Monday, 18 September 2017

Destinasi Wisata Paling Menarik di Kuala Lumpur

Assalamu’alaikum,
Menjelang akhir tahun, biasanya banyak orang merencanakan untuk traveling tahunan. Kalian bagaimana, Temans? Apakah punya rencana yang sama?. Umumnya, untuk traveling tahunan ini, banyak orang menentukan destinasi wisata yang sedikit lebih jauh dari biasanya, ke Luar negeri misalnya.
Saya sih belum pernah ‘mencicipi’ traveling ke luar negeri, meski punya impian sebelum bisa umroh dan haji ingin bisa traveling (tipis -tipis) ke negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Keinginan inilah yang membuat saya kepo dengan beberapa destinasi wisata yang ada di Malaysia, terutama Kuala Lumpur. Kenapa Kuala Lumpur? Agar hemat biaya juga dong, jadi cukup sekali perjalanan dengan pesawat terbang dari Semarang/Jakarta.

Kebetulan ada beberapa teman yang bekerja di Kuala Lumpur, sehingga saya berusaha mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya tentang destinasi wisata paling menarik di Kuala Lumpur. Asyik kan, jika beneran kelak bisa ke sana, bisa sekalian kopi darat dengan teman-teman, menyambung silaturrahim lah, karena selama ini hanya berkomunikasi di dunia maya.
Ini dia beberapa destinasi wisata di Kuala Lumpur yang direkomendasikan:

1. Kuala Lumpur City Center


KLCC di siang hari
sumber gambar: kuala-lumpur.ws

Kuala Lumpur City Center (KLCC) merupakan destinasi utama yang harus dikunjungi saat melakukan perjalanan wisata ke Malaysia, tepatnya ke Kuala Lumpur. Di sinilah tempat landmark Malaysia yang paling terkenal, yaitu Menara Kembar Petronas.
Di sini terdapat Suria KLCC yang merupakan pusat perbelanjaan (shopping center) terlengkap di Kuala Lumpur. Pusat perbelanjaan setinggi 5 lantai ini tepat berada di bagian bawah Menara Petronas, terdiri dari berbagai macam toko yang menyediakan berbagai keperluan baik untuk warga Malaysia maupun untuk wisatawan yang berkunjung ke sana.
Di depan Suria KLCC terdapat Taman KCLL (KLCC Park) yang merupakan wajah modern kota Kuala Lumpur. Taman seluas 69.000m2 ini dilengkapi dengan kolam, air mancur, jogging track, tempat bermain anak-anak dan food court. Menikmati taman ini di malam hari akan semakin menambah daya tarik karena ada pertunjukan lampu.

2. Menara Kembar Petronas (Petronas Twin Tower)
Menara petronas, landmark terkenal di KL
Masih di area KLCC, wisatawan tidak boleh melewatkan untuk berfoto di depan landmark terkenal Malaysia ini. Menara ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai menara tertinggi di dunia sejak tahun 1998 – tahun 2004. Tingginya 170m dan terdiri dari 88 lantai. Terdapat jalan penghubung (yang disebut skybridge/jembatan udara) diantara kedua menara di lantai 41 dan 42. Pengunjung bisa naik ke menara ini dan berhenti menikmati pemandangan di jembatan udara dengan membayar tiket.
Banyaknya orang yang ingin menikmati dan mencoba sensasi menaiki menara pencakar langit ini, menyebabkan antrian panjang. Wisatawan harus datang pagi-pagi supaya bisa mendapat tiket untuk naik menara.
Duh, saya sudah membayangkan berfoto romantis bersama suami dan anak-anak di bawah menara nih... doakan supaya bisa kesampaian datang ke sana, ya Temans.

3. Batu Caves
Batu Caves, tempat suci umat Hindu
sumber gambar: thepoortraveler . net
Batu Caves atau Goa Batu merupakan tempat yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Situs sejarah ini berada di wilayah perbukitan dan merupakan tempat suci (kuil) bagi umat Hindu. Hanya berjarak 13 kilometer dari utara  Kuala Lumpur, wisatawan bisa menikmati pemandangan indah di sana.
Untuk mencapai puncak Batu Caves, pengunjung harus melalui anak tangga yang berjumlah 272. Di sekeliling kuil, berkeliaran monyet ekor panjang sebagai penghuni alamiahnya.
Tempat ini juga merupakan pusat diadakannya festival tahunan umat Hindu Malaysia, yang menarik wisatawan dari berbagai negara baik yang ingin mengikuti ritual perayaan maupun hanya sebagai wisatawan yang datang menyaksikan pertunjukan.

4. Mesjid Jamek
Masjid Jamek Malaysia
sumber gambar: tempatwisataseru . com
Selain sebagai tempat untuk beribadah, Masjid ini tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Kuala Lumpur. Masjid Jamek merupakan masjid tertua di Kuala Lumpur dan merupakan saksi sejarah bahwa Kuala Lumpur adalah salah satu kota kebudayaan islam.
Arsitekturnya konon merupakan adaptasi dari senin bangunan Mogul, di utara India. Lokasinya yang strategis karena berada si pusat kota dan dekat dengan pusat perbelanjaan, menjadikan masjid ini selalu ramai dikunjungi.
Cantik sekali kan, Masjid Jamek ini? apalagi bisa belajar sejarah islam juga baik tentang sejarah pendiriannya maupun memperlajari arsitekturnya yang unik dan indah.

5. Pasar Seni
Pasar Seni tertua di KL
sumber gambar: kkkl.com.sg

6. Central Market Kuala Lumpur (Pasar Seni) merupakan pasar seni tertua di Kuala Lumpur. Di sini, wisatawan bisa berbelanja aneka oleh-oleh untuk dibawa pulang ke negara asalnya. Pasar tua yang sudah berdiri sejak tahun 1888 ini selalu ramai dikunjungi wisawatan, karena menyediakan berbagai kerajinan khas Malaysia seperti miniatur ikon-ikon dan landmark Malaysia. Tempatnya pun nyaman dan dilengkapi dengan AC (air conditioner) yang membuat pengunjung makin betah.
Jadi, jangan kalap ya kalau datang ke pasar seni, hihi.

7. China Town
China Town yang meriah di malam hari
sumber gambar: kkkl . com 
China Town terdapat di Petailing Street. Di sini, wisatawan akan dimanjakan dengan deretan bangunan bersejarah dan khas Tionghoa. Berbagai toko yang menjual aneka kerajinan pun bisa didapatkan dengan mudah. Dan menurut informasi, harga-harga yang dibanderol masih bisa dinego, jadi pandai-pandailah menawar saat belanja di sana.
Jika berkunjung pada malam hari, akan menikmati indahnya lampion dan dimanjakan dengan aneka chinese food. Tetap harus berhati-hati dengan kehalalannya, ya Temans (mm.. ini semacam ngingetin diri sendiri sih sebenarnya).

8. Bukit Bintang
Bukit Bintang Kuala Lumpur, pusatnya wisata kuliner
sumber: tempatwisataseru . com
Destinasi terakhir rekomendasi dari teman saya adalah Bukit Bintang. Pertama kali mendengar namanya, saya pikir adalah sebuah bukit yang pada malam hari pengunjung bisa menikmati pemadangan alam dengan selimut langit berbintang. Aih, rupanya saya salah! Hehehe.
Bukit bintang merupakan jalan yang biasa disebut The Golden Triangle. Merupakan pusat wisata kuliner dan perbelanjaan yang menawarkan berbagai produk murah (berdiskon) untuk wisatawan. Nah ini yang dicari buat traveller (wannabe) berdompet tipis macam saya.  
Karena merupakan pusat kuliner, maka wajib sekali dikunjungi untuk berwisata kuliner (dan gedein perut, eh memanjakan lidah). Banyak menu yang katanya tak boleh dilewatkan untuk dicoba. Hm.. kira-kira menu apa saja ya? Membayangkan makanan lezat saja sudah membuat saya lapar apalagi saat datang ke sana, melihat langsung tampilannya dan mencium aroma makanannya. Hm... yummyy! Hati-hati dayet!
Hm... dari tadi membahas tentang destinasi wisata di Kuala Lumpur terus, padahal kan ke sana perlu banget memperhatikan transportasi dan akomodasi selama di sana. Yamasa mau ngemper gitu di depan toko atau di kolong jembatan? Hihi. Mau traveling ala backpacker pun tetep kudu memperhatikan urusan istirahat kan? Apalagi ini di negeri orang, Man! Jangan sampai bikin malu Indonesia tercintah!


Hunting Tiket Pesawat Murah
Penting banget untuk dilakukan jauh-jauh hari sebelum merencanakan liburan. Apalagi buat keluarga seperti saya yang sebentar lagi sudah berbuntut dua. Artinya jika saya pergi harus pesan 4 tiket sekaligus. Hm.. kalau nggak dapat tiket promo rempong-lah urusan budget! Ini baru bayar tiket pesawat, belum nanti nginep di hotelnya, akomodasi selama di sana, transportasi ke tempat wisata dan tiket masuk tempat wisata juga. Wadaw! Banyak amat ya yang musti diurus!
Menurut pengalaman teman-teman saya yang suka melancong ke luar negeri, mereka bisa hunting dan booking tiket pesawat sejak 6 bulan sebelumnya. kalau untuk penguasaha atau karyawan yang bisa mengajukan cuti sewaktu-waktu, cocok juga nih. Jadi 6 bulan sebelumnya sudah menentukan tanggal kepergian yang meneyesuaikan dengan jadwal masing-masing termasuk jadwal anak. Setelah itu, bisa booking pesawat untuk pulang pergi (PP) dari segala penjuru di  Indonesia – Malaysia (Kuala Lumpur). Kalau rejeki mah bisa dapat harga murah binggo! Kudu jeli aja nyari informasi promo tiket pesawat.

Pesan Hotel
Nah, ini juga musti diperhatikan banget. Meskipun traveling-nya singkat, hotel menjadi tempat istirahat sekaligus menyimpan barang-barang bawaan untuk sementara waktu.
Untuk memesan hotel, yang harus dipertimbangkan adalah lokasinya, fasilitasnya, dan sesuai dengan budget. Harus jeli juga, jangan sampai memilih hotel yang murah tapi fasilitasnya tidak memadai dan jauh dari jalur transportasi umum sehingga menyulitkan kita untuk pergi ke tempat wisata. Salah pilih bisa-bisa malah anggaran makin membengkak alih-alih penghematan dengan memilih hotel murah.

Booking Tiket Pesawat dan Hotel Sekaligus
Teman-teman sekarang kalau mau pesan tiket pesawat atau hotel pasti lebih memilih secara online kan? Iya dong, apalagi banyak sekali aplikasi yang bisa didapatkan dengan mudah di smartphone yang menyediakan layanan ini.
Tapi ribet juga kan, kalau harus pesan tiket pesawat dan hotel sendiri-sendiri. Duh, kerja dua kali banget! Apalagi kita yang mau melakukan perjalanan juga harus menyiapkan banyak hal mulai dari cek paspor, menyiapkan perbekalan, mengkondisikan keluarga, dll.
Nah, saat saya coba melirik traveloka, ternyata sekarang ada layanan untuk booking tiket dan hotel sekaligus! Hm.. ini sih namanya kemudahan banget! Asyik banget dong kalau ada paketan seperti ini. Untuk informasi hotelnya, bisa banget kita lihat melalui review dari pengguna yang ada di aplikasi. Kalau review-nya bagus tak ada salahnya kita mencoba untuk memesannya.

Paket hotel dan tiket pesawat traveloka ke Kuala Lumpur

Dengan paket hotel traveloka ini, jadi hemat waktu dan memudahkan kita memilih akomodasi. Ya kan? Waktunya bisa digunakan untuk persiapan lainnya, dan sewaktu-waktu bisa kita pantau lewat tenggaman tangan dan jentikan jari-jemari (hihi, kayak sulap :D)
Dan ternyata, harganya lebih murah lho dibandingkan jika kita membeli tiket pesawat dan pesan hotel sendiri-sendiri. Nah, begini makin asyik karena sisa uangnya bisa kita gunakan untuk wisata kuliner di tempat tujuan, membeli oleh-oleh atau untuk ditabung. Iya, penting juga memerhatikan saving money, jangan sampai sepulang traveling malah jadi tekor atau nambah utang. Bukannya pikiran jadi fresh yang ada malah makin pusing pala berbi.
Jika memesan paket tiket pesawat dan hotel di traveloka, pembayannya pun mudah karena tersedia banyak metode pembayaran. Bisa lewat ATM, e-money, atau gerai lain yang menyediakan layanan pembayaran online.
Hm... saya makin nggak sabar nih buat traveling ke Kuala Lumpur. Doakan semoga segera terealisasi ya, paling nggak setelah si Kecil bisa diajak pergi jauh lah..
Teman –teman ada yang sedang merencanakan untuk traveling ke Luar negeri atau berbagai wilayah di Indonesia juga? bisa banget untuk mencoba layanan baru traveloka ini untuk mendapatkan berbagai manfaatnya.
Happy traveling! Semoga bermangfaat,

Salam,

14 comments:

  1. Pingin juga halan-halan ke negeri jiran ini...
    Kayaknya seru

    ReplyDelete
  2. wah banyak banget ya destinasi wisata di malay... pingin.secara ga jauh dari indo...n bisa ketemu mbak laudya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk Mba, ntar janjian ngajak ketemuan. hahaha

      Delete
  3. Ada jg ternyata masjid jamik d'malay

    ReplyDelete
  4. Komplit banget ni rujukan spot wisatanya..

    Semoga bisa segera travelling dan dapet semua destinasi di ulasan ini.
    Aamiin..

    ReplyDelete
  5. Mau dong Mbak Arina jelong2 sampai sana. China town nya keceh ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum Mba, kalo malam mungkin mirip suasana di Sampookong ya

      Delete
  6. Daridulu aku juga cuman baru bs lihat liputannya spot2 diatas mba. Mari berdoa barebg2 yuk ah semoga kesampaian buat kesana ya. Biar bisa jabanin tempat2 yg uda mba arina tulis diatas. Aamiin

    ReplyDelete
  7. Aminn aminn semoga bisa ke KL bawa si kecil yaa mbaaa

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam