Wednesday, 27 December 2017

Alternatif Liburan Akhir Tahun Murah Meriah


Libur akhir tahun selalu menjadi agenda yang dinantikan oleh setiap orang. Selain berharap adanya pemasukan tambahan berupa bonus akhir tahun, umumnya orang sudah menyiapkan dana untuk keperluan satu ini.
Banyak pertimbangan kenapa liburan akhir tahun selalu dirindukan orang. Diantaranya karena mengatur waktu yang pas antara urusan orangtua dengan anak bukanlah hal yang mudah. Umumnya akhir tahun adalah waktu ideal dimana orangtua mendapat jatah libur akhir tahun sedangkan anak juga sedang dalam masa libur sekolah semester ganjil. Selain itu, jatah cuti bulanan yang belum diambil pun seringkali dihabiskan saat masa liburan ini.
Bagi sebagian orang, menikmati liburan akhir tahun sambil menanti pergantian tahun adalah hal yang menyenangkan. Namun tidak semua orang mendapatkan kesempatan untuk berlibur jauh dari rumah. Atau bisa jadi memikirkan beratnya perjalanan (terutama karena macet) sehingga memilih menghabiskan liburan di rumah bersama keluarga.

Sebenarnya sudah cukup terlambat ya, membahas tentang liburan akhir tahun. Tapi nggak apalah, semoga masih ada yang membutuhkan pencerahan seputar menghabiskan liburan dengan murah meriah, menjelajah sekitar rumah saja.
Oia, membahas tema ini karena #ArisanBlogGandjelRel juga. Kebetulan yang ketiban sampur adalah Mba Uniek Kaswarganti dan Mba Novia Domi. Mba Uniek Kaswarganti yang akrab disapa Uniek adalah blogger senior yang sudah terkenal di kalangan blogger nasional. Aktivitasnya di dunia narablog sudah tak diragukan lagi. Berbagai kegiatan skala nasional sering beliau hadiri dengan undangan sebagai seorang blogger. Keren ya!
Oia, beliau juga salah satu founder blogger perempuan Semarang yang nge-hits, kompak dan produktif. Apalagi selain Blogger Gandjel Rel. Yeaaay! So proud to be part of them. Btw awalnya dulu saya gabung GR (sebutan untuk Gandjel Rel) selalu minder, namun para founder dan anggota yang lain selalu saling support sehingga perlahan saya pun mulai percaya diri. Yah, meskipun PD-nya juga sering timbul tenggelam. Ada kalanya PD, ada kalanya ingin nyungsep ke dasar bumi sewaktu mau memosting tulisan.
Sedangkan Mba Novia Domi, adalah mom blogger kece yang hobinya ngopi. Pokoknya kalau urusan kopi, tanyakan saja sama beliau. Mengaku belum lama ngeblog, tapi blognya tak kalah kece dan produktif.
Pertama kalinya kenalan dengan Mba Novi kalau tidak salah lewat chatting di DM Instagram. Entah kapan itu, saya sudah lupa. Kalau tidak salah saat beliau baru pindah ke Kota Semarang. Berlanjut bertemu dalam acara-aca blogger bersama member Gandjel Rel. Silakan kepo-in blognya ya..!
Kembali lagi tentang liburan akhir tahun, ya Temans.
Kebetulan tahun ini saya tidak merencanakan liburan ke mana-mana. Selain masih beradaptasi dengan kehadiran anggota keluarga baru (baca: Baby Salsabila), juga harus mengencangkan ikat pinggang, eh mengencangkan korset. Ups.
Akhir tahun kemarin kami mengisi akhir tahun di Wonosobo, my lovely hometown lalu tepat di tahun baru menjelajah Telaga Menjer (sebenarnya dulu inginnya ke Seroja tapi kesorean). Sedangkan tahun ini kami pulang ke Wonosobo di pertengahan bulan Desember kemarin dan hanya punya waktu seminggu di rumah. Tentu saja karena ada bayi kami tidak bisa bepergian jauh dan lama karena banyak tetangga dan saudara yang menjenguk si kecil.
Kakak Hasna sebenarnya juga libur sekolah PAUD-nya, dan teman-temannya anak tetangga juga berlibur di kampung masing-masing. Praktis dia kesepian setiap pagi dan sore tidak ada teman yang biasanya bermain bersama di depan rumah.
Jadi kepikiran juga nih, bagaimana mengatur waktu liburannya supaya dia enjoy dan merasa diperhatikan juga oleh orangtuanya. Maklum, si Kakak masih dalam masa-masa peralihan dari menjadi kesayangan seorang diri menjadi harus berbagai dengan adik bayinya. Saat ada waktu luang sementara adiknya tidur, harus pintar mengatur waktu bersama si Kakak.
Ini dia beberapa altenatif liburan akhir tahun bersama keluarga yang murah meriah. Renacananya sih kami juga akan melakukan beberapa diantaranya, semoga kesampaian deh.

Mengajak anak bermain di sawah, salah satu alternatif murah meriah dan memorable
1. Menjelajah Wisata Alam di Sekitar Tempat Tinggal
Merencanakan berwisata namun terkendala dengan budget? Tak masalah karena kita bisa melakukan wisata murah meriah.
Pelajarilah informasi wisata alam yang dekat dengan tempat tinggal. Dapatkan informasi sebanyak-banyaknya mengenai lokasi, fasilitas yang ada di sekitar destinasi wisata tersebut, dan dengan moda transportasi apa untuk sampai di sana.
Jika memungkinkan menggunakan kendaraan umum yang memadai dan nyaman, tentu akan menambah kesenangan anak-anak.
Siapkan perbekalan yang cukup untuk camilan dan makan siang. Misalnya akan menjelajah air terjun, pastikan seluruh anggota keluarga dalam keadaan sehat dan memungkinkan untuk ke sana. Siapkan perbekalan seperti minuman dan makan siang supaya tidak perlu membeli atau mencari penjual makanan terutama jika lokasi jauh dari warung.
Siapkan pula P3K dan tikar lipat untuk beristirahat. Makan siang bisa dilakukan dengan menggelar tikar di dekat air terjun. Walaa! Piknik yang mengasyikkan, bukan?
Jika tinggal di daerah yang dekat dengan persawahan juga tak kalah menyenangkan mengajak anak-anak bermain di sawah. Sesekali berkubang lumpur sawah tak masalah buat mereka, justru akan memberikan kesan dan pengalaman mendalam.
Jaub dari persawahan? Barangkali bisa mencoba berkunjung ke saudara atau teman yang tinggal di daerah persawahan dan lokasinya bisa dijangkau tanpa perlu menginap.

2. Menjelajah Taman Kota
Taman kota saat ini sedang digalakkan oleh pemerintah sebagai ruang publik yang memadai. Berbagai fasilitas yang menunjang kegiatan masyarakat ditambahkan di taman. Jogging track, aneka permainan anak, lapangan, tanaman bunga dan pepohonan, dll. Semuanya dibuat agar pengunjung merasa nyaman dan dan taman bisa digunakan untuk aktivitas fisik masyarakat.
Jika menyukai suasana ramai, pergilah ke taman bermain yang sering dikunjungi banyak orang. Biasanya di sana tersedia aneka permainan dan penjual makanan serta mainan yang membuka lapak di sekitar taman.

3. Berkunjung ke Perpustakaan Kota
Mengajarkan anak cinta buku bisa dilakukan dengan mengajaknya ke perpustakaan. Perpustakaan umum daerah umumnya menyediakan ruang khusus anak yang dilengkapi dengan aneka permainan anak. Selain membaca buku, bermain dengan permainan yang akan mengasah tumbuh kembangnya, anak-anak juga belajar bersosialisasi dengan sesama pengunjung perpustakaan.
Cobalah untuk mencari informasi seputar kegiatan untuk anak/umum di perpustakaan, sehingga bisa mengatur waktu khususnya jika ada kegiatan yang disukai anak.
Jika di perpuatakaan wilayah Jateng (Perwil Semarang), biasanya ada pelatihan craft dan menari gratis untuk pengunjung.

3. Berkebun
Ingin menjelajah sekitar namun waktu dan kondisi belum memungkinkan? Tak perlu sedih dan galau karena banyak alternatif mengisi waktu liburan yang cukup mengasyikkan buat seluruh anggota keluarga.
Salah satunya adalah berkebun. Memanfaatkan lahan sempit di samping rumah, teras, ataupun belajar metode menanam hidroponik tentu akan mengasyikkan. Tak hanya itu, aktivitas ini juga akan menambah pengetahuan anak-anak tentang tanaman, proses pertumbuhan tanaman, sifat air, sifat tanah, dll.



4. Memasak
Selain untuk mengisi waktu liburan, kegiatan memasak bersama juga bisa meningkatkan bonding antar anggota keluarga.
Cobalah untuk memasak makanan yang berbeda dari biasanya atau sesuatu yang disukai anak-anak. Donat, misalnya. Membuat adonan donat lalu membentuknya menjadi berbagai macam bantuk dan karakter lucu kesukaan anak pasti akan sangat berkesan. Terlebih setelah masak, mereka bisa menyantap hasil kreasi masing-masing.

5. Membuat DIY Bersama Keluarga
Ingin menata rumah saat liburan? Melibatkan anak dalam kegiatan ini juga akan membuat mereka keluar dari kejenuhan. Membuat aneka hiasan rumah dengan teknik decoupage, memanfaatkan botol bekas, kertas bekas, dll pasti tak kalah mengasyikkan dengan mengunjungi tempat wisata.
Hasil DIY (Do it Yourself) bisa dipajang di ruang keluarga atau di kamar masing-masing. Selain rumah menjadi rapi, anak-anak pun terkesan dengan hasil kerajinan tangan mereka. Apalagi terpajang di ruangan sehingga akan menjadi kenangan indah masa kecil mereka.
Mengajak anak membuat DIY pernak-pernik
Hm.. banyak juga ya aktivitas yang bisa kita lakukan dengan sedehana, murah meriah tapi tak kalah seru dan berkesan.
Oia, satu lagi, saya ingin muter-muter Semarang naik bis wisata Semarang sebenarnya, tapi berhubung suami saya belum bisa pergi selain week end, wasalam dulu deh. Moga lain kali bisa mencobanya. Aamiin...
Kalau kamu, bagaimana menghabiskan liburan akhir tahunmu, Temans?
Semoga bermanfaat ya,
Salam,




14 comments:

  1. me time bareng keluarga dan suami hehehe liburanku

    ReplyDelete
  2. Mgumpul di rumah dan bikin permainan bareng anak-anak juga asik. Dulu waktu milzam ama naufal balita juga kalo liburan di rumah, pasang tenda di kebun belakang. Kalo ujan, pindah ke.dalam rumah, wkwkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum Mba, pengin bikin tenda2an di rumah tapi kalau cuma ada Mbahnya biasanya nggak suka terlalu berisik. hihi

      Delete
  3. Aku liburan akhir tahun ga sellau pergi-pergi kadang malah dipake buat beberes rumah aka dekor ulang, masak bareng atau cuma gegoleran manja sama yang tersayang :D

    ReplyDelete
  4. Kalo pas pergantian tahun, aku di rumah aja Mbak Arin. Paling perginya pas tanggal 1 Januari, itu pun pilih tempat wisata yang gak terlalu rame. Suka pusing eh liat orang banyak lalu lalang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, kaya cendol kalau pas tahun barunan

      Delete
  5. Liburan akhir tahun kami belum ada rencana nih mau di mana. Cuma kemarin pas tanggal merah natal, kami staycation di salah satu hotel dekat rumah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, asyik nih, apalagi bisa spa juga di hotel :D

      Delete
  6. Dirumah dengan berbagai aktivitas aja udah nyenengin banget ya mbaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum Mba, pengennya sih tetap pergi kemana2.
      berhubung belum bisa ya kudu disyukuri apa yang ada :D

      Delete
  7. Kmrn2 aku ajak anak2 ke perpustakaan Kota mba..lumayan, ternyata menyenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, apalagi fasilitas di ruang anaknya memadai. seru banget deh :D

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam