Thursday, 17 August 2017

Mengisi Kemerdekaan


Merdeka!  Merdeka!  Merdeka!
17 agustus 2017 artinya sudah 17 tahun Indonesia merdeka. Apakah sudah benar-benar merdeka?  Hm.. Serius amat, Bu! 
Kita ngomongin seputar perayaan 17an aja yuk!
Di tempat Teman-teman ada acara apa? 
Kalau di tempat saya tidak begitu meriah,  tapi cukup terasa keguyub rukunan warga menyiapkan 17an.  Mulai dari ngecat pinggir jalan dan tong sampah sampai menghias jalan dengan umbul-umbul dan mural warna-warni,  sampai pemilihan ketua RT baru.
Tak ada lomba-lomba seseruan untuk anak-anak dan warga,  karena memang hanya ada segelintir anak di seantero RT.
Adanya ikut memeriahkan acara RW mulai dari lomba untuk anak-anak usia TK-SD,  lomba untuk bapak-bapak, juga lomba untuk ibu-ibu PKK.

Senangnya,  RT kami dapat juara pertama untuk lomba menghias tumpeng.  Yeeaay!  Selamat!  Ikut senang dan bangga meskipun saya nggak terlibat dalam lomba itu.  Hehe.
Sepekan sebelumnya ada senam dan jalan sehat bersama yang dilanjutkan dengan pembagian doorprize. Doorprize suka-suka yang dikumpulkan dari masing-masing KK untuk dibagikan ke semua peserta jalan sehat. Meski hadiahnya tak seberapa, lumayan menghibur juga sih.
Malam 17an kami ada malam tirakatan sekaligus pemilihan ketua RT.  Menurut saya, ini salah satu aplikasi sistem dekomkrasi di masyarakat.  Berhubung jika pemilihan ketua RT dengan musyawarah selalu tidak menemukan hasil akhir,  maka mekanisme pemilihannya dengan suara terbanyak. Panitia sudah menyiapkan surat suara untuk warga dan membaginya door to door
Yang memiliki hak suara adalah warga yang sudah menikah,  jadi meskipun sudah dewasa kalau belum menikah,  belum punya hak suara.  Surat suaranya dari kertas biasa yang diberi stempel RT dan dilengkapi dengan nama-nama calon ketua RT.  Calonnya pun sama rata,  warga laki-laki yang sudah menikah mendapat hak yang sama untuk dipilih. Iya sih kebanyakan nggak mau ribet dan dapat amanah jadi ketua RT.  Hehe
Jika tahun kemarin ada lomba masak nasi goreng untuk bapak-bapak yang seru abis, tahun ini hanya melingkar sambil ngobrol dan nyemil.  Ada sih sedikit acara ceremonial dan potong tumpeng.  Setelah itu lanjut pemilihan ketua RT.  Cukup seru juga waktu surat suara dibuka.  Ada 3 calon dengan suara tertinggi,  dan katanya 3 orang ini memang sejak 2 periode sebelumnya selalu mendapat suara yang cukup banyak.  Namun pasti ada yang paling banyak, dong!  Barakallah untuk ketua RT baru dengan perolehan 20 dari 58 suara.  Semoga mampu mengemban amanah dan menjaga kerukunan warga, ya Pak!
Habis pemilihan trus makan bersama sambil mendengarkan musik.  Ayuklah,  saya pulang saja karena sudah malam. Si kecil kalau diturutin mah nggak akan berhenti main apalagi rame banyak teman.
Hm... Lalu untuk mengisi kemerdekaan,  apa yang sudah kita lakukan? ntms
Mendadak saya jadi teringat dengan banyaknya berita sumbang dan berita buruk seputar mentalitas masyarakat Indonesia yang jauh menurun kualitasnya. Penyalah gunaan narkoba merajalela, korupsi di segala bidang,  kriminalitas, remaja dan generasi penerus yang makin hedonis,  dll. Hiks. Semoga yang terlihat itu hanyalah bagian dari kehidupan,  bukan sebagian besar representasi Indonesia.
Sedih dengan kenyataan yang terjadi akhir-akhir ini. Namun bagaimana kita bisa berkontribusi? Menjaga keluarga kita dan berkarya,  agaknya itu yang paling tepat.
Apa sih merdeka menurut kalian,  Temans?
Bagiku,  merdeka itu adalah saat masyarakat tak lagi bingung dengan sembako dan biaya hidup tinggi,.
Saat negeri ini benar-benar bermartabat tinggi di kancah internasional
Merdeka itu saat masyarakat terjamin pendidikan dan kesehatan
Merdeka itu saat bisa beribadah dengan nyaman dan aman,  tanpa intimidasi
Saat toleransi adalah lakum dinukum waliyadin,  bukan standar ganda.
Merdeka itu saat bebas berpendapat tanpa pencidukan dan penculikan
Merdeka adalah saat bebas dari perundungan
Saat ibu-ibu tak lagi mendengar nyinyiran tentang ASI 2 tentang melahirkan pervaginam atau cesar,  tentang diaper atau clodi, di rumah atau di luar rumah.
Merdeka itu,  saat bisa ngopi santai tanpa merasa bersalah
Saat bisa tidur nyenyak tanpa gangguan,
Merdeka itu,  saat bisa beli garam tanpa batasan dan bisa masak tanpa risau soal bumbu apalagi berat badan.
Merdeka itu, saat bisa mengurus keluarga tanpa campur tangan orang lain
Merdeka itu saat petani tersenyum,  hasil panennya melimpah dan terjual sesuai jerih payah
Merdeka itu..  Saat bisa tersenyum melihat negara yang makin rukun dan bersatu


#ODOP #BloggerMuslimahIndonesia

No comments:

Post a Comment

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam