Thursday, 2 November 2017

Promo Harbolnas dan Pertimbangan dalam Memilih Toko Online yang Sesuai

Promo Harbolnas Ecommerce, marketplace, onlineshop 12-12, Harbolnas 12 Desember 2017

Assalamu’alaikum, Temans! semangat pagi!
Apa kabar? Saya nih, masih super rempong dengan kehadiran new born baby dan mengatasi kecemburuan si Kakak. Badan rasanya sudah nggak karuan. Pengennya bisa segera pijat dan belanja gitu deh buat ngilangin stress. Hihi.
Btw Teman-teman tahu Harbolnas kan? Itu lho, Hari belanja online nasional yang jatuh pada tanggal 12 Desember (12-12). Sebentar lagi kan? Persiapan yuk!
Sebentar lagi harbolnas akan tiba dan pastinya akan banyak orang yang memilih untuk mencoba mencari tahu beragam macam barang yang bisa menjadi pilihan promo. Ini bisa menjadi salah satu pilihan tepat untuk berbelanja karena pada saat harbolnas penjual akan sangat loyal menawarkan  diskon kepada calon pembeli.
Saya pernah mencoba berbelanja saat harbolnas, dan memang sebagai customer kita harus jeli memperhatikan banyak hal. Ada toko yang memang memberikan diskon sesuai dengan harga yang tertera, namun ada juga yang memberikan diskon setelah harganya dinaikkan terlebih dahulu. Jadi, untuk berburu barang di ecommerse selama harbolnas harus teliti dan telaten memilah mana penjual yang jujur dan mana yang hanya bermain bahasa marketing.
Ada beragam macam hal yang harus diperhatikan dalam memilih promo harbolnas yang bisa dipilih dan sesuaikan dengan apa yang dibutuhkan diantaranya adalah:

1.            Toko yang menyediakan diskon besar,
Hampir semua toko memberikan diskon yang besar selama harbolnas. Karena waktunya terbatas, biasanya mereka tidak segan-segan untuk menyenangkan hati para konsumen dengan diskon besar-besaran tersebut.
Tapi perlu diwaspadai bahwa tidak semua toko memberikan diskon sesuai dengan harga sebelumnya, ada sebagian yang menaikkan harga terlebih dahulu sebelum memberikan diskon besar. Selain harus jeli, kita juga harus telaten membandingkan harga dari satu toko online ke toko lainnya baik dalam satu marketplace maupun dengan marketplace lain yang memiliki promo harbolnas.
Pengalaman saya, pernah membeli monopod/tongsis dengan harga setengah dari harga toko berkat harbolnas. Sebelum menentukan untuk membeli dari online shop tersebut, saya telah membandingkan harga dengan toko lain. Selain itu, saya juga membandingkan harga dengan toko offline. Setelah dirasa harganya pas baru saya memilih untuk membeli dan melakukan transaksi.

memanfaatkan Promo Harbolnas online shop dengan bijak
Memanfaatkan promo harbolnas dengan bijak

2.            Pilihan keamanan berbelanja,
Dalam memilih tempat belanja juga sebaiknya juga bisa memilih mana yang tepat. Perhatikan review dari customer terhadap setiap toko online. Hal ini demi keamanan barang dan uang yang kita belanjakan. Sayang sekali kan jika misalnya kita telah mengeluarkan banyak uang untuk berburu promo harbolnas namun ternyata kena tipu. Alih-alih mendapatkan diskon dan berhemat malah jadinya tekor.
3.            Pertimbangan belanja,
Hobi belanja? Biasanya kaum perempuan yang paling banyak tergoda dengan yang namanya diskon. Jika melihat kata DISKON atau SALE rasanya ingin segera dimasukkan ke dalam keranjang belanja. Padahal belum tentu membutuhkan barang tersebut. Hanya lapar mata melihat iming-iming diskon, istilahnya.
Untuk itu, sebelum menentukan barang yang akan dibeli selama harbolnas, sebaiknya pertimbangkan barang mana yang paling dibutuhkan, atau hanya sekadar diinginkan. Tak masalah jika budget full lalu ingin membeli barang komplementer, namun jika anggaran terbatas sebaiknya pilih banyak yang paling bermanfaat untuk kita.

4.            Hemat pembelian,
Tujuan kita berburu barang di harbolnas tentu saja supaya menghemat uang yang kita keluarkan. Lumayan, sisanya bisa kita anggarkan untuk yang lain. Namun jangan sampai kalap dan tergoda diskon karena bisa jadi alih-alih menghemat sekian ratus ribu tapi sebenarnya kita boros ratusan ribu juga.
Misalnya kita membeli barang seharga 1 juta dengan diskon 40%, artinya kita hanya perlu membayar 600 ribu. Barang tersebut sebenarnya tidak benar-benar dibutuhkan, kita membeli hanya karena tergiur diskon dan merasa akan menghemat uang 400ribu. Padahal sebenarnya kita telah boros 600ribu dengan membeli barang yang kurang bermanfaat.

5.            Banyak pilihan,
Banyak banget dong, pilihan barang dan toko online selama harbolnas. Ini bisa menjadi keunggulan tetapi bisa menjadi hal yang memusingkan juga bagi kita. Kalau saya jujur jadi pusing melihat banyaknya pilihan diskon dan toko yang ada di marketplace.
Namun hal inilah yang menjadi ‘seni’ berburu promo harbolnas, karena waktu yang terbatas, diskon yang menggiurkan, dan kita yang harus menjaga ego agar tetap bisa belanja dengan sebaik-baiknya memanfaatkan diskon tanpa tergoda untuk membeli barang yang tidak penting.
Nah, bagaimana, Temans? sudah punya list barang yang dibutuhkan? Jangan lupa sambil intip-intip promo harbolnal di marketplace yang sudah mulai ditayangkan. Oia, saat membuat list, pastikan juga benar-benar mempetimbangkan penting/tidaknya, butuh/sekadar ingin, bermanfaat/tidak, budgetnya, dll.
Selamat berburu promo harbolnas ya!
Semoga bermanfaat,
Salam,


7 comments:

  1. Tipsnya bisa disave. :D Makasih, ya?

    ReplyDelete
  2. Hahahaha aku pernah kejebak tuh. :D Ternyata harganya udah dinaikin dulu, :'D

    ReplyDelete
  3. Informasi belanja yang pintar, kunbal ya

    ReplyDelete
  4. walaupun sedang banyak diskon di toko online, tapi tetap ya belanja itu yg dibutuhkan bukan yg diinginkan :)

    ReplyDelete
  5. Iya mbak arin pengen belanja online kalau ada yang bayarin mah, kalau sekarang uangnya mau ditabung dulu untuk yang lebih penting 😀

    ReplyDelete
  6. Mau bener-bener mantengin harbolnas tahun ini karena 3th berturut-turut selalu ga punya budget -_-...
    Yeay! makasih buat tipsnya :))

    ReplyDelete
  7. Pas banget nih mbak arin diingetin ada harbolnas. Lagi nyari tripod yang agak bagusan nih aku. Lumayan kan kalau dapat diskon gede.. 😁

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam