Saturday, 20 January 2018

Lakukan Cara Ini untuk Memilih Breast Pad Berkualitas



Bismiilahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum, Temans.
Sebagai ibu yang sedang menyusui, saya sering mengalami masalah ASI (Air Susu Ibu) yang merembes keluar. Ini bikin keki banget lho, karena pakaian jadi basah dan beberapa jam kemudian menimbulkan bau apek, bau yang nggak sedap lah pokoknya. Kan jadi risih kalau mau pergi atau mau ketemu orang dalam kondisi seperti itu.

Karena itu, ibu menyusui sangat butuh yang namanya breast pad atau pembalut payudara/ASI. Breaspad berfungsi untuk menahan ASI agar tidak rembes dan membasahi pakaian. Pembalut ASI ini berupa bantalan yang mampu menyerap ASI saat keluar berlebihan atau saat payudara yang satu sedang disusui oleh bayi. Ada banyak variasi bentuk breast pad yang bisa dipilih oleh para ibu menyusui. Dan yang tak kalah penting untuk dijadikan catatan yaitu ada breast pad yang hanya bisa digunakan sekali/sekali pakai/disposable breast pad dan ada yang dapat digunakan berulang kali sehingga dapat dicuci/washable breast pad.
Kita bisa mendapatkan pembalut payudara ini melalui toko perlengkapan ibu dan bayi baik offline maupun online. Kalau sekarang, saya sih lebih memilih membeli melalui situs belanja online karena keterbatasan waktu dan mobilitas saya. Jika belanja online, tentu lebih mudah dan praktis, pun saya tidak perlu keluar rumah dan meninggalkan dua anak saya yang masih kecil. Sesekali lah, beli disposable breas pad di toko terdekat yang bisa dijangkau dengan jalan kaki atau dengan angkutan umum, dan menitipkan anak-anak kepada kakek-neneknya.

Washable breastpad
sumber: bukalapak
Saat ini banyak sekali model dan merk breast pad yang dijual di pasaran. Untuk itu kita harus jeli memilih produk yang akan dibeli. Kita harus memilih dengan tepat mana pembalut yang sesuai dengan kita, dengan kualitas yang baik dan (kalau bisa) harganya pun bersahabat.
Agar tidak salah memilih breast pad dan mendapatkan breast pad dengan kulaita terbaik kita bisa melakukan beberapa hal berikut ini:
1.            Bentuk dan ukuran.
Untuk bentuk dan ukuran ini sangatlah beragam, dengan begitu maka kita dapat untuk melakukan pemilihannya dan menyesuaikan dengan kenyamanan. Umumnya berbentuk bulat dengan ukuran yang beragam. Ukuran breast pad biasanya tersedia di kemasan, atau bisa ditanyakan kepada penjualnya. Memilih bentuk dan ukuran ini agar kita tidak salah memilih, dan breast pad bisa pas saat diselipkan ke bra menyusui yang kita pakai.
2.            Bisa digunakan berkali-kali (washable breast pad)
Memilih washable breast pad dibanding disposable breast pad adalah pilihan yang bijak. Selain bisa mengurangi sampah karena setelah dipakai masih bisa dicuci kembali sampai berkali-kali, kita juga bisa menghemat keuangan. Kelemahannya, umumnya washable breast pad hanya berupa bantalan berbentuk lingkaran tanpa perekat. Seringkali breast pad terjatuh saat buru-buru menyusui.
Kalau saya, memilih membeli keduanya, washable dan disposable breast pad dan menyesuaikan penggunaannya. Washable breast pad saya pakai selama di rumah, dan untuk keperluan saat bepergian saya memilih disposable breast pad agar lebih praktis dan tidak khawatir terjatuh.
3.            Daya serap.
Untuk washable breast pad, biasanya memiliki daya serap yang relatif sama. Namun jika membeli disposable breast pad, daya serap harus sangat diperhatikan. Karena ada yang daya serapnya kurang baik dan malah sobek jika terlalu banyak ASI yang diserap.
4.            Produk.
Perhatikan juga merk pembalut ASI. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai kualitas produk sebelum membeli. Informasi tersebut bisa kita dapatkan melalui testimoni/review penggunanya. Hanya saja harus jeli memilih mana review yang natural atau hanya sekadar iklan. Hal ini tidak lain adalah agar kita menemukan produk yang terbaik dan berkualitas.
disposable breastpad dengan bentuk bunga yang cantik
sumber gambar: amazon

Bagaimana, Temans? sudah menemukan yang dicari dan menentukan mana yang akan dibeli? Semoga cara di atas bisa membantu Kamu semua untuk mendapatkan pembalut ASI yang terbaik dan berkualitas supaya ASI tidak lagi rembes, tidak membasahi pakaian, penampilan ibu menyusui tetap paripurna, ibu dan bayi nyaman, dan semuanya bahagia.
Menjalani setiap fase kehidupan itu memang memiliki tantangan tersendiri, termasuk saat menyusui dan dihadapkan pada ‘masalah kecil’ urusan pembalut ASI. Namun siapa sangka jika urusan yang kecil bisa menjadi masalah besar, ya kan? Sehingga kita pun harus menemukan solusi yang tepat untuk urusan yang kecil namun tidak berkutat dengan masalah kecil tersebut.
Semoga bermanfaat, dan berhasil menemukan breast pad yang cocok.

Salam, 

4 comments:

  1. Bentuknya lucu ih breastpad bunga :D

    ReplyDelete
  2. Enak ya bisa dicuci dan dipakai lagi breastpadnya :D

    ReplyDelete
  3. Tipnya boleh nih, buat cariin adek aku yang habis lahiran :D

    ReplyDelete
  4. Ih Saya dulu kok ga kepikiran beli ini ya. Awal2 melahirkan asi tumpah2 dan cuma dikasih popok bayi aja. #korbanmitos :)

    Sekarang sudah normal ga tumpah2 seperti dulu lagi sih.

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam