Tuesday, 17 October 2017

Lakukan Cara Berikut untuk Menghemat Pulsa dan Kuota Internet


Assalamu’alaikum, Temans.
Adakah yang punya pengalaman seperti saya, pulsa sering sekali tersedot tidak jelas sehingga tahu-tahu habis?  Rasanya seperti ada pencuri misterius yang mengganyang pulsa kita. Bayangkan, baru isi pulsa di pagi hari lalu terlupa membeli paket data, tahu-tahu sampai siang hari pulsa-nya sudah berkurang cukup banyak. Itu dalam kondisi mobile data sudah dimatikan, lho!
Hal kecil seperti ini sering membuat kita jadi badmood apalagi saat kondisi genting dan sangat membutuhkan akses internet. Menyadari pulsa masih ada untuk membeli paket internet ternyata begitu mendaftar tertolak dengan alasan pulsa tidak mencukupi. Akhirnya harus kalang kabut membeli pulsa lagi untuk melengkapi sisa pulsa supaya paket bisa terbeli dan aktivitas dunia maya terus berjalan.
Jika sudah begini, niat mau berhemat pulsa tinggal impian. Yang ada justru anggaran makin membengkak karena pengeluaran bertambah untuk beban pulsa tak terduga.  
Bagaimana dong supaya bisa hemat pulsa dan internet lancar jaya? Saya menerapkan beberapa cara berikut:

  1. Gunakan 2 SIM card dengan operator yang berbeda
Untuk mengantisipasi pulsa tersedot secara misterius, gunakanlah 2 SIM card dari operator yang berbeda. Gunakan simcard pertama khusus untuk SMS/Telp dan pulsa cadangan, sedangkan Simcard kedua untuk membeli paket internet.
Smartphone sekarang umumnya dibekali dengan 2 simcard sehingga memudahkan kita melakukan cara ini. Karena, mau tak mau terkadang kita musti berurusan dengan SMS yang sudah jarang digunakan orang. Dengan menggunakan 2 simcard, simcard pertama yang berisi pulsa akan memback-up kita terutama saat kita berada di tempat yang tidak terjangkau internet.
  1. Beli pulsa secukupnya untuk paket internet
Cara ini saya lakukan setelah menyadari pulsa saya tiba-tiba raib. Akhirnya saya memilih membeli pulsa secukupnya setelah sebelumnya memilih paket internet yang juga memberikan layanan telpon dan/SMS gratis.
Misalnya saya butuh membeli paket internet seharga 60.000/bulan, maka saya membeli pulsa maksimal 75.000. Jika masih ada sisa pulsa bisa saya transfer ke nomor HP suami atau keluarga yang lain supaya pulsa tidak hilang percuma. Sisa pulsa beberapa ribu rupiah biasanya akan ‘lenyap’ dalam beberapa hari, dan harus mengikhlaskan sebisanya. Rasanya semacam mau tak mau harus dipaksa mau.
  1. Menggunakan paket internet bundling
Dulu saat memiliki 2 gawai (1 smartphone dan 1 HP jadul) dengan 3 simcard, saya senang sekali membeli paket internet bundling yang bisa saya gunakan selama berbulan-bulan. 2 simcard yang saya punya memang sudah paten sejak lama dan keduanya aktif, sedangkan 1 simcard paket internet bundling ini saya pakai khusus di smartphone.
Dengan cara ini, saya bisa berhemat kuota dan pulsa karena nomor handphone aktif di HP yang hanya bisa digunakan untuk SMS dan telepon. Sedangkan media sosial, whatsapp dan aplikasi lainnya juga tetap bisa berjalan di smartphone. Kuota hemat dan pulsa pun aman.
Cari wifi gratis terutama saat sinyal tidak memungkinkan

  1. Matikan Paket data dan smartphone di malam hari
Di malam hari saat tidur meskipun smartphone tidak digunakan, tentunya aplikasi yang ada di dalamnya akan terus aktif. Hal ini membuat kuota terus terpakai untuk menjalankan aplikasi. Jadi, saat smartphone tidak digunakan, matikanlah paket data lalu matikan juga gawai tersebut. Namun jika membutuhkan untuk membangunkan di pagi hari (dengan alarm di gawai), paling tidak matikan paket data dan akses wifi sehingga bisa menghemat kuota dan baterai sekaligus.
  1. Matikan Paket data saat kesulitan sinyal
Konon pulsa tersedot tidak jelas ada kalanya terpakai saat kita berada di tempat yang tidak terdapat layanan jaringan sesuai paket internet yang dibeli. Jadi kita harus benar-benar jeli saat berada di tempat yang jangkauan internetnya tidak stabil sebaiknya matikan paket data dan berusahalah untuk mendapatkan layanan wifi gratis.
Jika tidak mendapatkan wifi gratis, carilah lokasi yang benar-benar lancar jaringan internetnya sehingga tidak menyulitkan kita dan gawai kita.
Saya sering mengalami hal ini saat pulang kampung ke Wonosobo. Jadi, ketika saya membutuhkan sinyal internet untuk posting blog, instagram atau hal penting lainnya (apalagi diburu deadline), saya akan berusaha untuk pergi ke pusat kota demi mendapatkan sinyal yang kuat. Iya, jika di kampung untuk SMS dan telepon saja kesulitan apalagi untuk berselancar di dunia maya?!
  1. Settinglah sebagian aplikasi dengan ‘wifi only mode’
Hal ini juga penting terutama untuk setting aplikasi yang jarang digunakan. Aplikasi bawaan yang tidak bisa dihapus pun disarankan untuk diset hanya menyala saat ada jaringan wifi.
Selain itu kita perlu mengatur juga setelan aplikasi untuk tidak mengunduh otomatis setiap konten yang masuk ke dalam gawai. Karena selain boros kuota internet, boros pulsa juga boros memori penyimpanan. Kasihan si gawai jika terus menerus harus menampung beban berat dari autodownload.
Bagaimana, Temans? ada yang punya cara menghemat pulsa dan kuota internet sama seperti saya? Atau jika memiliki cara yang lain bolehkan sharing di kolom komentar supaya bermanfaat untuk banyak orang.
Semoga bermanfaat,
Salam,

18 comments:

  1. oo.. begitu to. baru sadar juga kalau selama ini kurang awas soal pengeluaran pulsa dan internet. tiba2 aja habis. terimakasih ya sdh berbagi :)

    ReplyDelete
  2. Wah.. pentesan pulsa aku kdg kg nyedot sendiri. Siap laksanakan tips dr mba arina deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ya Mba, moga tipsnya berhasil dilakukan :)

      Delete
  3. tips keren, Mbak..Thanks sharingnya

    selain itu bisa juga, serumah punya nomor dari operator yang sama..Jadi just in case telpon lebih hemat. Tapi lebih lagi jika pakai layanan free call dari aplikasi lintas platform seperti WA dan lainnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya betul, makasih tambahannya Mba Dian.

      saya juga gitu sih, pakai operator yang sama dengan keluarga supaya lebih hemat kalau butuh telpn

      Delete
  4. Oh begitu ya caranya.
    Makasih mbak sudah berbagi :)

    ReplyDelete
  5. Terima kasih sharingnya mbak, jadi banyak ngerti sekarang ^^

    ReplyDelete
  6. Akupun sudah begini mbak rin, dan betul memang hemat 😊

    ReplyDelete
  7. Keren tipsny mba.. baru tau ternyata ngaruh ya matiin paket data kalo malem. Noted!

    ReplyDelete
  8. Kemaren aku kepencet buka inet di HP dan blm kupaketkan datanya, berkurang banyak pulsaku huhuuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, nyesek ya Mba..

      AKu juga pernah kejadian kek gitu.. tahu-tahu pulsa habis :(

      Delete
  9. Aku pun ngalami, pulsa habis ternyata kesedot untuk internetan saat data internet habis. Dan akhirnya melakukan cara seperti nomer 4, 5.dan 6. Mayan jadi ngirit sekarang. Kadang malah sisa, dan diakumulasikan data internent utk bulan berikutnya

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam