 comments:

  1. GTM memang bikin gemes2 gimana gitu ya.
    Ayo semangat MPASI lagi😊

    ReplyDelete
  2. Gemess skaligus pegel kadang pas ada dedek GTM saat maem, hihihii

    ReplyDelete
  3. bagus juga trik ibu pintar yang stau ini. kunbal ya mbak

    ReplyDelete
  4. meski aku kerja untuk mpasi aku selalu bikin sendiri jadi inget dulu sebelum punya peralatan mpasi yang mumpuni aku harus rela racik mpasi dari malam pokoknya tidur itu habis jam 12 makanya aku tetap langsing *lahhhh :D

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam