Thursday, 25 January 2018

Tips Memilih Kebaya Kutu Baru yang Sesuai dengan Karaktermu

Semangat pagi, Temans!
Meski pagi ini gerimis, nggak menyurutkan langkah saya untuk hunting macem-macem printilan buat bikin kebaya kutu baru nih, untuk persiapan hari special adik ipar saya. Saya memilih kebaya kutu baru karena kurang suka memakai kebaya dari bahan brokat atau bahan lain yang harus ditambah furing. Selain itu, sengaja beli bahan polos supaya bisa dibordirin sama mamak. Let see, ntar cakepnya dibikin kebaya kutu baru atau kebaya encim.
Kebaya kutu baru biasanya dipakai oleh perempuan-perempuan zaman dahulu. Namun seiring dengan perkembangan fashion, perempuan masa kini kembali memakai model ini. Ada kesan klasik dan feminin yang ditampilkan saat seseorang memakai busana tersebut. Biasanya, kebaya dikenakan untuk menghadiri acara resmi seperti undangan pernikahan.
Kebaya kutu baru
credit: pinterest
Begini lho sejarah kebaya kutu baru sebenarnya

Pada masa kolonial, kutu baru adalah penentu kelas sosial seorang perempuan. Wanita Belanda memakai kebaya tetapi dengan motif tertentu. Begitu juga dengan wanita dari kalangan ningrat, biasanya memakai baju berbahan beledu, sutra atau brokat. Sedangkan, wanita biasa-biasa memakai baju pabrikan.
Di zaman dahulu, kita bisa mengetahui status seseorang dari pakaian. Bahkan, kita akan langsung mengetahui pekerjaan atau status sosial suami atau ayah dari seorang perempuan.
Setelah masa kemerdekaan datang, kebaya tidak lagi berfungsi untuk mengotak-ngotakkan masyarakat. Kebaya mulai umum dipakai oleh berbagai kalangan. Bahkan saat ini sudah menjadi bagian dari jati diri bangsa. Kesan yang muncul dari kebaya bisa bernuansa formal atau resmi. Sehingga, kita sering mendapati orang memakai busana ini pada acara-acara istimewa.
Tips Memilih Kutu Baru Buat Orang Kurus
Bagi pemilik badan kurus, ada beberapa trik yang harus dilakulan saat memakai kebaya kutu baru. Tips berikut ini bisa kamu praktikkan untuk memberi ilusi agar badan nampak lebih berisi dan tidak terlalu kurus:
1. Pastikan bagian lengan tidak longgar dan pas dengan lingkar lengan. Jika bagian tangan terlalu longgar akan memberikan kesan badan kurus dan pakaianmu kebesaran. Saat memakai baju berlengan panjang, sebaiknya pilih model ujung tangan menjuntai.
2. Pilih motif besar atau payet rapat. Untuk pakaian jenis apapun, motif besar akan memberikan kesan gemuk. Corak besar dapat menyamarkan ukuran tubuh sesungguhnya. Selain itu kamu bisa gunakan baju dengan payet rapat.
3. Cara terbaik menyiasati kebaya untuk orang bertubuh kurus adalah tidak memilih baju berukuran panjang. Pilih saja kebaya yg panjangnya tidak melebihi pinggul. Tujuannya, pinggang atau pinggul tampak lebih berisi.
4. Model baju asimertis ataupun model bertumpuk juga bisa jadi pilihan. Keduanya mampu menyamarkan bentuk tubuhmu yang sesungguhnya dan memberikan kesan lebih berisi.
Pemakaian busana yang tepat akan membuatmu tampil percaya diri. Nah, sekalipun memiliki badan kurus, sekarang kamu nggak perlu ragu lagi dalam berbusana.
Tempat membeli kebaya kutu baru yang branded dan original
Temans, kamu sudah memutuskan untuk membeli kutu baru tetapi bingung di mana harus membelinya? Coba deh kunjungi Qlapa.com. Ini adalah marketplace tempat menjual produk handmade. Di sini para pengrajin dari seluruh Indonesia berkumpul. Mereka menjual langsung produk kepada konsumen tanpa perantara reseller. So, kamu akan mendapatkan harga lebih bersahabat.
Marketplace ini juga hanya menjual produk original dari brand lokal. Masalah kualitas tidak perlu diragukan lagi karena produknya sudah diimpor dan diakui dunia. Kini saatnya kamu bangga memakai brand dalam negeri. Dengan berbelanja di sini, kamu ikut serta meningkatkan ekonomi lokal dan membuat brand lokal lebih terkenal.


Selain kutu baru, berikut adalah jenis kebaya khas Indonesia lainnya
Indonesia kaya akan budaya khas terutama dalam fashion. Selain kutu baru, inilah busana khas wanita Indonesia:
Encim. Busana ini adalah perpaduan baju shanghai China dengan Melayu. Itulah mengapa motifnya banyak dipengaruhi budaya Tionghoa seperti naga, burung dan kura-kura. Kekhasan model baju ini adalah kerah berbentuk V berhiaskan bordiran sampai bagian bawah. Bahan yang biasa digunakan yaitu katun atau organdi. Model ini sering dipakai untuk acara wisuda.
Kebaya Bali. Model ini mempunyai ciri khas tambahan obi yang dililit di bagian pinggang. Bisa juga disertai bros besar. Bahan yang biasa dipakai diantaranya brokat dan juga katun. Warna-warna yang dipakai umumnya berwarna cerah seperti merah atau kuning. Busana ini kerap dipakai untuk acara ritual atau kebudayaan Bali.
Kebaya Jawa. Di Indonesia, ini adalah model yang pertama kali muncul. Ciri khasnya terletak pada kerah berbentuk V, kain tipis, transparan dan bermotif. Model ini dilengkapi dalaman berwarna senada dengan luarannya. Kamu tentu sudah familiar dengan model ini.
Semua model punya ciri khas tertentu. Model mana yang paling menarik hatimu, Temans?
Kalau mau pakai kebaya kutu baru, baca ini dulu deh!
Memilih kebaya kutu baru sebaiknya tidak sembarangan, harus diperhatikan model dan motifnya. Apalagi jika ingin dipakai untuk menghadiri acara resmi. Jangan sampai kamu menghadapi situasi tidak menyenangkan gara-gara ada yang pakai baju sama denganmu. So, pilih produk handmade di Qlapa.com yang punya desain dan corak eksklusif. Para pengrajin handmade di sini hanya memproduksi barang secara terbatas. Sehingga model pilihanmu tidak pasaran. Sangat cocok dipakai untuk acara spesial. Jadi, tunggu apa lagi, pesan produk kecenganmu segera, sebelum stoknya habis.
Semoga bermanfaat,

Salam, 


13 comments:

  1. Lagi musim yaa kebaya gini, di ThamCit jualan ini semua...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, tren fashion yg terus berputar 😄

      Delete
  2. Aku lihat mbak mbak cantik di atas kok malah gagal fokus yak, hahaha, pengen balik lagi ke bb zaman dulu. Bb zaman now terlalu bohay. Kalau pakai kebaya macam ini bagai lepet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Mba, semangat! Kalau Kak Ghifa masih ASi ga usah hiraukan BB

      Delete
  3. Kebaya naik daun lagi,, sukaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, dulu aku ga pede pakai kebaya, sekarang jd pede aja

      Delete
  4. Aku punya dua-duanya kebaya encim dan juga kutu baru..biasa dipake buat kondangan 😄😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku cuma punya encim, sama kebaya klasik yang ga ada kutubarunya. Nggak pede pake yg kutu baru 😄

      Delete
  5. Baru tau ada kebaya kutu, kalo batik ad nggak yang kutu.. Mampir ke blog ku ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi. Kutubaru,mas. Bukan kutu. Kutubaru itu kain yang bentuknya jd segiempat di dada itu, jd antara bukaan kebaya ditambah kain, itu namanya kutubaru.
      Kalau kebaya jaman dulu, kutubarunya kecil, jadi harus pakai kain jarik dan stagen supaya bagian perut yg nggak ketutup kutubaru jd ketutup

      Delete
  6. Aku malah pakai kebaya kutu baru warisan dari emakku mbak. Eman meni kalo nggak dipakai. Apalagi sekarang lagi ngehits banget kalo kondangan pakai kebaya kutu baru. Makasih sharingnya mbak.

    ReplyDelete
  7. Kebaya model encim, kutu baru, maupun yang klasik, punya semua. Cuma emang jarang aku pakai. Kalo pas yg nikahan sodara atau tetangga aja sih pakainya

    ReplyDelete
  8. Aku suka seneng kalau lihat plcewe pakai kutu baru.kok kayaknya cantik dan elbih feminim. Tapi aku sendiri belum pernah, duh pengen deh coba jg

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam