Wednesday, 16 August 2017

Serunya Berkuda di Santosa Stable Semarang




Assalamu’alaikum, Temans, Merdeka!
HARPITNAS besok mau ke mana nih? Asyik ya, ada long weekend yang bisa dipakai untuk melarikan diri sejenak dari keriuhan perkotaan dan pekerjaan.
Di sekitar Semarang ada tempat yang cocok untuk escape bersama keluarga, Santosa Stable namanya. Beralamat di Lendoh, Leban, Boja, Leban, Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah 51381. Meski sudah masuk Kabupaten Kendal, namun lokasinya masih di seputaran Gunung Pati Semarang, daerah perbatasan kabupaten sehingga cukup mudah dijangkau dan hanya memakan waktu sekitar 45 menit dari Kota Semarang.
Untuk menuju ke sana, sepanjang jalan pengunjung akan disuguhi pemandangan indah berupa persawahan dan lahan hijau yang luas. Jalan berkelok dan naik turun akan menambah sensasi bertualang yang mengasyikkan.

Meski kondisi jalan yang harus dilalui tidak sebaik dan selebar di Kota, masih cukup aman untuk digunakan. Semoga kelak lebih diperhatikan lagi terutama oleh pemerintah yang berwenang. Selain itu. Pengunjung juga harus melewati perkampungan dengan jalan yang sempit. Namun pihak pengelola Santosa Stable sudah menyiapkan jalur supaya pengunjung yang keluar/masuk tidak berpapasan.
Sebelum memasuki gerbang Santosa Stable, pengunjung akan disambut oleh sungai yang mengalir di jalur masuk tempat wisata. Jangan lupa membeli tiket dan membayar uang parkir di pos yang sudah disediakan. Biayanya pun cukup terjangkau yakni Rp. 10.000/orang dan Rp. 5.000 untuk parkir kendaraan roda 4, Rp. 2.000 parkir roda 2.
Jika menggunakan kendaraan roda 4, harus melewati jalur aliran sungai yang memang sengaja dialirkan lewat jalan masuk. Mengajak anak-anak melewati jalur ini akan semakin menambah antusias mereka berwisata. Bagi yang menggunakan roda 2, ada jalur khusus lewat jembatan kecil dan tidak harus nyemplung sungai.
Waktu itu kami pergi karena diajak bapak dan ibu mertua. Seperti biasa, jika ingin mengajak cucunya jalan-jalan, yang menentukan lokasi adalah saya atau suami saya. Berhubung beberapa tempat yang sesuai dengan keinginan si Mbah sudah pernah kami kunjungi, kami harus memutar otak untuk mencari lokasi lagi. Thanks google! Berkat browsing sejenak jadi ingat ada beberapa teman yang pernah membuat usalan tentang Santosa Stable. Walaaa! Ini tempat yang perfect menurut Mbah: lokasinya di Desa, dekat persawahan, banyak pemandangan hijau, dan di lokasi ada tempat main air untuk anak.
Menjelang masuk ke lokasi, si Kecil Hasna rewel dan ingin macam-macam gangguin ayahnya nyetir. Beruntung ada aliran sungai yang dilewati mobil sehingga dia pun bisa dialihkan untuk melihat saat roda mobil nyebur ke sungai yang tak begitu besar itu. Seruu! Buat anak-anak, apa sih yang nggak asyik?
Sebelum masuk, kita akan disambut dengan gerbang yang menjulang tinggi. Selain itu, banyak juga spot yang instagramable seperti becak, kereta kuda, dll.
Beberapa arena yang bisa kita coba di Santosa Stable adalah Latihan Berkuda, Memanah, Kolam Ciblon dan tubing (untuk anak-anak), atau bisa juga memilih untuk bermain di sungai yang tepat berada di pinggir stable. Untuk beberapa wahana pengunjung dikenai biaya tambahan seperti memanah dan berkuda. Namun jika hanya bermain di sungai, di kolam dan melihat-lihat kuda di kandang tidak dikenai biaya lagi.

Hasna bersama Ayah bermain di Kandang Kuda Poni
Istal atau kandang kuda di Santosa Stable

Kuda yang tersedia di sana ada beberapa jenis, termasuk kuda poni yang lucu dan bisa menjadi teman bermain anak-anak. Lainnya adalah kuda-kuda tangguh yang biasanya digunakan untuk balap kuda. Untuk bisa menunggang kuda memutari Santosa Stable, biayanya sekitar Rp. 50.000 sedangkan untuk berlatih kuda lebih intensif (mengikuti kelas berkuda) dikenakan biaya mulai Rp. 150.000.
Sedangkan untuk panahan, ada biaya tembahan sebesar Rp. 25.000/orang dengan durasi latihan selama 15 menit. Jika ingin bermain air (renang) tidak dikenai biaya tambahan, namun saat ini hanya tersedia untuk anak-anak. Semoga kelak bisa menambah wahana kolam renang untuk dewasa juga.

Kolam ciblon dan arena bermain anak-anak
Sayangnya waktu itu kami sampai di sana saat tengah hari, dan sedang panas-panasnya. Akhirnya hanya menemani si Kecil main air dan mancing ikan di tempat mainan pancing yang disediakan, sewanya standar sih, Rp. 5.000 sepuasnya. Bulik-bulik Hasna yang kebetulan sedang ke Semarang dan ikut pun akhirnya hanya berjalan-jalan di seputar istal dan berfoto ria. Panasnya nggak nahan!. Sementara Mbah Kung dan Mbah Ti-nya Hasna memilih untuk duduk di restoran yang berada samping kolam ciblon, bisa sambil mengawasi si kecil yang bermain dengan ayahnya.
Ingin sekali mencoba horse riding dengan biaya Rp. 50.000, namun sayangnya sedang istirahat dan akan buka lagi pukul 13.00. hm... akhirnya batal deh, karena weekend banyak sekali pengunjung dan banyak pula yang sudah antri untuk mencoba menunggang kuda berkeliling stable ataupun hanya berkeliling di arena berkuda yang telah disediakan. Oia, untuk berkeliling stable termasuk melewati sungai, biayanya sekitar Rp. 500.000. jika ingin berlatih berkuda pun bisa mengikuti kelas di sana, sudah terstandar internasional, lho! Keren!

Villa yang bisa disewa di Santosa Stable
Tempat ini juga dilengkapi dengan villa yang bisa disewa untuk acara besar maupun untuk individu. Cocok sekali untuk keluarga yang ingin menikmati suasana daerah pegunungan yang sejuk dan sepi, jaub dari lalu – lalang kendaraan bermotor. Sejauh mata memandang hanya hijau persawahan dan pepohonan. Malah hari menatap langit luas dan bintang-bintang ditemani segelas teh/kopi panas.  
Tunggu apa lagi?

5 comments:

  1. Wah, aku cuma pernah ke kaliwungu aja. Gak tau kalo kendal punya tempat kece kayak gini. Wajib mampir nih !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk Mba, ke Semarang lagi.. :) ini lokasinya lebih dekat ke Semarang daripada Kendal

      Delete
  2. Wahh seru bgt tuh kl nginap disana bersama keluarga besar jd anak2 bisa main kuda sampe puas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, cocok nih untuk acara keluarga :)

      Delete
  3. Recomended nih untuk keluarga. Apalagi untuk anak, pasti suka banget tuh sama kuda. Liburan betah kalau anak" juga betah.

    ReplyDelete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam