Saturday, 28 October 2017

Bijak Memanfaatkan Voucher Diskon Restoran untuk Wisata Kuliner



Assamu'alaikum,
Dear Temans,
Siapa sih yang tidak senang saat mendapatkan hadiah, potongan harga/diskon, bonus, dll. Apalagi jika semuanya merupakan barang-barang yang sedang kita butuhkan, pasti rasanya sangat gembira seakan menemukan harta karun terpendam berisi keping-keping emas.
Saat ini, banyak sekali e-commerce atau marketplace yang menawarkan berbagai kemudahan dan tawaran penjualan gift voucher. Voucher baik berupa voucher belanja, voucher restoran, voucher menginap, dll bisa didapatkan dengan mudah di online shop. Tak jarang mereka pun menyediakan kupon diskon dengan harga promo.
Siapa yang tak tergoda? Mendapatkan potongan harga dengan membeli voucher restoran, dan kita bisa makan di restoran yang kita pilih tersebut sesuai dengan nominal yang tertera pada voucher. Lumayan kan misalnya kita bisa membeli voucher seharga Rp. 100.000 dengan hanya Rp. 80.000. Bukan cuma lumayan sih, tapi heaven banget apalagi untuk makan bersama keluarga atau saat ada momen bahagia dan ingin mentraktir teman kantor atau teman kongkow.
Namun harus hati-hati juga saat mendapatkan atau membeli voucher, kita harus benar-benar jeli memerhatikan Syarat dan Ketentuan (S&K) yang berlaku. Jangan sampai terlupa juga dengan masa berlaku voucher supaya tidak hangus tak terpakai.

Beli Karena Butuh, bukan Sekadar Ingin
Prinsip ini harus dipegang benar-benar saat melihat kata DISKON baik di pusat perbelanjaan maupun di marketplace. Terkadang karena tergiur dengan harga promo, kita justru membeli barang yang sebenarnya tidak kita butuhkan. *perempuanmahsukagitu*
Misalnya melihat ada promo meja makan dengan diskon 50% dari harga 5 juta. Kita tergiur dan akhirnya memutuskan untuk membeli, padahal di rumah sudah tersedia meja makan yang masih sangat layak pakai dan modelnya pun sesuai dengan konsep desain rumah yang dihuni. Jadi, bukan hemat 2,5 juta tapi kita telah melakukan pemborosan sebesar 2,5 juta dengan membeli meja makan tersebut.
Lain halnya jika kita sudah meniatkan diri untuk mengajak keluarga makan di restoran saat week end. Sebelum week end tiba, kita bisa hunting voucher diskon restoran terlebih dahulu. Dengan membeli voucher diskon restoran, kita bisa saving puluhan ribu rupiah untuk keperluan lainnya.
Tak ada salahnya juga membeli voucher diskon restoran untuk kepentingan charity. Dengan budget yang sama namun kita membeli voucher dengan harga diskon, tentu kita bisa mendapatkan lebih banyak jumlah voucher. Makin banyak voucher artinya makin banyak orang yang akan mendapatkan manfaat dari program charity tersebut.
Temans perlu memerhatikan juga lokasi restoran dengan tempat tinggal atau kantor. Usahakan mendapatkan voucher di restoran yang mudah dijangkau dan tempatnya strategis terlebih untuk kegiatan charity. Sama saja bohong jika mendapat potongan harga restoran tapi untuk menjangkaunya dibutuhkan dana yang lebih besar.
Sebagai Hadiah untuk Sahabat
Memberi hadiah voucher untuk sahabat, Apa salahnya? Apalagi jika kita tahu sang sahabat adalah pecinta kuliner dan hobi mencicipi makanan dari resto ke resto. Apalagi yang membuatnya bahagia selain memiliki sahabat yang perhatian seperti Kamu, Temans?
Pastikan saat mengiriminya voucher, masa berlakunya masih panjang agar dia bisa lebih mudah menyesuaikan dengan waktunya. Atau Kamu juga pecinta kuliner? Kenapa tidak makan bersama dan tentukan tempatnya bersama-sama juga?
Yang tak kalah penting sih jangan sampai kalap jika pergi makan dengan berbekal voucher yang didapatkan dari berburu diskon. Salah-salah jadinya anggaran membengkak bukan malah berhemat.
Saya pernah beberapa kali mendapat voucher restoran dari event yang diadakan bersama blogger. Lumayan juga, jadi bisa makan gratis di restoran *ups.
Mango Thai Shake yang kekinian
credit: Fajar Arista
Waktu itu saya sudah mempelajari katalog menu dan harga makanan yang disediakan di restoran. Sebelum pergi ke restoran, dari rumah sudah meniatkan dan memilih makanan/minuman agar harganya sesuai dengan nominal voucher. Rupanya sampai di sana saya malah tergiur dengan menu lain dan akhirnya harus merogoh kocek lagi untuk menebus kekurangan. Padahal jumlahnya lumayan lho! kan jadi nyesek, niatnya mau makan gratis malah justru keluar uang cukup banyak.
Jangan sampai kejadian seperti ini ya, Temans. lagi-lagi niatnya mau berhemat malah jadi boros karena semua ingin dibeli dan dimakan.
Bulan-bulan ini sedang musim mangga ya! Banyak menu ngehits berbahan dasar mangga yang ditawarkan restoran. Manggo Thai Shake dan Mango Sticky Rice kan yang paling bikin ngiler? Iya, saya juga pengen banget nyoba nih, sayang lagi disuruh diet ngurangin makanan yang mengandung gula alias yang manis-manis. Kalau nggak dilarang sih sudah hunting aja tuh, atau nyoba bikin sendiri supaya lebih murah dan dapatnya banyak *dasaremak*
Hm.. tak ada salahnya nih nanti saat sudah dibolehkan makan manis-manis lagi, saya hunting voucher restoran supaya bisa mencicipi dua menu favorit itu dengan harga yang lebih bersahabat. Duh, jadi nggak sabar.
Kalau Kamu, punya rencana apa Temans?
Hunting ayam geprek? Kue kekinian? Si duo manggo ngehits? Aneka mie? Ramen? Western food? Traditional one?
Duh, malah saya yang mendadak lapar nih, yasudah mari kita hunting voucher bareng-bareng.
Salam, 

3 comments:

  1. Memang sih, #matasayasukaijo kalau liat diskonan, apalagi pas wiskul. Berasa semua ingin diicip. Lupa deh ama diet dan aturan apalah-apalah wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Manggonya bikin mupeng nih. :D Seger banget tuh pastinya.

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam