Friday, 14 July 2017

Waspadai Penyebab Anyang-anyangan


Assalamu’alaikum, Temans.
Pernah mengalami anyang-anyangan? Gangguan yang terjadi di saluran kemih ini sangat merusak hari. Inginnya sering-sering buang air kecil tapi keluar sedikit dan  terasa panas. Menyakitkan sekaligus menjengkelkan bukan? Terlebih saat harus antri panjang di depan toilet dan ternyata saat buang air kecil hanya sedikit yang keluar.
Menurut penelitian, perempuan lebih rentan terkena ayang-ayangan dibanding laki-laki. Anak-anak dan orang dewasa pun bisa terkena resiko anyang-anyangan, terlebih ibu hamil yang sudah memasuki trimester ke dua atau lebih.

80% anyang-anyangan terjadi karena adanya bakteri E-coli yang menempel pada dinding saluran kemih/saluran kencing. Keberadaan bakteri E-coli bisa karena kondisi air yang kurang bersih maupun kebiasaan membersihkan yang kurang tepat.
Apa penyebab anyang-anyangan?
Kopi dan Minuman Diuretik Lainnya
Suka mengkonsumsi kopi di pagi hari? Nikmat sekali bukan memulai hari dengan secangkir kopi? Namun hati-hati bagi yang tubuhnya rawan terkena infeksi saluran kencing (ISK), mengkonsumsi kopi dan minuman diuretik lainnya akan membuat kita lebih mudah terkena anyang-anyangan.
Jika diperhatikan baik-baik, setelah minum kopi biasanya kita lebih sering membuang air kecil, disebabkan karena kafein yang terkandung dalam kopi adalah zat diuretik. Zat diuretik menyebabkan saluran kemih bekerja lebih cepat.
Untuk itu, sebaiknya menghindari kopi, teh, alkohol dan minuman diuretik lainnya. namun bagi yang sudah terbiasa mengkonsumsi yang ternyata tidak berpengaruh terhadap saluran kemih atau tidak menyebabkan anyang-anyangan, pun sebaiknya mengurangi porsi kopi yang diminum. Maksimal dua cangkir setiap hari sudah lebih dari cukup. Lebih baik lagi justru menghindarinya.  
Kehamilan
Ibu hamil mengalami perubahan fisik dan hormon yang luar biasa. Semakin bertambah usia kehamilannya, maka semakin berkembang pula janin dan rahimnya. Hal ini menyebabkan saluran kemih tertekan. Kandung kemil yang tertekan ini menyebabkan si ibu sering merasa ingin buang air kecil.
Paling tidak enak bagi ibu hamil adalah saat harus duduk diam mengikuti acara tanpa boleh meninggalkan kursi selama acara tersebut berlangsung. Lalu saat acara selesai dan buru-buru melarikan diri ke kamar mandi, ternyata harus antri panjang. Nikmatnya saat bisa buang air bercampur dengan perasaan was-was membedakan antara mimpi dan kenyataan. Coba kalau ternyata pipisnya mimpi?! (wkwkwkwk. Saat kecil pasti pernah kan mengalami mimpi buang air kecil ternyata beneran basah kasurnya :P)
Lanjut lagi tentang ibu hamil yes!
Ibu hamil juga mengalami perubahan hormon yang menyebabkan ia menjadi lebih mudah terserang anyang-anyangan atau ISK. Untuk itu harus benar-benar dijaga dan diwaspadai agar tidak menimbulkan masalah selanjutnya seperti bayi lahir prematur atau infeksi ginjal.
Kondisi Psikis yang Kurang Baik, Kecemasan atau Stress
Jamak dialami kebanyakan orang saat dirinya dilanda kecemasan luar biasa akan menyebabkannya bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil dan atau besar.
Pernah mengalami juga? Mungkin saat menunggu dosen untuk bimbingan skripsi, menanti giliran sidang skripsi, atau saat antri seleksi dan wawancara kerja. Hm.. sedikit-sedikit ingin ngacir ke kamar mandi untuk melepaskan cemas, eh buang air.
Kesehatan psikis memang sangat berpengaruh terhadap fisik seseorang. Ada yang badannya sehat tapi karena ‘dalam’nya kurang fit maka badannya pun ikut lemah. Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang sehat atau mensana in corpore sano (apal banget ya pepatah ini :D). Kondisi fisik dan psikis harus selaras agar sehat jiwa dan raga.


Perempuan juga rentan mengalami kecemasan berlebih dan stres, sehingga lebih mudah pula terserang anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih.
Anyang-anyangan harus segera diatasi agar tidak menimbulkan infeksi lanjutan yang bisa membahayakan ginjal dan saluran kemih bagian atas.
Kalau saya dulu sih mengatasi anyang-anyangan dengan cara tradisional yang (entah) secara medis bisa dipertanggung-jawabkan atau tidak. Dalam kondisi hamil di trimester ke dua ini pun sudah mulai mengalami anyang-anyangan, sedikit-sedikit ingin buang air kecil. Untuk mengatasinya saya minum air putih lebih banyak.
Sayangnya terkadang saat pergi dan lupa membawa air putih, asupan air putihnya jadi berkurang banyak. Hiks! Untunglah sekarang ada inovasi dari Combiphar yaitu Prive Uricran yang membantu mencegah dan mengatasi anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih lainnya.
Uri-Cran terbuat dari ekstrak Cranberry yang terbukti mampu mencegah bakteri E-coli menempel pada dinding sel saluran kemih dan membuangnya bersama air kencing. Selain praktis dan efektif mengatasi anyang-anyangan, Prive Uri-Cran juga mudah didapatkan di apotek terdekat khususnya di kota-kota besar.
Mencegah lebih baik daripada mengobati, ya Temans. Tapi jika sudah terlanjur terkena anyang-anyangan, ingat ada Prive Uri-Cran!
Semoga bermanfaat,

Salam,  

6 comments:

  1. Extra Cranberry teryata memang efektif ya mba untuk mengatasi anyang anyaangan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba... apalagi urciran rasanya enak, jadi nggak berasa minum obat. hihi

      Delete
  2. Emang menyebalkan banget anyang2ngen ini ya Mbak. Menjelang melahirkan aku sempet anyang2ngen gini. ALhamdulillah sekarang udah nggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum Mba, pas hamil memang rawan kena anyang2an. aku wae beser banget ki *ups

      Delete
  3. Adik saya yg sering terkena anyang2an...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba sarankan untuk minum Uricran, jangan nahan pipis dan banyak minum air putih. Semoga bermanfaat

      Delete

Terimakasih Telah membaca dan memberikan komentar di blog ini.

Mohon tidak menyematkan link hidup dan spam lainnya :)

Salam